Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Monday, July 18, 2016

Jenis-jenis Jeruk Papeda dan Jeruk Asli Australia dan Papua

Nama papeda identitik dengan makanan yang dibuat dengan bahan dasar sagu. Namun jeruk papeda merupakan jeruk yang terdiri atas beberapa jenis yang dikelompokkan menjadi satu karena karakter daging buahnya yang unik sehingga menyebabkannya tidak dapat dikonsumsi. Jenis-jenis jeruk asli Australia dan Papua semula dikelompokkan ke dalam sejumlah genus, tetapi oleh Mabberley semuanya dimasukkan ke dalam genus Citrus. Jenis-jenis jeruk papeda dan jeruk asli Australia dan Papua merupakan bagian penting dari keanekaragaman hayati jeruk sehingga perlu diketahui keberadaannya.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama jeruk papeda digunakan untuk merujuk jenis-jenis jeruk yang dalam Bahasa Inggris juga dirujuk sebagai papeda. Nama jeruk asli Australia dan Papua digunakan untuk merujuk jenis-jenis jeruk yang sebelumnya digolongkan ke dalam genus Eremocitrus dan Microcitrus.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jenis-jenis jeruk papeda adalah sebagai berikut:
  • Jeruk purut, jeruk papeda mauritius, jeruk nipis kafir: Citrus hystrix DC
  • Jeruk papeda ichang: Citrus cavaleriei H. Lév.
  • Jeruk papeda yuzu: Citrus junos Sieb. ex Tanaka
  • Jeruk papeda khasi: Citrus latipes (Swingle) T. Tanaka 
  • Jeruk papeda bunga kecil: Citrus micrantha Wester 
  • Jeruk papeda kalpi: Citrus webberii Wester: 
Satu jenis jeruk yang sebelumnya merupakan jenis tersendiri, Citrus sphaerocarpa, dialihkan menjadi sinonim Citrus hystrix DC dan satu lainnya, Citrus sudachi, dialihkan sebagai sinonim Citrus medica L.

Nama ilmiah berlaku untuk jenis-jenis jeruk asli Australia dan Papua adalah sebagai berikut:
  • Jeruk gurun australia (australian desert lime): Citrus glauca (Lindley) Burkill 
  • Jeruk jari australian (australian finger lime): Citrus australasica F. Mueller
  • Jeruk bundar australia (australian round lime ): Citrus australis (A. Cunn. ex Mudie) Planch.
  • Jeruk mount white australia (australian mount white lime): Citrus garrawayae F.M. Bailey
  • Jeruk sungai russel, australian Maiden's lime (Russel River lime, jeruk Maiden's australia): Citrus inodora F.M. Bailey
  • Jeruk jari sungai brown (Brown River finger lime): Citrus gracilis Mabb., sp. nova
  • Jeruk silangan Sydney (Sydney hybrid): Citrus × virgata Mabb., hybr. Nova [C. australasica F. Muell. X C. australe (A. Cunn ex Mudie) Planch.]
  • Jeruk liar papua nugini (new guinea wild lime): Citrus warburgiana F.M. Bailey
Nama Ilmiah Sinonim
Silahkan periksa nama ilmiah sinonim untuk jenis-jenis jeruk papeda adalah sebagai berikut:
Silahkan periksa nama ilmiah sinonim untuk jenis-jenis jeruk papeda adalah sebagai berikut:

Deskripsi Ringkas
Deskripsi jeruk papeda berikut didasarkan pada deskripsi jeruk purut 'Alemow' menurut Citrus ID.

