Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Wednesday, July 6, 2016

Jenis Jeruk: Jeruk Bali

Jeruk bali tidak ada hubungannya denga Pulau Bali, tetapi nama ini sudah digunakan sejak lama. Karena tidak ada hubungannya dengan Pulau Bali maka jeruk bali terdapat tersebar di seluruh Indonesia, masing-masing daerah mempunyai kultivar unggul sendiri-sendiri. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, jeruk bali juga tersebar luas, lazim ditanam sebagai tanaman pekarangan di perkotaan maupun perdesaan. Namun keberadaan jeruk bali mengalami kemunduran karena kurang mendapatkan perhatian pengembangan dan juga karena berbagai jenis hama dan penyakit. Padahal jeruk bali berpotensi untuk dikembangkan guna memenuhi permintaan buah di pasar-pasar lokal. Pengembangan di setiap daerah perlu dilakukan dengan memberikan prioritas terhadap kultivar unggul yang terdapat di daerah yang bersangkutan.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama umum jeruk bali digunakan untuk merujuk jenis jeruk yang dalam Bahasa Inggis disebut pomelo, pomello, pummelo, pommelo, pamplemousse, shaddick, shaddock, atau jabong (Hawaii). Nama umum lain yang juga digunakan adalah jeruk besar, tetapi nama yang sama juga digunakan untuk jenis jeruk yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama grapefruits. Nama pomelo sebagaimana yang dianjurkan oleh Kementerian Pertanian tidak digunakan dalam blog inii karena daripada mengadopsi nama dalam bahasa asing, lebih baik menggunakan nama yang sudah umum digunakan dalam Bahasa Indonesia.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jeruk bali adalah Citrus maxima (Burm.) Merr. Sesuai dengan ketentuan ICNCP, anama ilmiah kultivar jeruk bali dituliskan dalam tanda petik di belakang nama ilmiah, misalnya Citrus maxima (Burm.) Merr. 'Pandan Wangi' untuk merujuk kepada kultivar dengan nama tersebut. Silahkan periksa nama ilmiah dan klasifikasi dengan menyalin dan menempelkan dalam kotak pemeriksaan GBIF Data Portal, The Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memulai. Mohon diperhatikan, nama ilmiah yang diperoleh mungkin berbeda karena setiap institusi mengadopsi sistem klasifikasi yang berbeda.

Nama Ilmiah Sinonim
Silahkan periksa daftar nama ilmiah sinonim menurut Citrus ID dan menurut GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Nama ilmiah sinonim yang masih sering digunakan secara salah sebagai nama ilmiah berlaku adalah Citrus grandis (L.) Osbeck.

Deskripsi Ringkas
Berikut ini adalah deskripsi ringkas yang didasarkan pada deskripsi Pommelos (Common) pada situs Citrus ID. Tajuk padat dan rapat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama berambut halus; permukaan ranting tahun kedua dan ketika bergaris; duri kayu tidak ada atau tidak bertahan; duri tempel tidak ada atau tidak bertahan. Tangkai daun berambut halus, panjang tangkai sedang atau panjang, sayap tangkai daun sempit, sedang, atau lebar, bersambung atau bertindihan dengan helai daun. Helai daun tunggal, tepi rata atau bergigi tumpul, helai daun ternaung datar atau agak menutup ke atas, helain daun terpapar sinar matahari langsung datar, agak menutup, atau sangat menutup ke atas. Helai daun yang dihancurkan berbau manis seperti bau jeruk manis, berbau segar atau tidak berbau. Buah bundar melebar, bundar, atau bundar memanjang, warna kulit luar kuning kehijauan (6) kuning (7-10), oranye kekuningan (11), atau oranye (12), tekstur permukaan kulit luar halus (1-2) atau agak kasar (4-5), tidak mempunyai pusar pada ujung buah, daging buah berwarna bersemu merah/jingga atau kuning, rasa manis bercamur masam atau agak sepat.

Deskripsi jeruk bali secara umum dapat diperoleh dari:
eFlora of IndiaEncyclopedia of LifeFlora of China, Fruits of Marm ClimatesUseful Tropical Plants

Kultivar
Kultivar jeruk bali yang telah ditetapkan sebagai varietas unggul nasional antara lain adalah Raja, Ratu, Nambangan, Nambangan Merah, Nambangan Putih, Magetan Tanpa Biji, Srinyonya, Adas Duku, Gulung, dan Muria. Jeruk bali kultivar Muria sebelumnya dikenal dengan nama jeruk bali madu atau jeruk muria kudus. Kultivar-kultivar yang diuraikan pada Citrus ID adalah Banpeiyu, Chandles, Chinese Pummelo, Hirado, Kao Pan, Kao Phuang, Liangping, Mato, Melogold, Pandang Wangi, Pink, Pink Sensation, Pomelit, Pommelos (Acidless), Pommelos (Common), Pomellos (Pigmented), Ponderosa, Pyriformis, Red Java, Red Shaddock, Reinking, Rubidoux Pummelo, Siamese Pink, Siamese Sweet, Sarawak, Sun Hing, Tahitian, Thong Dee, dan Yuma Ponderosa, Kultivar yang diuraikan pada Citrus Page adalah Chandler, Cocktail, Cuban Shaddock, Hirado Buntan, Honey, Jaffa Red, Mato Buntan, Pomelit, Reinking, Siamese Sweet, Sweetie, Tahitian, Thong Dee, Valentine, dan Ugli

