Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Saturday, July 16, 2016

Jenis Jeruk: Jeruk Kumkuat

Jeruk kumkuat merupakan jenis jeruk dengan ciri-ciri yang mirip dengan jenis jeruk lainnya, tetapi dengan ukuran buah yang jauh lebih kecil. Jenis jeruk ini bukan tidak mungkin sudah ada di Indonesia, setidak-tidaknya sebagai jenis introduksi. Buah jeruk kumkuat dapat ditemukan di pasar-pasar swalayan. Karena penampilan buahnya yang mirip dengan buah jenis jeruk lainnya, buah jenis jeruk ini mudah dikelirukan dengan buah jenis jeruk lain. Karena karakteristiknya yang mirip dengan karakteristik jeruk dan dalam sejarahnya telah sejak awal diklasifikasikan ke dalam genus Citrus maka jenis jeruk yang oleh Swingle dipisahkan ke dalam genus Fortunella ini oleh Mabberley kini dikembalikan ke dalam genus Citrus.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama jeruk kumkuat digunakan untuk merujuk kepada jenis-jenis jeruk yang dalam bahasa Inggris disebut kumquats atau cumquats.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jeruk kumkuat adalah Citrus japonica Thunb. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009).

Nama Ilmiah Sinonim
Citrus japonica Thunb. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009) digunakan sebagai nama spesies berlaku untuk sejumlah jenis jeruk kumkuat yang sebelumnya dikenal dengan nama ilmiah Fortunella crassifolia, Fortunella hindsii, Fortunella japonica, Fortunella margarita, Fortunella obovata, dan Fortunella polyandra. Nama sinonim lainnya dapat diperoleh dari The Plant List.

Deskripsi Ringkas
Deskripsi ringkas berikut ini didasarkan pada deskripsi Kumquats (Common) pada Citrus ID. Tajuk rapat dan padat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama tidak berambut halus; permukaan ranting tahun kedua dan tahun ketiga bergari; duri kayu tidak ada atau tidak bertahan atau lurus; duri tempel tidak ada atau tidak bertahan atau lurus. Tangkai daun tidak berambut halus, ukuran pendek atau sedang, sayap tangkai daun tidak ada atau bila ada, sempit, menyentuh helai daun. Helai daun tunggal, tepi helai daun rata, bergigi menyegitiga atau menyegitiga tumpul, helai daun dalam naungan datar atau agak atau sangat menekuk, helai daun terpapar matahari agak atau sangat menekuk. Helai daun diremas berbau bumbu, segar menyerupai bau jeruk sitrun (?), mengarah ke melodrous, atau tidak berbau. Buah berbentuk bundar melebar, bundar, atau bundar memanjang, warna permukaan buah warna-warni, kuning kehijauan (6), kuning (7-10), oranye kekuningan (11), oranye (12), atau oranye mekerahan; tekstur permukaan buah halus (1-3), sedikit kasar (4-5), atau agak kasar (6-7); buah kenyal, ujung buah tidak berpusar, warna daging buah oranye atau kuning, rasa dagging buah manis berkecap masam atau masam.

Deskripsi umum dapat diperoleh dari Fruits of Warm Climate,

Kultivar dan Silangan
Citrus ID memberikan uraian mengenai kultivar kumkuat Hong Kong (Fortunerlla hindsii (Champ.) Swingle), Marumi (Fortunella japonica (Thunb.) Swingle), Meiwa (Fortunella crassiifolia Swingle), dan Nagami (Fortunella margarita (Lour.) Swingle). Uraian mengenai kultivar jeruk kumkuat yang sama juga diberikan oleh CVC-UCR, sedangkan Citrus Page menambahkan kultivar jeruk kumkuat Malayan (Fortunella polyandra (Ridl.) Tanaka).