Deskripsi jenis-jenis jeruk papeda lainnya dapat diperoleh dari sumber sebagai berikut:
Deskripsi jeruk asli australia dan papua berikut didasarkan pada deskripsi jeruk gurun australia menurut Citrus ID

Deskripsi jenis-jenis jeruk asli asutralia dan papua lainnya dapat diperoleh dari sumber sebagai berikut:

Kultivar dan Silangan
Kultivar jenis-jenis jeruk papeda adalah sebagai berikut:
  • Citrus hystrix DC: CRC 2454
  • Citrus cavaleriei H. Lév.: CRC 2431
  • Citrus junos Sieb. ex Tanaka: 
  • Citrus latipes (Swingle) T. Tanaka: 
  • Citrus micrantha Wester: 
  • Citrus webberii Wester: 
Kultivar jenis-jenis jeruk asli australia dan papua adalah sebagai berikut:
Silangan jeruk asli asutralia dan papua adalah sebagai berikut:

  • Australian Blood Lime: silangan antara jeruk jari australia merah (Citrus australasica var. sanguinea) dengan jeruk nipis Rangpur (Citrus x aurantiifolia 'Rangpur')
  • Australian Sunrise: seleksi dari bibit yang ditanam dari biji Faustrimedin.
  • Eremocitrus x Shekwasha: silangan Citrus glauca (Lindl.) Burkill x Citrus reticulata Blanco
  • Eremolemon: silangan antara jeruk gurun australia dengan jeruk sitrun Meyer
  • Faustrime: silangan antara jeruk jari australia dengan jeruk silangan limekuat Eustis, sedangkan jeruk limekuat merupakan silangan antara jeruk nipis Mexico dengan jeruk kumkuat Round
  • Faustrimedin: silangan antara jeruk jari australia dengan kalamondin, sedangkan kalamondin merupakan silangan antara jeruk kumkuat Nagami dengan jeruk masam 'Citrus sunki'


Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk papeda terdiri atas jenis-jenis yang tumbuh di daerah beriklim tropis, sub-tropis, dan sedang. Jeruk asli australia dan papua terdiri atas jenis-jenis yang tumbuh di daerah trpis dan sub-tropis kering. Buah jeruk papeda tidak dapat dikonsumsi segar, melainkan digunakan sebagai bahan penyedap masakan, misalnya jeruk purut, sebagai bahan kosmetik, atau sebagai bahan obat tradisional. Buah jenis-jenis jeruk asli australia dan papua ada yang dapat dikonsumsi segar, di antaranya jeruk jari australia dan silangannya.

Pusat Asal dan Sebaran Geografis
Pusat asal jeruk papeda bergantung pada jenis masing-masing. Misalnya jeruk purut diduga berasal dari Indonesia, jeruk papeda ichang dari Tiongkok bagian Barat Daya, jeruk papeda yuzu dari Cina bagian Timur Laut, jeruk papeda khasi dari Ibdia bagian Timur Laut dan Myanmar bagian Utara, jeruk papeda berbunga kecil dari Filipina, dan sebagainya. Pusat asal jeruk gurun australia adalah kawasan gurun di Queensland bagian Tenggara, jeruk jari australia adalah hutan hujan di Quensland bagian Selatan dan New South Wales bagian Utara, jeruk bundar australia dari Queenland bagian Tenggara, jeruk mount white dari hutan hujan tropis Semenanjung York, jeruk sungau russel berasal dari Queensland bagian Timur Laut, jeruk jari sungai brown dari kawasan Taman Nasional Kakadu, dsb.

Saat ini jenis-jenis jeruk papeda tersebar luas di kawasan anak benua India, Tiongkok, Jepang, Malesia, Filipina, pulau-pulau di Pasifik, dan Australia. Jenis-jenis jeruk asli Australia dan Papua tersebar terutama di Australia dan Papua Nugini, meskipun ada yang sudah ditanam secara eksperimental di Amerika Serikat.

Catatan Khusus
Jenis jeruk papeda asli Indonesia lainnya, selain jeruk purut adalah jeruk papeda sulawesi Citrus celebica Koord. dengan sebaran geografis mencakup Sulawesi Utara dan Filipina bagian Selatan. Namun menurut GBIF Data Portal dan The Plant List, jeruk papeda sulawesi tersebut sebenarnya adalah jeruk purut.

