Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Tuesday, July 12, 2016

Jenis Jeruk: Jeruk Masam

Nama jeruk masam mungkin merupakan nama jeruk yang jarang didengar. Buah jeruk memang sebagian besar berasa masam, terutama ketika masih muda, Namun nama jeruk masam digunakan di sini bukan untuk merujuk kepada rasa buah jeruk, melainkan kepada jenis jeruk tertentu yang dalam bahasa Inggris disebut sour orange, yang mencakup kultivar yang rasa buahnya bahkan sangat manis (sugar oranges). Jenis jeruk sebenarnya berkerabat dekat dengan jeruk manis, yang tidak semuanya juga berasa benar-benar manis. Namun mungkin karena masyarakat lebih menyukai jeruk yang rasa buahnya manis daripada yang masam maka jenis jeruk ini kurang dikenal di Indonesia. Meskipun demikian, jenis jeruk ini perlu dikenali mengingat merupakan jenis jeruk yang mempunyai pangsa pasar yang besar di tingkat internasional.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama umum jeruk masam digunakan untuk merujuk kepada jenis jeruk yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama sour oranges, bitter oranges atau seville oranges, atau bigarade. Nama jeruk masam dipilih daripada nama jeruk pahit karena lebih mencerminkan rasa buah yang sebenarnya dari jenis jeruk ini. Jeruk ini dikenal sebagai naranja agria atau amarga di Spanyol, melangolo atau arancio amaro di Italia, bigarade atau orange amére di Perancis, khuskhash di Israel, khatta di Pakistan Pakistan dan bagian Barat India, dan daidai di Jepang.”

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jenis jeruk ini adalah Citrus x aurantium L. Sour Orange Group' sensu Mabberley. Jeruk masam diduga sebagai turunan hasil kawin silang alami antara Citrus maxima (jeruk bali) dan Citrus reticulata (jeruk cina). Silahkan periksa daftar kultivar jeruk cina sebagaimana dimuat dalam Citrus ID. Silahkan juga periksa nama ilmiah dan klasifikasi dengan menyalin dan menempelkan dalam kotak pemeriksaan GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memulai. Mohon diperhatikan, nama ilmiah yang diperoleh mungkin berbeda karena tiap institusi menggunakan sistem klasifikasi yang berbeda.

Nama Ilmiah Sinonim
Silahkan periksa nama ilmiah sinonim menurut Citrus ID dan periksa nama ilmiah sinonim pada GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memeriksa.

Deskripsi Ringkas
Deskripsi berikut didasarkan pada deskripsi Sour Oranges pada Citrus ID. Tajuk padat dan rapat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama berambut atau tidak berambut halus; permukaan ranting tahun kedua dan ketiga bergaris; duri kayu tidak ada atau tidak bertahan atau lurus; duri tempel tidak ada atau tidak bertahan. Tangkai daun berambut atau tidak berambut halus, berukuran pendek, sedang, atau sangat panjang, sayap tangkai daun tidak ada, bila ada sempit, sedang, atau lebar, bersentuhan atau bertumpuk dengan helai daun. Helai daun tunggal, tepi daun rata, bergigi menyegitiga atau seperti mata gergaji, halus atau kasar, helai daun dalam naungan datar atau agak menekuk, helai daun terpapar sinar matahari menekuk atau sangat menekuk. Helai daun yang diremas berbau manis seperti bau jeruk manis (?), seperti bau bumbu, atau bau yang menimbulkan suasana sedih. Buah bundar melebar, bundar, atau bundar memanjang, permukaan kulit buah berwarna-warni, hijau muda dengan kilas kuning (5), kuning kehijauan (7-10), oranye kuning (11), oranye (12), atau oranye kemerahan (13), tekstur permukaan buah halus (1-3), sedikit kasar (4-5), agak kasar (6-7), atau kasar (8), buah padat, ujung buah berpusar atau tidak, daging buah oranye atau kuning, rasa daging buah masam atau masam berkecap manis.

Deskripsi lengkap dapat diperoleh dari:
eFlora of IndiaEncyclopedia of LifeFlora of China, Fruits of Warm Climates, Useful Tropical Plants,

Kultivar
Kultivar jeruk masam dikelompokkan sebagai berikut:
Kultivar jeruk masam singan antara lain adalah:
  • Bergamot: antara jeruk masam dan jeruk sitrun atau mutasi alami dari jeruk sitrun, kultivar Castagnaro, Femminello dan Fantastico, kulit buahnya untuk memproduksi parfum Eau de Cologne
  • Smooth Flat Seville: antara jeruk manis dan jeruk gedang
  • Kikudaidai: antara jeruk asam dan jeruk gedang
  • Kharna: antara jeruk asam dan jeruk sitrun
  • Kitchli: tetua tidak diketahui
  • Miaray: tetua tidak diketahui
  • Nanso Daidai: antara jeruk asam dan jeruk bali
Kultivar jeruk masal lainnya dapat diperoleh dari Citrus Variety Collection University of California Riverside.