Citrus ID mengelompokkan kultivar dan silangan jeruk kumkuat sebagai berikut:

  • Kultivar-kultivar berukuran buah kecil (panjang <1,5 cm): kultivar procimequat dan kultivar calamondin tertentu
  • Kultivar-kultivar berukuran buah sedang (panjang 1,5-3,5 cm): Calamondin, Crassifolia, Meiwa, dan Nagami (antara lain)
  • Kultivar-kultivar berukuran buah besar (panjang >3,5 cm): kultivar-kultivar sitrangekuat, mandarinkuat, and orangekuat (lihat di bawah).

Kultivar silangan jeruk kumkuat antara lain adalah:

  • Kalamondin (calamondin): silangan jeruk cina dengan kumkuat (diduga antara Citrus sunki Tanaka (Citrus reticulata var. austera Swingle) dengan kultivar jeruk kumkuat 'Oval' or 'Nagami' Citrus japonica Thunb.), contoh Calamondin dan Variegated Calamondin
  • Sitrangekuat (citrangequat): Citrus × georgiana Mabb. 'Citrangequat', silangan kumkuat dengan citrange (Citrus japonica Thunb. × [(Citrus × sinensis (L.) Osbeck) × Citrus trifoliata L.)] ), contoh Citrangequat 19-15-7, Sinton Citrangequat, dan Thomasville Citrangequat
  • Lemonkuat (lemonquat): silangan antara jeruk sitrun dengan jeruk kumkuat, contoh Rio Grande Valley Lemonquat
  • Limekuat (limequat): Citrus × floridana (J. Ingram & H. Moore) Mabb. 'Limequat', silangan Key lime dengan kumkuat, contoh Eustis Limequat, Lakeland LimequatTavares Limequate, dan Warren Limequat
  • Mandarinkuat (mandarinquat): Citrus × japonica Thunb. 'Mandarinquat', silangan antara kumkuat dengan jeruk cina satsuma (Citrus japonica Thunb. × Citrus reticulata Blanco), contoh Indio Mandarinquat dan Nippon Mandarinquat
  • Prosimekuat (procimequat): Citrofortunella floridana, silangan kultivar limekuat Eustis Limequat dengan kumkuat
  • Sunkuat (sunquat): Citrus limon × Citrus japonica, silangan jeruk sitrun dengan kumkuat
  • Yuzukuat (yuzuquat): silangan antara jeruk sitrus 'Yuzu' dengan kumkuat 'Nagami', jeruk sitrus 'Yuzu' merupakan silangan antara jeruk papeda Ichang Citrus cavaleriei H. Lév. dengan kultivar jeruk cina Citrus reticulata Blanco kultivar dengan buah berasa masam yang dikenal dengan nama sinonim Citrus sunki Hort. ex Tanaka.
Kesesuaian Tumbuah dan Pemanfaatan
Jeruk kumkuat menyukai musim panas bersuhu tinggi (26.67º-37.78ºC), tetapi dapat bertahan dalam suhu rendah -15 sampai -10oC. Meskipun demikian, jeruk kumkuat menghasilkan buah dengan ukuran lebih besar dan rasa lebih manis di daerah dengan suhu lebih tinggi. Buah jeruk komkuat kultivar tertentu dimanfaatkan sebagai buah segar, setelah diremas-remas terlebih dahulu, atau diolah. Pohon jeruk kumkuat ditanam terutama sebagai tanaman hias.

Pusat Asal dan Sebaran Geografis
Pusat asal jeruk kumkuat adalah Tiongkok, tetapi saat ini kultivar-kultivar jeruk kumkuat dan silangannya telah tersebar ke seluruh dunia.

Catatan Khusus
Nama ilmiah jeruk kumkuat adalah Citrus japonica, tetapi pusat asalnya bukan Jepang, melainkan Tiongkok.