55 comments:

  1. Saya tertarik dengan jenis jeruk ini karena saya membaca judul dari jeruk ini "jeruk papeda" sedangkan dilihat dari bentuknya didaerah kamu "belu" lebih dikenal dengan nama jeruk purut.
    Saya ingin bertanya mengapa jeruk jenis ini dinamakan jeruk papeda? Sedangkan kita tahu bahwa papeda itu merupakan makanan dari papua yang terbuat dari sagu.
    Sebagai tambahan dimana pada penjelasan diatas dikatakan bahwa jeruk papeda ini tidak dapat dikonsumsi. Ya, walapun tidak dapat dikonsumsi langsung seperti jeruk lainnya namun jeruk ini dapat dijadikan bahan tambahan makanan atau dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu di daerah Kabupaten Belu, jeruk ini banyak digunakan untuk bahan campuran pada lombok yang diulik.

    ReplyDelete
  2. Informasi ini berguna bagi saya dalam menambah pengetahuan saya mengenai jenis jeruk yang sebenarnya sudah saya ketahui pada daerah asal saya di Soe dengan naman jeruk purut yang ternyata memiliki nama lain yaitu jeruk papeda yang sangat unik serta manfaatnya yang baru saya ketahui dapat dimanfaatkan menjadi bahan kosmetik.Pertanyaan saya mengapa Jenis-jenis jeruk papeda dan jeruk asli Australia dan Papua merupakan bagian penting dari keanekaragaman hayati jeruk yang perlu diketahui keberadaannya ? apa kaitan jenis jeruk ini dengan keanekaragaman hayati jeruk ? Dan saya juga ingin menambahkan informasi mengenai jeruk papeda yang saya kenal di daerah saya sebagai jeruk purut.Selain berguna sebagai obat tradisional dan bahan kosmetik seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jeruk ini didaerah saya dijadikan dijadikan bahan untuk membuat LUAT salah satu sambal khas daerah Soe yang wajib dihidangkan dengan makanan khas Soe lainnya yaitu jaguung bose,jagung katemak dan lainnya.

    ReplyDelete
  3. Informasi tentang jeruk papeda ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya. Nama dari jeruk papeda cukup menarik karena nama papeda identik dikalangan masyarakat sebagai makanan yang bahan dasarnya berasal dari sagu. Selain jeruk purut, jenis jeruk papeda asli indonesia adalah jeruk papeda sulawesi. Apa perbedaan dari kedua jenis jeruk ini?
    Di daerah saya dikabupaten belu, jeruk papeda dikenal oleh masyarakat dengan nama jeruk purut dan jeruk ini digunakan sebagai salah satu bahan campuran untuk membuat sambal.

    ReplyDelete
  4. Menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh saudari Dian Amaral mengenai nama dari jenis jeruk ini yaitu ''papeda'', menurut saya dinamakan papeda karna jenis jeruk ini asli berasal dari daerah papua,irian jaya. seperti yang kita ketahui bahwa papeda merupakan makanan khas dari papua dimana jeruk papeda ini selalu digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan khas papua tersebut. mungkin tujuan dari pemberian nama jenis jeruk ini dengan sebutan ''jeruk papeda'' agar bisa menjadi tambahan wawasan bagi masyarakat luas sehingga tidak melupakan bahwa jenis jeruk ini asli berasal dari daerah papua dan australia.

    ReplyDelete
  5. jenis jeruk yang lebih sering disebut jeruk purut di daerah saya (Manggarai)sering digunakan sebagaisalah satu bahan campuran dalam membuat sambal. jeruk yang sebenarnya dikenal dengan nama jeruk papeda ini memiliki karakteristik buah yang unik sehingga tidak bisa dikonsumsi segar namun ada beberapa di daerah Papua yang dapat dikonsumsi segar. kira-kira contoh jenis jeruk papeda yang dapat dikonsumsi segar seperti apa?