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk bali tumbuh dengan baik di dataran rendah, khususnya di kawasan pesisir, pada suhu sekitar 28oC, di daerah beriklim lembab sampai kering, pada tanah aluvial, termasuk pada tanah dengan salinitas cukup tinggi. Jeruk bali pada umumnya digunakan sebagai buah untuk konsumsi segar.

Pusat Asal dan Sebaran Geografik
Pusat asal jeruk bali adalah Asia Tenggara dan kawasan Malesia dan kemudian menyebar ke seluruh dunia, khususnya di kawasan tropika dan sub-tropika. Sebaran geografik pusat produksi saat ini diberikan oleh Encyclopedia of Life dan GBIF Data Portal. Juruk bali tersebar luas di seluruh wilayah NTT dan lazim dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan.


Catatan Khusus
Kementerian Pertanian mengganti nama jeruk bali dengan nama pomelo, mengadopsi nama yang sama dalam Bahasa Inggris. Alasan yang digunakan sebagai dasar penggantian nama umum tersebut adalah karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan Bali, alasan yang sangat tidak masuk akal karena banyak tanaman lain yang menggunakan nama tempat sebagai nama umumnya tidak mempunyai kaitan tertentu dengan tempat tersebut. Yang jelas, yang memberikan nama jeruk bali bukan orang Bali, melainkan orang luar, karena dalam Bahasa Bali nama jeruk tersebut adalah jerungka.

Dipublikasikan pertama kali pada 6 Juli 2015


Revisi termutakhir dipublikasikan pada 6 September 2016

29 comments:

  1. Saya tertarik dengan jeruk jenis ini karena di daerah saya Kabupaten Belu khususnya di daerah laktutus banyak di jumpai jeruk bali. Sebagai tambahan yang saya ketahui bahwa jeruk bali ini mempunyai dua jenis daging buah ada yang daging buahnya berwarna putih dan ada juga yang berwarna merah.
    Dan yang ingin saya tanyakan sesuai pengalaman jika pada saat kita memetik jeruk dan lalu jeruk ini terjatuh maka daging buahnya akan terasa pahit. Mengapa hal ini bisa terjadi?

    ReplyDelete
  2. Informasi ini berguna untuk saya dalam hal menambah wawasan mengenai kultivarnya yang baru saya ketahui serta nama lokal lainnya.Saya ingin menambahkan bahwa didaerah saya banyak yang menyebut jeruk ini degan sebutan jeruk “Pepermus” yang dikenal karena rasanya yang agak pahit dan berkulit tebal.Pertanyaan saya sesuai dengan penjelasan awal bahwa Pengembangan di setiap daerah perlu dilakukan dengan memberikan prioritas terhadap kultivar unggul yang terdapat di daerah yang bersangkutan agar terus berkembang dan dapat memeuhi permintaan pasar lokal.Kultivar unggul apa yang terdapat di NTT ?

    ReplyDelete
  3. Informasi yang sangat berguna dan menarik dalam menambah pengetahuan dan wawasan saya. Mengenai jeruk bali yang tidak ada kaitannya dengan pulau bali, saya ingin bertanya jika jeruk bali tidak ada kaitannya dengan pulau bali,maka pada daerah manakah jeruk bali ini banyak dibudidayakan?

    ReplyDelete
  4. sebelum membaca tulisan ini, saya menduga bahwa nama jeruk Bali memiliki kaitan dengan Bali. Namun ternyata dugaan saya salah. Jenis jeruk tersebut di daerah saya dikenal dengan nama jeruk pepermus.
    terkait dengan manfaat jeruk bali, beberapa manfaat lainnya adalah bagian bunganya dijadikan sebagai bahan campuran parfum di Vietnam.
    (Shatikah.2012. Khasiat Jeruk Bali.https://atikofianti.wordpress.com/2012/03/29/khasiat-jeruk-bali-pomelo/)

    ReplyDelete
  5. Sebelum membaca informasi tentang jeruk bali ini,sebelumnya saya beranggapan bahwa nama jeruk bali ini dinamakan "jeruk bali" karena berasal dari bali.Tetapi setelah saya mengetahui tentang informasi jeruk bali ini saya beranggpan bahwa jeruk bali ini tidak dinamakan dari orang bali.Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, jeruk bali juga tersebar luas, lazim ditanam sebagai tanaman pekarangan di perkotaan maupun perdesaan. Namun keberadaan jeruk bali mengalami kemunduran karena kurang mendapatkan perhatian pengembangan dan juga karena berbagai jenis hama dan penyakit. yang ingin saya tanyakan bagaimana cara pengendalian terhadap kemunduran karena kurangnya perhatian tersebut?