36 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. informasi tentang jenis jeruk kumkuat ini sangat menarik dan menambah pengetahuan saya. Jeruk kumkuat merupakan jenis jeruk dengan ciri-ciri yang mirip dengan jenis jeruk lainnya, tetapi dengan ukuran buah yang jauh lebih kecil. Jenis jeruk ini bukan tidak mungkin sudah ada di Indonesia, setidak-tidaknya sebagai jenis introduksi. Buah jeruk kumkuat dapat ditemukan di pasar-pasar swalayan. Karena penampilan buahnya yang mirip dengan buah jenis jeruk lainnya, buah jenis jeruk ini mudah dikelirukan dengan buah jenis jeruk lain. yang ingin saya tanyakan adalah jenis jeruk apakah yang mirip dengan jenis jeruk kumkuat ini?

    ReplyDelete
  3. pada penjelasan diatas dikatakan bahwa jeruk yang tumbuh pada daerah yang suhu lebih tinggi cendrung menghasilkan buah lebih besar dan lebih manis. pertanyaan saya mengapa bisah seperti itu?

    ReplyDelete
  4. Jenis jeruk ini menarik bagi saya karena saya sendiri baru mengetahui adanya jenis jeruk ini.pertanyaan saya mengapa atau faktor apa yang menyebabkan sehingga jeruk ini dapat menghasilkan buah dengan ukuran lebih besar dan rasa yang lebih manis didaerah dengan suhu yang lebih tinggi ?

    ReplyDelete
  5. Informasi yang bermanfaat dalam menambah wawasan tentang jenis-jenis jeruk.
    Pusat asal jeruk kumkuat adalah Tiongkok, tetapi saat ini kultivar-kultivar jeruk kumkuat dan silangannya telah tersebar ke seluruh dunia. Pertanyaan saya dengan cara apakah penyebarannya dilakukan?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Informsi ini sangat bermanfaat bagi saya
    saya ingin bertanya.. apakah ada manfaat lain dari jenis jeruk kumkuat ini?

    ReplyDelete
  8. Informasi ini sangat berguna, karena saya dapat mengetahui bahwa jeruk kumkuat berasal dari Tionkong, tetapi bukan hanya di Negara-negara tertentu jeruk ini berada tetapi jeruk ini berada di seluruh dunia.
    dari penjelasan Jeruk kumkuat menyukai musim panas bersuhu tinggi (26.67º-37.78ºC), tetapi dapat bertahan dalam suhu rendah -15 sampai -10oC. Meskipun demikian, jeruk kumkuat menghasilkan buah dengan ukuran lebih besar dan rasa lebih manis di daerah dengan suhu lebih tinggi.
    Pertanyaan saya apakah yang di suhu rendah jeruk kumkuat tidak terlalu manis dan lebih kecil atau tetap sama dengan jeruk yang berada di suhu yang lebih tinggi tersebut ? mohon di jelaskan alasan perbedaan saat menanam di musim panas suhu tinggi dan suhu rendah.

    ReplyDelete
  9. saya tertarik pada jenis jeruk ini, yang bisa dibudidayakan sebagai tanaman hias dan sekaligus bisa dimanfaatkan untuk menambah pendapatan. yang ingin saya tanyakan, jenis jeruk ini apakah akan tumbuh dengan baik jika dibudidayakan di NTT? karena saya belum pernah melihat ada tanaman jeruk jenis kumkuat di provinsi NTT.

    ReplyDelete
  10. informasi ini baru buat saya.
    yang ingin saya tannyakan bagaimana cara membedakan jeruk kumkuat dengan jeruk lainnya yang ada di pasar swalayan ?

    ReplyDelete
  11. didalam tulisan bapak mengenai jeruk kumkuat menjelaskan bahwa jeruk ini setidak-tidaknya sebagai jenis introduksi. Yang saya tanyakan apa yang dimaksudkan dengan introduksi ?

    ReplyDelete
  12. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya,sesuai dengan tulisan ini yang ingin saya tanyakan mengapa didaerah yang bersuhu tinggi bisa menghasilkan buah yang lebih besar, faktor apa yang mempengaruhinya? sesuai dengan pertanyaan diatas kenyataan yang saya lihat daerah yang bersuhu tinggi menghasilkan buah yang lebih kecil atau kerdil?