    ReplyDelete
  6. informasi tentang jeruk papeda ini sangat berguna dan menambah pengetahuan saya,khususnya mengenai jenis-jenis jeruk.di daerah saya jeruk ini biasa dinamai dengan jeruk purut yang ternyata memiliki nama lain yang sangat unik yaitu jeruk papeda,jeruk ini memiliki karakter daging buahnya yang tidak dapat di konsumsi.pertanyaan saya apa yang dimaksud dengan penanaman secara eksperimental?
    Di daerah saya kupang jeruk papeda biasanya disebut dengan nama jeruk purut yang biasanya digunakan sebagai tambahan pada sambal

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Jeruk adalah satu diantara buah sebagai favorit beberapa orang. Buah jeruk memanglah dikenal dengan rasa-rasanya yang manis dan memiliki kandungan dan banyak manfaat. dan pertanyaan saya apa manfaat dan kesehataan bagi tubuh dari jeruk papeda dan apakah daging dari jeruk papeda tersebut sama dengan jeruk-jeruk purut lainnya?

    ReplyDelete
  9. Buah jeruk papeda tidak dapat di konsumsi segar, melainkan di gunakan sebagai bahan penyedap masakan, misalnya jeruk purut yang pada daerah saya disemau dijadikan sebagai campuran untuk membuat sambal dan dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat cuka (dalam sebutan masyarakat semau,biasa nya disebut cuka lemon) pertanyaan saya,jenis jeruk papeda seperti apa yang dapat digunakan sebagai bahan kosmetik atau obat tradisional ?

    ReplyDelete
  10. Informasi yanh bermanfaat dalam menambah wawasan saya mengenai jenis jeruk.
    Jenis-jenis jeruk asli Australia dan Papua semula dikelompokkan ke dalam sejumlah genus, tetapi oleh Mabberley semuanya dimasukkan ke dalam genus Citrus. Yang ingin saya tanyakan apa itu Mabberley?

    ReplyDelete
  11. Ini salah satu informasi yang sangat bermanfaat bagi saya.Jeruk papeda didaerah saya biasa disebut dengan dengan jeruk purut.Buah jeruk papeda tidak dapat dikonsumsi segar,melainkan digunakan sebagai bahan penyedap makanan,misalnya jeruk purut sebagai bahan kosmetik atau sebagai bahan obat tradisional.Pertanyaan saya jenis kosmetik apa saja yang bahan dasarnya digunakan dari jeruk purut?

    ReplyDelete
  12. Dengan informasi ini, saya memperoleh wawasan mengenai manfaat jeruk papeda yang merupakan bagian penting dari keanekaragaman hayati jeruk sehingga perlu diketahui keberadaannya. di daerah saya ada jenis jeruk ini dalam jumlah sedikit, karena jika dibudidayakan hasil produksinya hanya seberapa yang tidak sesuai dengan keinginan atau tidak memberikan hasil yang maksimal.
    mengapa hal tersebut bisa terjadi?

    ReplyDelete
  13. Informasi ini sangat bermanfaat bagi samya untuk menambah wawasan.
    Yang ingin tanyakan zat apakah yang terkandung dalam jeruk papeda sehingga dapat diolah menjadi bahan obat tradisional ? dan contoh bahan obat tradisional itu seperti apa ? Mohon penjelasan Pak.

    ReplyDelete
  14. Tulisan ini bermanfaat bagi saya, karena saya dapat mengetahui manfaat dari buah jeruk papeda. Dan ternyata Buah jeruk papeda tidak dapat dikonsumsi segar, tetapi digunakan sebagai bahan penyedap masakan, contoh jeruk purut, sebagai bahan kosmetik, atau bahan obat tradisional. Buah jenis-jenis jeruk asli australia dan papua ada yang dapat dikonsumsi segar, di antaranya jeruk jari australia dan silangannya.
    pertanyaan saya. Seperti yang di jelaskan bahwa jeruk papeda merupakan jeruk yang terdiri atas beberapa jenis yang dikelompokkan menjadi satu karena karakter daging buahnya yang unik sehingga menyebabkannya tidak dapat dikonsumsi. Mengapa? Apakah terdapat racun di dalamnya atau zat lainnya ?
    Sebagai informasih tambahan bahwa jeruk papeda ini setahu saya dapat di konsumsi di daerah saya di amarasi selatan, sebagai bahan makanan tambahan dan juga sebagai pembersih rambut yang berketombe.