    ReplyDelete
  6. saya tertarik dengan informasi tentang jenis jeruk bali ini karena jenis jeruk ini banyak saya jumpai di daerah saya juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang jeruk bali.di daerah saya jenis jeruk ini dinamakan jeruk Rambua, ada beberapa tipe dari jenis jeruk ini.ada yang berukuran besar isinya berwarna putih,ada yang berwarna merah, ada juga yang berukuran kecil berwarna merah,biasana warna merah lebih dominan rasa manisnya.di daerah saya yaitu Malaka, banyak orang membudidayakan jenis jeruk ini di pekarangan rumah.sebagian besar menjualnya di pasar,namun akhir-akhir ini produksinya menurun akibat OPT.apakah ada cara terbaik untuk melenyapkan OPT yang menyerang jenis jeruk ini?

    ReplyDelete
  7. setelah membaca informasi ini saya dapat mengetahui bahwa ternyata jeruk bali bukan berasal dari Bali. jeruk ini banyak terdapat didaerah saya tetapi lebih dikenal masyarakat dengan nama Lemon Kelapa dan memiliki kulit yang sangat tebal dan rasanya yang agak pahit dan juga memiliki 2 jenis daging buah yang berwarna putih dan pink kemerahan. yang ingin saya tanyakan apa yang menyebabkan perbedaan warna daging buah tersebut?

    ReplyDelete
  8. Informasi ini sangat berguna dan menambah wawasan saya.Didaerah saya jeruk bali ini biasa disebut dengan jeruk besar dan ada yang rasanya sedikit pahit dan masam sehingga masyarakat didaerah saya kurang menyukai jeruk bali ini. sehingga masyarakat pada umumnya tidak membudidayakan diperkarangan rumah.Yang saya ingin tanyakan apakah ada jenis jeruk lain yang bisa dikawinkan dengan jeruk bali sehingga mendapatkan rasa yang manis ataukah ada cara lain yang bisa membuatbjeruk bali didaerah saya mendapatkan rasa yang diinginkan?

    ReplyDelete
  9. informasi ini sangat berguna karena menambah wawasan mengenai jenis - jenis jeruk. Di daerah saya (Soe) banyak jeruk ini. salah satu masalah adalah tanaman jenis ini ada yang berbuah dan ada yang tidak berbuah. pertanyaan saya: mengapa hal itu terjadi?

    ReplyDelete
  10. informasi ini sangat bermanfaat, awalnya saya berpikir nama jeruk bali sudah pasti jeruk ini asal mulanya dari pulau bali, ternyata dugaan saya meleset. jeruk bali atau jeruk pamelo ini lumayan banyak dan tumbuh dengan baik di daerah asal saya TTS, dan yang saya temui ada beberapa pohon yang buahnya manis dan ada juga yang masam, padahal pohon-pohon ini tumbuh pada satu lingkungan yang sama. yang menjadi pertanyaan saya, apa penyebabnya dan apakah ada faktor dari jenis tanah atau ada hal lain yang mempengaruhi?

    ReplyDelete
  11. Informasi yang menambah wawasan saya.. yang ingin saya tanyakan, adakah manfaat lain jeruk bali selain dimakan ??

    ReplyDelete
  12. Tulisan yang sangat berguna menambah wawasan saya tentang varietas jeruk. jeruk ini biasa disebut "Lemun Pepermus"(Nama Lokal di Kota Kupang).
    Yang ingin saya tanyakan apake jeruk ini merupakan hasil persilangan atau rekayasa genetika karena dilihat dari ukuran buah dan ketebalan kulit buah yang jauh berbeda dengan jenis jeruk pada umumnya?

    ReplyDelete
  13. didaerah saya jeruk bali dikenal dengan nama rambua. disana terdapat dua jenis jeruk bali yang rasanya ada yang pahit dan ada yang manis dan juga ada yang daging buahnya berwarna merah dan ada juga yang berwarna putih. pertanyaan saya faktor apakah yang menyebabkan kedua jenis jeruk bali ini sehingga memiliki rasa yang berbeda?

    ReplyDelete
  14. informasi tentang jeruk bali sangat menarik. yang ingin saya tanyakan mengapa buah jeruk bali memiliki buah yang berukuran besar dibanding jeruk lainnya dan memiliki kulit tebal yang melindungi daging buah ?

