Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Sunday, August 14, 2016

Jenis-jenis Kerabat Dekat dan Kerabat Jauh Jeruk

Pakar taksonomi jeruk Swingle mekilah sub-famili Aurantioideae ke dalam dua tribe, yaitu Clauseneae sebagai tribe keluarga jauh dan sangat jauh jeruk dan Citreae sebagai tribe jeruk dan tumbuhan berbuah menyerupai jeruk. Ia membagi tribe Clauseneae ke dalam tiga sub-tribe, yaitu Micromelinae (kerabat sangat jauh), Clauseninae (kerabat jauh), dan Merrilliinae (keluarga jauh berbuah besar). Selanjutnya ia membagi tribe Citreae ke dalam tiga sub-tribe, yaitu Triphasiinae (keluarga jeruk minor), Citrinae (keluarga jeruk), dan Balsamocitrinae (keluarga jeruk berkulit buah keras). Lebih lanjut, Swingle membagi sub-tribe Citrinae  ke dalam group, yaitu Group A (keluarga jeruk primitif), Group B (keluarga jeruk serupa), dan Group C (keluarga jeruk sejati). Genus Portunella, Eremocitrus, Poncirus, Climenia, Microcitrus, dan Citrus dalam keluarga jeruk sejati, oleh Mabberley, digabungkan menjadi satu genus, yaitu genus Citrus.

Nama Umum dan Nama Lokal
Istilah kerabaat dekat dan kerabat jauh jeruk dalam tulisan ini digunakan untuk mencakup jenis-jenis tumbuhan yang termasuk dalam sub-famili Aurantioideae tersebut.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jenis-jenis kerabat dekat dan kerabat jauh jeruk adalah sebagai berikut:
Beberapa di antara jenis-jenis tersebut juga dapat diperoleh dari situs Citrus Page.

Nama Ilmiah Sinonim
Nama ilmiah sinonim untuk kerabat dekat dan kerabat jauh jeruk sebagaimana disebutkan pafa bagian Nama Ilmiah Berlaku di atas dapat diperoleh dengan mengklik tautan nama ilmiah berlaku masing-masing atau dengan melakukan penelusuran pada situs GBIF Data Portal, The Plant List, atau ITIS.

Deskripsi Ringkas
Deskripsi ringkas untuk untuk jenis-jenis kerabat dekat dan kerabat jauh jeruk sebagaimana disebutkan pafa bagian Nama Ilmiah Berlaku di atas dapat diperoleh dengan mengklik tautan nama ilmiah berlaku masing-masing

Kultivar dan Silangan
Tidak terdapat banyak kultivar atau silangan jenis-jenis kerabat dekat dan kerabat jauh citrus. Beberapa kultivar yang dikembangkan di CVC-UCR adalah sebagai berikut:

  • Atalantia monophylla adalah CRC 3800 dan CRC 4189, 
  • Clausena excavata adalah CRC 3166 dan CRC 3899, 
  • Clausena lansium adalah CRC 1460, CRC 3967, dan CRC 4234, 
  • Murraya paniculata  adalah CRC 3171 dan CRC 1637, 
  • Severinia buxifolia adalah CRC 1491, CRC 1492, CRC 1494, CRC 1495, CRC 1497, CRC 3724, CRC 3726, CRC 4107, dan CRC 4110, serta 
  • Swinglea glutinosa adalah CRC 3288 dan CRC 4043, 
Silangan yang dikembangkan di CVC-UCR adalah:
  • Coleara (Clymenia polyandra x procimequat) (CRC 3917)
  • Coleara F2 (Clymenia polyandra x procimequat) (CRC 4109)

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Kesesuaian tumbuh dan pemanfaatan bergantung pada jenis kerabat dekat dan kerabat jauh jeruk. Silahkan klik tautan masing-masing atau melakukan pencarian dengan mengetikkan nama ilmiah berlaku masing-masing untuk melakukan penelusuranb mengenai kesesuaian tumbuh dan pemanfaatan jenis-jenis tersebut.

Pusat Asal dan Sebaran Geografis
Pusat asal jenis-jenis kerabat dekat dan kerabat jauh jeruk pada umumnya mencakup anak benua India, Asia Tenggara, Australia, Tiongkok, dan Jepang. Beberapa di antaranya mempunyai pusat asal Afrika. Pada umumnya sebaran geografis jenis-jenis tersebut saat ini mencakup kawasan tropis dan sub-tropis. Dua jenis kerabat tersebut, yaitu Murraya paniculata dan Aegle marmelos tersebar luas di wilayah Provinsi NTT. Namun bukan tidak mungkin, jenis-jenis lainnya juga terdapat di wilayah provinsi tersebut.

Catatan Khusus
Pengetahuan mengenai jenis-jenis kerabat dekat dan kerabat jauh jeruk sangat penting dalam kaitan dengan jenis-jenis tanaman inang alternatif hama dan penyakit jeruk.

6 comments:

  1. Saya merasa tertarik dengan jenis jeruk ini karena saya melihat judulnya yaitu jenis kerabat jeruk. Saya merasa ini merupakan hal baru bagi saya. Setelah membaca postingan ini saya ingin bertanya apakah beberapa contoh kerabat jeruk yang telah disampaikan dapat dikonsumsi sebagaimana jeruk yang pada umumnya?
    Di daerah Kabupaten belu saya pernah melihat contoh kerabat jeruk Micromelinae (kerabat sangat jauh): 1 genus Micomelum, 9 spesies, antara lain Micromelum minitum (G. Forst) Wight & Am. (lime berry) , tetapi saya bahkan mungkin masyarakat awam lainnya tidak mengetahui bahwa ini merupakan salah satu jenis kerabat jeruk.

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan jenis jeru yang satu ini karena sekilas saya melihat mirip dengan jeruk bali. Pertanyaan saya : karena jeruk gedang dan bali memiliki banyak kesamaan, maka ketika kita menjumpainya di pasaran bagaimana cara membedakan keduanya ? atau hal apa yang membedakan antara jeruk gedang dan jeruk bali ?

    ReplyDelete
  3. Apakah bapak bisa memberikan tentang proses persilangan dari kerabat jeruk ini.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. coba bapak menjelaskan lebih detail mengapa di sebut dengan kerabat jeruk,dan mengapa tidak di golongkan dengan jeruk lainnya?

    ReplyDelete
  6. bagaimana cara kita mengetahui kalau itu jeruk kerabat atau kerabat jeruk?

    ReplyDelete