    ReplyDelete
  15. tulisan ini sangat bermamfaat bagi saya karena memberikan ilmu tambahan pengetahuan tentang jeruk ini. nama jeruk asli australias dan papua digunakan untuk merujuk jenis--jenis jerus yang sebelumnya digolongkan kedalam genus eremocitrus dan microcitrus. Yang ingin saya tanyakan apa saja jenis-jienis jeruk yang termasuk dalam genus eremocitrus dan microcitrus ?
    tambahan, jenis jeruk ini daerah saya (Amarasi)digunakan airnya untuk pembuatan sambal.

    ReplyDelete
  16. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya,mengenai tulisan jeruk ini yang ingin saya tanyakan kandungan apa saja yang terdapat dalam buah jeruk ini? sesuai dengan pertanyaan ini bahwa yang saya temukan didaerah saya jeruk ini dijadikan ramuan obatan yang diminum oleh masyarakat bellu.

    ReplyDelete
  17. apa kaitan jeruk papeda dengan makanan yang dibuat dari bahan dasar sagu sehingga papeda dikatakan identik dengan hal tersebut ?

    ReplyDelete
  18. Apakah jeruk papeda dapat disilangkan ? tolong jelaskan untuk masing-masing kemungkinan !

    ReplyDelete
  19. apakah jenis jeruk papua hanya bisa dibudidayakan di papua saja ataukah bisa dibudidayakan diwilayah indonesia bagian timur dengan karakterisktik keadaan cuaca yang sama?

    ReplyDelete
  20. Terdapat sejumlah jenis jeruk yang sesuai untuk digunakan sebagai batang bawah yang masing-masing perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam kaitan dengan kondisi tanah dan iklim setempat serta jenis hama dan penyakit yang dihadapi. yang ingin saya tanyakan apa kelebihan dan kekurangan jeruk ini ?

    ReplyDelete
  21. Jeruk papeda terdiri atas jenis-jenis yang tumbuh di daerah beriklim tropis, sub-tropis, dan sedang.

    apakah jenis jeruk papeda yang tumbuh di daerah dengan iklim seperti yang dituliskan diatas memiliki kesamaan dalam ukuran buahnya, warnanya,, dan pada kekurangan dan kelebihannya ?

    di daerah saya,, khususnya Maumere,.. jeruk ini dikenal dengan nama jeruk purut dan nama lokalnya adalah Mude paran. jeruk ini di gunakan sebagai bahan untuk membuat campuran lombok dengan menu yang pas adalah lawar daun ubi,, jagung goreng,, dan pisang bakar.

    ReplyDelete
  22. informasi baru yang saya dapatkan adalah pemberian naman jeruk yang di identik dengan makanan yang dibuat dengan bahan dasar sagu.
    pertanyaan : mengapa buah papeda tidak bisa dikonsumsi segar, hal apa yang mempengaruhinya ?

    ReplyDelete
  23. informasi ini bermanfaat bagi saya dan menambah pengetahuan baru untuk saya pribadi.
    jeruk papeda adalah jeruk yang kaya akan manfaatnya, di daerah saya, kupang NTT jeruk ini dikenal dengan jeruk purut. jeruk ini sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang sering membuat sambal.
    dari informasi yang saya baca di atas, saya kurang paham jeruk yang terdiri atas beberapa jenis yang dikelompokkan menjadi satu karena karakter daging buahnya yang unik sehingga menyebabkannya tidak dapat dikonsumsi, karena yang saya tahu dalam pembuatan sambal ibu - ibu menggunakan air dan kulit luarnya. tolong bapak jelaskan

    ReplyDelete
  24. informasi ini sangat bermanfaat untuk saya . informasi disini mengatakan "Satu jenis jeruk yang sebelumnya merupakan jenis tersendiri, Citrus sphaerocarpa, dialihkan menjadi sinonim Citrus hystrix DC dan satu lainnya, Citrus sudachi, dialihkan sebagai sinonim Citrus medica L" yang ingin saya tanyakan . bagaimana hal tersebut dapat terjadi . apakah yang mempengaruhi adalah jenisnya atau hal lainnya ?