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk masam dapat tumbuh di kawasan tropik, sub-tropik dengan hujan pada musim dingin, dan semi-tropik dengan hujan pada musim panas. Di kawasan tropik jeruk masam tumbuh pada kisaran elevasi 200-500 m atau lebih, dengan kisaran suhu 25-30oC dan suhu terendah 15oC dan curah hujan 1000 mm. Jeruk masam memerlukan tanah dengan drainase memadai dan mendapatkan sinar matahari langsung. Pemanfaatan terpenting jeruk masam adalah sebagai sumber minyak atsiri yang diperoleh dari kulit buah muda yang dikeringkan. Buah dimakan segar sebagai acar atau diawetkan atau digunakan untuk membuat marmalade.

Pusat Asal dan Sebaran Geografik
Jeruk asam diperkirakan berasal dari kawasan Timur Laut India, termasuk wilayah Tiongkok dan Myanmar yang berdekatan. Sebaran geografik jeruk sukade di seluruh dunia disajikan oleh GBIF Data Portal. Sebaran jeruk masam di wilayah Provinsi NTT belum diketahui. Bila Anda mengetahui di mana jeruk asam dapat ditemukan di NTT, mohon menyampaikan nama desa dan nama kecamatan tempat jeruk masam tersebut tumbuh.


Catatan Khusus
Jeruk masam kurang dikenal di Indonesia karena pengembangan jeruk selama ini difokuskan pada jenis-jenis jeruk untuk konsumsi buah segar.

24 comments:

  1. Tulisan ini sangat menarik dan menambah pengetahuan saya tentang berbagai jenis jeruk. Awalnya saya sempat berpikir rasa dari jeruk ini yang membuat namanya menjadi jeruk masam, ternyata setelah membaca dugaan saya salah. Pada pembahasan diatas, jeruk masam mempunyai manfaat sebagai sumber minyak atsiri dan dapat menjadi bahan untuk membuat marmalade. Yang ingin saya tanyakan mengapa jeruk ini belum banyak dibudidayakan? Padahal jeruk ini merupakan jenis jeruk yang mempunyai pangsa terbesar ditingkat internasional.
    Didaerah saya sendiri jenis jeruk masam belum banyak diketahui oleh masyarakat.

    ReplyDelete
  2. informasi ini sangat berguna bagi saya kerana jeruk masam ini juga baru pertama kali saya ketahui dan informasi ini juga menambah pengetahuan saya tentang jenis jeruk ini. pemanfaatan penting jeruk masam adalah sebagai sumber minyak atsiri yang diperoleh dari kulit buah mudah yang dikeringkan. yang ingin saya tanyakan adalah apa saja manfaat dari minyak atsiri ?

    ReplyDelete
  3. jeruk masam merupakan jenis jeruk yang kurang dikenal di indonesia, khususnya NTT yang banyak manfaatnya dan sangat berguna bagi saya untuk menambah wawasan. dijelaskan bahwa kultivar jeruk masam dikelompokan kedalam beberapa jenis, salah satunya adalah jeruk masam hias dan bahan parfum. pertanyaan saya, apakah jeruk masam hias dan bahan parfum bisa dikonsumsi?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Informasi mengenai jeruk masam ini baru saya ketahui dan menambah wawasan saya. Jeruk masam bisa dimakan segar sebagai acar atau diawetkan atau digunakan untuk membuat marmalado. Yang saya ingin tanyakan apa manfaat setelah jeruk masam diawetkan dan apakah rasanya tetap atau berubah setelah diawetkan?

    ReplyDelete
  6. Informasi mengenai jeruk masam ini baru saya ketahui dan menambah wawasan saya. Jeruk masam bisa dimakan segar sebagai acar atau diawetkan atau digunakan untuk membuat marmalado. Yang saya ingin tanyakan apa manfaat setelah jeruk masam diawetkan dan apakah rasanya tetap atau berubah setelah diawetkan?

    ReplyDelete
  7. setelah membaca artikel ini dapat menambah wawasan saya untuk mengetahui berbagai jenis jeruk. yang ingin saya tanyakan buah jeruk ini dapat dimakan segar sebagai acar, tetapi mengapa di Indonesia jenis jeruk ini kurang dikenal dan pengembangan jeruk hanya difokuskan pada jenis jeruk yang bisa dikonsumsi segar? sedangkan sudah dijelaskan diatas bahwa jenis jeruk ini juga bisa dikonsumsi dalam keadaan segar?

    ReplyDelete
  8. Informasi ini sangat menarik bagi saya karena jenis jeruk masam ini belum saya ketahui, nama jeruk dan rasa tidak seperti yang saya bayangkan.dengan membaca artikel ini saya jadi tahu. Peredaran jenis jeruk masam di kabupaten Malaka masih sangat langka sehingga tidak di kenal oleh masyarakat.padahal jenis jeruk ini terkenal dalam pasar internasional. Yang menjadi pertanyaan saya cara pembudidayaan apa yang dilakukan pada jenis jeruk masam ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara pembudidayaan jeruk masam sebenarnya tidak jauh berbeda dari pembudidayaan jenis-jenis jeruk lain yang sudah dibudidayakan oleh masyarakat. Hanya saja karena jeruk di Indonesia pada umumnya dibudidayakan untuk konsumsi segar, bukan untuk diolah, sehingga budidaya jeruk masam kurang diminati.