    ReplyDelete
  15. Informasi ini bermanfaat bagi saya dalam mengenal jenis jeruk. Jeruk ini memang ada di kampung kami.
    Jeruk bali tumbuh pada tanah aluvial termasuk dengan salinitas tinggi, yang ingin saya tanyakan bisakah bapak memberi penjelasan tentang tanah yang dimaksud?

    ReplyDelete
  16. Informasi yang sangat menarik.
    Yang ingin saya tanyakan Bagaimanakah sistem pengendalian yang tepat dilakukan jika ada penyerangan hama?

    ReplyDelete
  17. Dalam hal ini. Ketika pemerintah dan pihak yang berwenang tidak memberi perhatian terhadap tanaman ini. Apakag masyarakat setempat juga tdak demikian?
    Lalu. Berkaitan dengan hama dan penyakit yang menyerang, bagaimana kah tindak lanjutnya??

    ReplyDelete
  18. dari yang saya ketahui daging buah dari jeruk bali ini ada yang berwarna putih dan juga merah,dan rasanya juga berbeda. apa yang menyebabkan adanya perbedaan rasa dan warna pada daging buah jeruk tersebut?

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Apa penyebabnya dan apakah ada faktor dari jenis tanah atau ada hal lain yang mempengaruhi manis atau masamnya jeruk bali ?

    ReplyDelete
  21. Terimakasih untuk materi yang diberikan. Jeruk bali sering dijumpai di daerah asal saya kota So'e. Tapi disana jeruk bali lebih dikenal dengan sebutan ''jeruk pepermus''. Selain itu jeruk ini juga dikenal memiliki cita rasa yang asam. Kira-kira apa penyebabnya ? Apakah faktor suhu dan curah hujan juga mempengaruhinya ? Terimakasih..

    ReplyDelete
  22. saya berpikir selama ini bahwa jeruk bali ini berasal dari pulau bali sehingga jeruknya ditambahkan kata bali, seperti yang terdapat di dalam materi yang mengatakan demikian. yang ingin saya tanyakan, apa ada hal unik dari jeruk ini sehingga dinamakan jeruk bali?
    dan mengapa jeruk ketika jatuh atau dipukul akan menimbulkan rasa pahit ketika dimakan? kandungan apa yang menyebabkan jeruk terasa pahit ketika dipukul?

    ReplyDelete
  23. jeruk bali juga terdapat di kecamatan amarasi.jeruk ini mempunyai keuntungan dalam penjualan jeruk ini.
    di kecamatan amarasi terdapat buah jeruk bali yang belum waktunya untuk matang,tetapi ada beberapa buah yang matang duluan dan memiliki ukuran buah yg kecil yang rasanya asam?sedangkan cirikhas buah ini manis dan berbuah besar.

    ReplyDelete
  24. saya berpikir bahwa Mengenai jeruk bali yang tidak ada kaitannya dengan pulau bali, saya ingin bertanya jika jeruk bali tidak ada kaitannya dengan pulau bali,mengapa di namakan jeruk bali padahal tidak ada kaitan nya?

    ReplyDelete
  25. yang saya liat jeruk bali berbeda ukuran dengan jeruk lainnya.jeruk bali sangat besar.
    yang saya mau Tanya adakah alasan khusus sehinnga jeruk bali ukurannya beda dari ukuran jeruk lain?

    ReplyDelete
  26. terimakasih pak atas informasinya sangat berguna dan menarik dalam menambah pengetahuan dan wawasan saya. Mengenai jeruk bali yang tidak ada kaitannya dengan pulau bali, saya ingin bertanya jika jeruk bali tidak ada kaitannya dengan pulau bali,maka pada daerah manakah jeruk bali ini banyak dibudidayakan?

    ReplyDelete
  27. Dari materi ini saya dapat mengetahui bahwa Jeruk bali tumbuh dengan baik di dataran rendah, khususnya di kawasan pesisir, pada suhu sekitar 28oC, di daerah beriklim lembab sampai kering, pada tanah aluvial, termasuk pada tanah dengan salinitas cukup tinggi.

    ReplyDelete
  28. Terima kasih atas info yang diberikan. Jeruk bali sering ditemui di pasar lokal Kota Kupang khususnya Pasar Oeba, di Kota Kupang sendiri jeruk ini lebih dikenal dengan nama jeruk atau lemon pepermus. Dari penjelasan yang diberikan terdapat beberapa kultivar dari jeruk bali ini. Pertanyaan saya dari sejumlah kultivar yang dikatakan, kultivar mana saja yang dapat dikembangkan menjadi unggulan untuk daerah NTT? Terima kasih.

    ReplyDelete
  29. dari materi di atas yang ingin saya tanyakan apa yang dimaksdukan dengan tanah aluvial?

    ReplyDelete