    ReplyDelete
  25. Inforamasi ini sangat penting bagi saya. Pertanyaan saya adalah mengapa disebut jeruk papeda? Padahal sebenarnya adalah jeruk purut?

    ReplyDelete
  26. Dari materi di atas dijelaskan bahwa jeruk papeda ini adalah jeruk asli dari daerah papua, pertanyaan saya apakah jeruk papeda ini dapat tumbuh di daerah lain misalnya di ntt, dan apakah tanaman jeruk papeda asli papua ini hanya bisah kita jumpai di papua sajah?

    ReplyDelete
  27. Satu jenis jeruk yang sebelumnya merupakan jenis tersendiri, Citrus sphaerocarpa, dialihkan menjadi sinonim Citrus hystrix DC dan satu lainnya, Citrus sudachi, dialihkan sebagai sinonim Citrus medica L. Pertanyaan saya mengapa jenis jeruk tersebut dapat dialihkan?

    ReplyDelete
  28. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk saya karena saya dapat mengetahui informasi tentang Jenis-jenis Jeruk Papeda dan Jeruk Asli Australia dan Papua. Yang ingin saya tanyakan adalah jenis-jenis jeruk asli australia dan papua apa yang tidak dapat dikonsumsi segar?

    ReplyDelete
  29. Namun jeruk papeda merupakan jeruk yang terdiri atas beberapa jenis yang dikelompokkan menjadi satu karena karakter daging buahnya yang unik sehingga menyebabkannya tidak dapat dikonsumsi. yang saya ingin tanyakan apa yang menjadi penyebab sehingga jeruk ini tidak dapat dikensumsi, sedangkan yang saya ketahui jeruk ini pernah dikonsumsi oleh masyarakat di Kupang. apakah daging buah ini berbahaya bagi manusia ?

    ReplyDelete
  30. setelah saya membaca materi saya rasa jeruk papeda sangat cocok dibudidayakan di indonesia.
    Yang saya ingin tanyakan pak sebenarnya jeruk papeda yang di bahas ini yang mana apakah aslinya dari Australia atau papua karna kalau lihat dari namanya saya dapat mengambil kesimpulan bahwa jeruk papeda ini aslinya dari papua saja bukan australai tapi kalaua di lihat dari jenisnya kebanyakan lebih banyak dari australia.

    ReplyDelete
  31. Jenis jeruk papeda asli Indonesia lainnya, selain jeruk purut adalah jeruk papeda sulawesi Citrus celebica Koord. dengan sebaran geografis mencakup Sulawesi Utara dan Filipina bagian Selatan. Namun menurut GBIF Data Portal dan The Plant List, jeruk papeda sulawesi tersebut sebenarnya adalah jeruk purut.seiring berjalannya waktu,jeruk papeda ini masuk NTT pada thun berapa,dan bagaiman cara masuknya jeruk papeda ini sampai ke NTT.? Minta penjelasan karena jeruk ini banyak saya temukan di NTT terutama di malaka.

    ReplyDelete
  32. Apa yang membedakan jenis jeruk papeda papua denga jenis jeruk papeda sulawesi ?

    ReplyDelete
  33. Terima kasih materi yang sangat membantu saya memperoleh pengetahuan saya, yang menjadi pertanyaan saya apakah ada pengaruh dari lingkungan terhadap petumbuhan tanaman Jeruk Papeda dan jenis jeruk asli Australia ? sepertiyang kita tahu bahwa pada dasarnya keadaan lingkungan di Indonesia berbeda dengan keadaan lingkungan di Australia.

    ReplyDelete
  34. saya sangat terinspirasi dengan informasi ini.
    apakah hasil jruk ini dapat di orientasikan di negara negara yang beriklim ekstrim ?

    ReplyDelete
  35. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. Yang ingin saya tanyakan apakah dengan membuang biji jeruk papeda ke tanah jeruk papeda bisa tumbuh dengan sendirinya ?