    ReplyDelete
  13. jenis jeru kumkumat merupakan jenis jeruk yang aru bagi saya. yang ingin saya tanyakan darimana asal dari jeruk kumkumat ini? dan bagaimana cara membudidayakan jeruk kumkumat serta bagaimana karakteristik dari jeruk ini?

    ReplyDelete
  14. Buah jeruk komkuat kultivar tertentu dimanfaatkan sebagai buah segar, setelah diremas-remas terlebih dahulu, atau diolah. diolah jadi bahan makanan apa jeruk kumkuat ini ?

    ReplyDelete
  15. dari tulisan ini, saya baru mengetahui bahwa ternyata pohon jeruk ini dapat dimanfaatkan sebagai pohon hias dalam pot. sebagai informasi tambahan, kulit jeruk kumkuat ini memiliki rasa manis sehingga dapat dikonsumsi. Yang ingin saya tanyakan, apa saja manfaat lain dari jenis jeruk ini, selain untuk dikonsumsi dan digunakan pohonnya sebagai tanaman hias?

    ReplyDelete
  16. informasi tentang jeruk ini sangat bermanfaat bagi saya karena say dapat mengetahui beberapa tanaman jeruk yang dihasilkan dari persilangan.
    pertanyaan : mengapa pada daerah yang bersuhu tinggi menghasilkan jeruk kumkuat dengan ukuran lebih besar dan rasa lebih manis dibandingkan dengan suhu di daerah yang bersuhu rendah. faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut ?

    ReplyDelete
  17. informasi ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya.
    jeruk ini sangat menarik buat saya karena karakternya sangat menarik, besar kecilnya ukuran jeruk ini tergantung pada suhu di daerah tersebut.
    pada penjelasan di atas yang menjelaskan bahwa Jeruk kumkuat merupakan jenis jeruk dengan ciri-ciri yang mirip dengan jenis jeruk lainnya. apakah ada ciri khusus untuk membedakannya dengan yang lainnya?

    ReplyDelete
  18. Dari materi diatas dijelaskan bahwa jeruk kumkuat ini bersal dari daerah tiongkok, dan kita tau bahwa di ntt khusunya di pulau timor (soe) terdapat jeruk yang bentuk dan teksturnya hampir mirip dengan jeruk kumkuat. Dan pertanyaan saya apakah jenis jeruk kumkuat ini bisah dibudidaya didaerah timor khususnya di soe?

    ReplyDelete
  19. informasi tentang jeruk kumkuat sangat bermanfaat. yang ingin saya tanyakan apa faktor yang menyebabkan jeruk kumkuat dapat bertahan dalam suhu rendah -15 sampai -10oC ?

    ReplyDelete
  20. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk saya karena saya dapat mengetahui informasi tentang Jenis Jeruk Kumkuat. Yang ingin saya tanyakan adalah mengapa di daerah dengan suhu lebih tinggi, jeruk kumkuat menghasilkan buah dengan ukuran lebih besar dan rasa lebih manis?

    ReplyDelete
  21. Artikel ini bermanfaat bagi saya. Dalam penjelasan bahwa penampilan buahnya yang mirip dengan buah jenis jeruk lainnya, buah jenis jeruk ini mudah dikelirukan. Pertanyaannya: adakah aroma spesifik dari buah jeruk jenis ini yang menjadi ciri khas?

    ReplyDelete
  22. Faktor apa yang mendukung pertumbuhan jeruk ini sehingga dapat bertahan dalam suhu rendah -15 sampai -10oC.?

    ReplyDelete
  23. apa maksud dari pernyataan yang mengatakan bahwa Jeruk kumkuat merupakan jenis jeruk dengan ciri-ciri yang mirip dengan jenis jeruk lainnya? mohon Bapak jelaskan mengenai pernyataan tersebut.

    ReplyDelete
  24. Setelah saya membaca materi di atas saya ingin bertanya Sebenarnya jeruk nipis itu hasil kawin silang atau memang spesies aslinya ada ?

