Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Wednesday, July 6, 2016

Mengidentifikasi Jeruk dan Kerabat Jeruk dengan Menggunakan Citrus ID

Sebagaimana sudah saya sebut pada tulisan sebelumnya, pada tulisan ini saya akan menguraikan secara ringkas cara menggunakan layanan identifikasi Citrus ID untuk melakukan identifikasi jenis-jenis jeruk dan kerabatnya. Identifikasi jenis-jenis jeruk dan kerabatnya merupakan aspek yang sangat penting dalam ketahanan hajati jeruk karena setiap jenis hama atau penyakit jeruk mempunyai jenis-jenis jeruk dan kerabat jeruk sebagai tanaman inang. Dengan mengetahui adanya jenis-jenis jeruk dan kerabat jeruk tertentu di suatu wilayah maka dapat ditentukan pada jenis tanaman apa saja perlu dilakukan pengamatan dalam melaksanakan deteksi di lapangan. Tidak ditemukannya gejala pada jenis jeruk yang merupakan tanaman utama bukan berarti jenis jeruk tanaman utama bebas hama atau penyakit tertentu bila hama atau penyakit tersebut ternyata ditemukan pada jenis jeruk dan kerabat jeruk yang juga terdapat di wilayah yang sama.

Untuk mengakses layanan daring, silahkan klik tautan (link) Citrus ID.  Unruk mengakses layanan dengan menggunakan ponsel pintar, silahkan terlebih dahulu pasang aplikasi dari penyedia aplikasi Google Play yang terdapat pada ponsel pintar. Setelah aplikasi terpasang, silahkan klik icon aplikasi yang bersangkutan pada ponsel. Setelah diklik, pada layar akan tampil halaman depan aplikasi, silahkan langsung klik tombol Visit the key (kunjungi kunci) pada sudut kanan bawah layar.

Gambar 1. Tampilan halaman depan Citrus ID. Silahkan klik untuk memperbesar tampilan foto. Sumber: Citrus ID
Pada layar akan terbuka halaman kunci identifikasi yang terdiri atas toolbar dan di bawahnya terdapat empat jendela utama. Pada toolbar, mulai dari kiri terdapat alat yang digunakan untuk memulai ulang identifikasi dan sederet alat lain yang dapat digunakan untuk mengendalikan tampilan unsur yang terdapat pada setiap jendela utama. Empat jendela utama terdiri atas:
  • Jendela fitur tersedia (features available), memuat 21 fitur morfologi yang pada saat aktif masing-masing dapat diklik pada tanda + di sebelah kirinya untuk menampilkan sejumlah pilihan yang untuk melakukan identifikasi, salah satunya diklik pada kotak yang disediakan.
  • Jendela entitas tersisa (entities remaining), yang memuat 514 jenis atau kultivar jeruk yang dikelompokkan ke dalam genus atau kelompok jenis yang akan tampil ketika tanda + di sebelah kirinya diklik pada saat jendela aktif. Jumlah entitas tersisa akan terus berkurang seiring dengan semakin banyaknya fitur yang diklik pada jendela fitur tersedia. 
  • Jendela fitur terpilih (features chosen), akan menampilkan fitur yang telah diklik pada jendela fitur tersedia.
  • Jendela entitas dibuang (entities discarded), memuat entitas dari jendela entitas tersedia yang tidak mempunyai karakteristik yang sesuai dengan fitur yang dipilih pada jendela fitur tersedia.
Untuk aplikasi ponsel pintar, halaman kunci identifikasi hanya menampilkan satu jendela utama, yaitu jendela fitur tersedia.

Gambar 2. Tampilan halaman kunci identifikasi yang terdiri atas toolbar dan empat jendela utama. Silahkan klik untuk memperbesar tampilan foto. Sumber: Citrus ID
Untuk melakukan identifikasi, Anda harus mempunyai data karakter jenis jeruk sesuai dengan fitur yang terdapat dalam jendela fitur tersedia. Identifikasi hanya untuk memilih salah satu dari entitas yang terdapat pada jendela entitas tersisa, bukan untuk entitas yang tidak terdapat pada jendela tersebut. Bila jenis jeruk yang akan Anda identifikasi tidak terdapat pada jendela tersebut maka jenis tersebut tidak akan dapat diidentifikasi dengan menggunakan Citrus ID. Silahkan memulai identifikasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pilih salah satu fitur pada jendela fitur tersedia sesuai dengan data yang tersedia dengan mengklik tanda + di sebelah kiri fitur yang bersangkutan, Setelah tanda + diklik maka pilihan fitur akan dibuka disertai dengan foto di sebelah kirinya. Saat pilihan terbuka, tanda + berubah menjadi tanda -, klik kembali tanda - tersebut bila diperlukan untuk menutup pilihan fitur.
  • Pilih satu di antara pilihan yang terdapat pada fitur tersebut dengan mengklik kotak yang terdapat di sebelah kirinya, klik kembali untuk membatalkan.
  • Untuk mempermudah pemeriksaan foto untuk memilih pilihan fitur, klik foto pilihan foto sehingga foto tampil lebih besar. Klik tanda x di sebelah kanan atas jendela foto untuk mematikan setelah pemeriksaan foto.
  • Ulangi ketiga langkah di atas dengan mengklik fitur lainnya. Setiap kali satu fitur tersedia diklik, jumlah entitas pada jendela entitas tersisa akan semakin berkurang karena entitas yang karakternya tidak sesuai dengan pilihan fitur tersedia yang diklik akan dipindahkan ke jendela entitas terbuang.
  • Teruskan mengklik pilihan fitur tersedia sampai pada jendela entitas tersisa terdapat hanya satu entitas sebagai entitas hasil identifikasi dengan tanda + di sebelah kirinya. Bila fitur tersedia yang dipilih merupakan fitur-fitur yang cocok untuk mengidentifikasi suatu entitas maka jumlah entitas yang tersisa pada jendela entitas tersisa akan berkurang dengan cepat sehingga pada akhirnya tersisa satu entitas sebagai hasil identifikasi. 
  • Klik tanda plus tersebut, perbesar foto, dan pilih salah satu pilihan entitas yang paling cocok dengan karakteristik jeruk yang diidentifikasi. Untuk memperoleh informasi lebih rinci guna membantu pemilihan, blok nama ilmiah salah satu pilihan kemudian salin dan tempel dalam kotak Search fact sheet pada kanan bawah layar.
  • Untuk mengulangi identifikasi, klik tool Restart Key yang terdapat pada ujung paling kiri Toolbar.

Silahkan klik Gambar 3 dan Gambar 4 di bawah ini untuk mendapat panduan visual mengenai langkah-langkah tersebut di atas.

Gambar 3. Pelaksanaan identifikasi dengan mengklik pilihan salah stu fitur dalam jendela fitur tersedia. Silahkan klik untuk memperbesar tampilan foto. Sumber: Citrus ID
Gambar 4. Memperbesar foto pilihan fitur untuk mempermudah pemeriksaan. Silahkan klik untuk memperbesar tampilan foto. Sumber: Citrus ID
Setelah memahami langkah-langkah identifikasi dengan menggunakan Citrus ID sebagaimana diuraikan di atas, silahkan buka Citrus ID daring di komputer atau aplikasi pada ponsel pintar. Aplikasi yang terpasang pada ponsel pintar akan sangat bermanfaat karena bisa langsung digunakan di lapangan dengan melakukan pengamatan langsung pada individu jeruk yang diidentifikasi. Selamat mencoba, bila menghadapi kesulitan, silahkan menyampaikan melalui komentar di bawah ini.


No comments:

Post a Comment