      Delete
  9. informasi ini sangat penting dan bermanfaat bagi saya karena jenis jeruk (JERUK MASAM ) belum pernah saya ketahui.Dijelaskan diatas bahwa kultivar jeruk masam dikelompokkan dalam berbagai jenis,salah satunya adalah jeruk masam biasa dan jeruk masam hias.Yang ingin saya tanyakan apa perbedaan dari jenis jeruk masam biasa dan jeruk masam hias?

    ReplyDelete
  10. Pemanfaatan terpenting jeruk masam adalah sebagai sumber minyak atsiri yang diperoleh dari kulit buah muda yang dikeringkan.
    pertanyaan : bagaimana cara mengelola kulit yang sudah kering menjadi minyak sedangkan kadar air yang ada didalam kulit tersebut sudah tidak ada lagi?

    ReplyDelete
  11. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya, sesuai dengan tulisan ini yang ingin saya tanyakan apakah jenis jeruk ini bisa dihilangkan rasa masamnya ketika dicampurkan dengan jenis jeruk yang rasa manis?

    ReplyDelete
  12. Dari informasi ini tentang jeruk masam baru saya mengetahui dan juga menambah wawasan bagi saya. Jeruk masam memerlukan tanah dengan drainase memadai dan mendapatkan sinar matahari langsung.
    Yang ingin saya tanya apakah buah jeruk masam ini ditanaman ditempat yang drainase yang kurang memadai dan tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung,apakah ada dampak atau tidak kalau ada berikan...

    ReplyDelete
  13. Artikel ini sangat bermanfaat karena sebelumnya saya mengira bahwa rasa jeruk ini sesuai dengan namanya tetapi ternyata rasanya manis bahkan ada yang sangat manis. Yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana cara membedakan buah jeruk manis dan jeruk masam ini?

    ReplyDelete
  14. informasi tentang jeruk masam sangat bermanfaat karena dengan informasi ini saya dapat mengetahui bahwa rasa buah jeruk ini tidak sama dengan namanya yaitu jeruk masam melainkan jenis jeruk ini memiliki rasa yang manis. yang ingin saya tanyakan adalah apa yang menyebabkan buah jeruk ada yang memiliki rasa manis dan ada yang memiliki rasa asam ?

    ReplyDelete
  15. Informasi ini bermanfaat bagi saya dalam hal mengenal jenis jenis jeruk
    ingin ditanyakan di daerah seperti apa jeruk masam tumbuh sangat atau lebih bagus,dan apakah rasanya berbeda jeruk yang tumbuh di daerah tropik dan semi tropik??

    ReplyDelete
  16. Terima kasih atas materi yang diberikan karena jujur saja selama ini saya tahu mengkonsumsi jeruk saja tetapi saya tidak tahu jeruk apa yang saya konsumsi. Tetapi materi ini sangat membantu pengetahuan saya. Disini yang ingin saya tanyakan adalah apa kelebihan dari jenis jeruk masam dengan jenis jeruk lain yang ada di Indonesia?

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Informasi ini sangat bermanfaat untuk saya dalam menambah pengetahuan saya.
    Yang ingin saya tanyakan dari tulisan diatas adalah, selain pemanfaatan penting buah jeruk masam yang digunakan untuk membuat minyak atsiri, Apakah tidak ada pemanfaatan penting lainnya yang bisa dilakukan?

    ReplyDelete
  19. Informasi mengenai jeruk masam tentu sangat berguna bagi yang sebelumnya tidak familiar dengan nama jeruk ini, dan bila di baca sepintas maka pemahamannya ini merupakan jenis jeruk yang masam rasanya. Tetapi justru kebalikan, rasanya manis dan merupakan kerabat dari jenis jeruk manis.
    Setelah membaca materi, dipahami bahwa jeruk merupakan jenis jeruk yang tidak sebatas pada daging buah tetapi kulit jeruk. Yang ingin ditanyakan seberapa besar nilai ekonomis dari jenis jeruk masam ini?

    ReplyDelete
  20. cara pembudidayaan apa yang dilakukan pada jenis jeruk masam

    ReplyDelete
  21. Helai daun yang diremas berbau manis seperti bau jeruk manis (?), seperti bau bumbu, atau bau yang menimbulkan suasana sedih.
    Dari peryataan diatas mengapa pada saat daun jeruk masam diremas baunya menimulkan suasana sedih?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  22. Sesuai dengan materi diatas


















    Bagaimana cara membudidayakan jeruk masam dan kira-kira jenis tanah apa yang cocok untuk menanam jeruk tersebut?




    ReplyDelete
  23. Bagaimana cara membuidayakan jeruk masam dan jenis tanah apa yang cocok untuk tanaman jeruk tersebut?

    ReplyDelete