    ReplyDelete
  36. Informasi ini sangat penting untuk menambah pengetahuan saya.
    Jeruk papeda ini di daerah saya biasa dikonsumsi, kira-kira apa dampak buruk bagi orang yang sudah mengonsumsi jeruk ini? Apa perlu dihindari, mohon jawabannya

    ReplyDelete
  37. Dari jenis buah jeruk yang saya telah baca diatas saya sangat tertarik dengan jenis jeruk papeda. Jenis jeruk papeda tidak dapat dikonsumsi secara langsung tetapi diolah menjadi olahan obat tradisional,yang ingin saya tanyakan obat – obatan apakah yang dihasilkan dari olahan jeruk papeda?dan apa manfaat bagi manusia?

    ReplyDelete
  38. Apakah tekstur kulit jeruk dapat mempengaruhi rasa dari pada jeruk tesebut ?,Dan alasan kenapa demikian?

    ReplyDelete
  39. Jeruk papeda merupakan jeruk yang terdiri atas beberapa jenis yang dikelompokkan menjadi satu karena karakter daging buahnya yang unik sehingga menyebabkannya tidak dapat dikonsumsi.
    Coba bapak jelaskan lagi lebih terperinci mengenai daging buah yang unik itu seperti apa dan kalau bisa bandingkan dengan jenis jeruk yang lain ?.

    ReplyDelete
  40. Di daerah saya (sumba barat)jeruk ini disebut dengan jeruk purut. jeruk ini biasa digunakan sebagai obat tradisional,zat apa yang terkandung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat?

    ReplyDelete
  41. Hal apa yang membuat nama papeda identitik dengan makanan yang di buat dengan bahan dasar sagu??

    ReplyDelete
  42. infomasi ini berguna buat saya, apakah jeruk ini dapat dibudidayakan pada daerah ekstrim seperti, di Afrika

    ReplyDelete
  43. mengapa jeruk ini dinamakan papeda dan ditambah jeruk asli australia dan papua? apakah jeruk ini berasal dari autralia dan papua? dan mengapa juga jeruk ini dikaitkan dengan papeda yang terbuat dari sagu?

    ReplyDelete
  44. Dari materi diatas yang ingin saya tanyakan bagaimana letak geografik persebaran jeruk papeda tersebuat?

    ReplyDelete
  45. Jenis-jenis jeruk papeda dan jeruk asli Australia dan Papua merupakan bagian penting dari keanekaragaman hayati jeruk sehingga perlu diketahui keberadaannya.Dari pernyataan tersebut yang ingin saya tanyakan mengapa jeruk papeda perlu diketahui keberadaannya? dan yang ingin saya tanyakan jeruk papeda hasil persilanagn dari jeruk apa saja?

    ReplyDelete
  46. faktor apa yanga membedakan jeruk nipis dan jeruk papeda padahal memiliki rasa dan manfaat yang sama?

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. dari materi di atas mengapa jeruk ini belum banyak di kenal di kalangan masyarakat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya karena saya dapat mengetahui manfaat lain dari jeruk papeda yang belum saya ketahui .yang mau saya tanyakan adalah mengapa jenis jeruk ini dinamakan denga papeda yang juga merupakan makanan khas dari papua .sebagai tambahan jenis jeruk ini didaerah saya dinamakan dengan muda keputu .yang biasa digunakan sebagi bumbu dapur dan juga untuk menghilangkan bau amis pada ikan . trima kasih

    ReplyDelete
  52. Menurut saya jeruk ini sebenarnya sudah banyak dikenal oleh masyarakat,hanya masyarakat biasa menyebutnya dengan nama lokal yang disebut jeruk purut,dimana jeruk ini biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. sekian dari saya jika ada kesalahan mohon dikoreksi.

    ReplyDelete
  53. Australian Sunrise: seleksi dari bibit yang ditanam dari biji Faustrimedin.yang ingin saya tanyakan bagaimana melakukan seleksi bibit?

    ReplyDelete