    ReplyDelete
  25. Materi yang ini begitu sangat sempurna, dimana kami sebagai mahasiswa tahu jenis-jenis jeruk yang ada di Indonesia. Saya sedikit bingung mengenai ungkapan “jeruk ini mudah dikelirukan dengan buah jenis jeruk lain. Karena karakteristiknya yang mirip dengan karakteristik jeruk”. Bisakah bapak menjelaskannya?

    ReplyDelete
  26. Jeruk kumkuat menyukai musim panas bersuhu tinggi (26.67º-37.78ºC), tetapi dapat bertahan dalam suhu rendah -15 sampai -10oC. Mengapa Jeruk kumkuat tidak terdapat di indonesia sedangkan Jeruk kumkuat menyukai suhu yang tinggi?

    ReplyDelete
  27. mengapa jeruk ini kecil ? apakah ada kandungan kanduangan pada jnis jeruk ini yang membuat jeruk ini kecil ?

    ReplyDelete
  28. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. Yang ingin saya tanyakan apakah jenis jeruk ini bisa dibudidayakan pada saat musim panas ?

    ReplyDelete
  29. Hama apa sajakah yang biasa menyerang jeruk kumkuat ini dan bagaimana sistem pengendalian yang tepat?

    ReplyDelete
  30. Kira – kira pada tahun berapa jenis jeruk kumkuat ini masuk ke indonesia?

    ReplyDelete
  31. Mengapa jeruk Kumkuat ukurannya dipengaruhi oleh suhu dan rasa buahnya lebih manis jika tumbuh di tempat yang suhunya lebih tinggi

    ReplyDelete
  32. Jeruk kumkuat menyukai musim panas bersuhu tinggi (26.67º-37.78ºC), tetapi dapat bertahan dalam suhu rendah -15 sampai -100C. Meskipun demikian, jeruk kumkuat menghasilkan buah dengan ukuran lebih besar dan rasa lebih manis di daerah dengan suhu lebih tinggi.
    Yang ingin saya tanyakan mengapa petani tidak membudidayakan jenis jeruk ini dengan jumlah yang banyak di Indonesia, padahal pada saat musim kemarau (panas) di Indonesia khususnya di NTT suhunya bisa mencapai 30º- 40ºC ?

    ReplyDelete
  33. Apakah jeruk kumkuat pada suhu rendah sama dengan pada suhu tinggi.. Dalam hal ukuran dan rasa.

    ReplyDelete
  34. Banyak jenis jeruk yang tersebar di Indonesia. Dan kalau mengikuti pengalaman hanya beberapa jenis jeruk yang diketahui, contohnya di NTT dikenal jenis jeruk Keprok Soe. Dengan demikian, informasi ini semakin menambah wawasan.
    Jenis jeruk Kumkuat merupakan jenis jeruk yang karakternya sulitnya dibedakan dengan jenis jeruk lainnya. Yang ingin saya ketahui, seberapa besar nilai ekonomis dari jeruk Kumkuat? Terkait dengan suhu tinggi, NTT secara potensi memiliki kemampuan untuk mengembang jenis jeruk Kumkuat ini. Tetapi kenapa tidak pernah di budidayakan jenis jeruk Kumkuat ini?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  35. Karena penampilan buahnya yang mirip dengan buah jenis jeruk lainnya, buah jenis jeruk ini mudah dikelirukan dengan buah jenis jeruk lain.Dari pernyataan ini yang ingin saya tanyakan jenis jeruk apa saja yang sama dengan jenis jeruk kumkuat?

    ReplyDelete
  36. informasi ini sangat bermanfaat karena bisa menambah pengetahuan bagi saya .diatas dijelaskan bahwa jenis jeruk ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecilyang mau saya tanyakan apakah ada faktor yang mempengaruhi sehingga ukuran buahnya jauh lebih kecil dari jenis jeruk lain ?

    ReplyDelete