Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Sunday, July 10, 2016

Jenis Jeruk: Jeruk Manis

Jeruk manis mungkin merupakan jenis jeruk yang paling mudah ditemukan sebagai buah impor di pasar-pasar swalayan. Jenis jeruk ini memang sudah dibudidayakan di Indonesia, tetapi masih terbatas mengingat jenis jeruk ini merupakan jenis tanaman daerah beriklim sedang. Namun demikian, jeruk manis dapat dikembangkan di Indonesia di daerah dataran tinggi. Namun pengembangannya masih jauh dikalahkan oleh pengembangan jeruk cina (keprok dan siam) yang mendominasi pengembangan jeruk di Indonesia. Pengembangan jenis jeruk manis diharapkan dapat mengurangi impor jeruk manis yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap buah jeruk manis segar maupun jus jeruk.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama umum jeruk manis digunakan untuk merujuk kepada jenis jeruk yang dalam Bahasa Inggris disebut sweet oranges. Nama oranges dalam Bahasa Inggris sehari-hari bisa berarti berbagai jenis jeruk sehingga jeruk cina disebut mandarin oranges.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jeruk manis dan jeruk darah adalah Citrus x aurantium L. pro sp. 'Sweet Orange Group' sensu Mabberley, Bayer et al. Jeruk ini diduga merupakan hasil kawin silang alami antara jenis jeruk asal jeruk cina dengan jeruk bali. Tanda x menyatakan bahwa jenis jeruk ini merupakan turunan kawin silang jenis-jenis jeruk asal. Silahkan periksa daftar kultivar jeruk cina sebagaimana dimuat dalam Citrus ID. Silahkan juga periksa nama ilmiah dan klasifikasi dengan menyalin dan menempelkan dalam kotak pemeriksaan GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memulai. Mohon diperhatikan, nama ilmiah yang diperoleh mungkin berbeda karena tiap institusi menggunakan sistem klasifikasi yang berbeda.

Nama Ilmiah Sinonim
Silahkan periksa nama ilmiah sinonim menurut Citrus ID dan dan periksa nama ilmiah sinonim pada GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memeriksa.

Deskripsi Ringkas
tajuk rapat dan padat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama tidak berambut halus, permukaan ranting tahun kedua dan ketiga bergaris; duri kayu tidak ada atau tidak bertahan, melengkung atau lurus; duri tempel tidak ada atau tidak bertahan. Tangkai daun tidak berambut halus, pendek, sedang, kadang-kadang panjang, sayap petiole tidak ada, bila ada sempit, sedang, lebar, menyambung atau bertumpuk dengan helai daun. Helai daun tunggal, tepi daun rata, bergigi menyegi tiga kasar/halus, helai daun dalam naungan datar atau agak mwnwkuk, kadang-kadang menekuk, helai daun terpapar matahari datar, agak atau benar-benar menekuk. Daun diremas berbau manis jeruk manis, kadang-kadang berbau bumbu atau tidak berbau. Buah bundar melebar, bundar, atau bundar memanjang, warna kulit buah kuning kehijauan (6), kuning (7-10), oranye kekuningan (11), oranye (12), oranye kemerahan (13), kadang-kadang berwarna-warni, tekstur permukaan kulit buah halus (1-3), sedikit kasar (4-5), atau agak kasar (6-7), buah padat, bagian ujung tidak berpusar, daging buah oranye atau bersemu merah/jingga, rasa manis berkecap masam.

Deskripsi lengkap dapat diperoleh dari:
Australian Tropical Rainforest PlantseFlora of IndiaEncyclopedia of LifeFlora of China, Fruits of Warm Climates, Useful Tropical Plants.

Kultivar dan Silangan
Kultivar jeruk manis di Indonesia antara lain adalah Manis Waturejo, Manis Punten, dan Manis Pacitan. Jeruk manis merupakan jenis jeruk yang sangat populer ti tingkat internasional sehingga kultivarnya sangat banyak. Contoh kultivar menurut Citrus ID adalah ... Citrus Page menggolongkan jeruk manis menjadi tiga kelompok:
  • Jeruk manis dini, pirang, dan biasa, (1) dini: Hamlin (Norris), (2) pirang: Cadenera (Cadena Fina, Cadena sin hueso, Cadenera de Careagente, Comice, Cornice, Ducroq, Orero, Précoce de Valence, Précoce des Canaries, Précoce du Rharb, atau Valencia san Pepins), dan (3) biasa: 
  • Jeruk manis Valencia, antara lain Delta Valencia dan Harward Late Valencia.
  • Jeruk manis Navel, dibedakan lagi menjadi (1) Navel dini: misalnya Atwood, (2) Navel peralihan: misalnya Washington Navel, dan (3) Navel lambat: misalnya Navelate.
Kultivar silangan:
  • Ambersweet: (Citrus reticulata Blanco [Clementine Group] X Citrus x aurantium L., pro sp. [Tangelo Group]) X Citrus x aurantium L., pro sp. [Sweet Orange Group] (sensu Mabberley 2004); 
  • Chironja: Citrus x aurantium L., pro sp. [Grapefruit Group] X Citrus x aurantium L., pro sp. [Sweet Orange Group] (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009)
  • CitrangorCitrus x aurantium L., pro sp. X (Citrus x aurantium L., pro sp. [Sweet Orange Group] X Citrus trifoliata L.) (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009);
  • Parson Brown: Citrus x aurantium L., pro sp. X Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 1997, Zhang and Mabberley 2008, in part)
  • PeraCitrus x aurantium L., pro sp. X Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 1997, Zhang and Mabberley 2008, in part)

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk manis merupakan jenis tanaman sub-tropis, memerlukan suhu optimum 12.78º-37.78º C selama pertumbuhannya dan kisaran suhu 1.67º-10º C selama dormansi musim dingin. Jeruk manis dapat tumbuh pada kisaran curah hujan tahunan 125-500 mm, tetapi tumbuh lebih optimal pada kisaran curah hujan tahunan 1000-1500 mm. Jeruk manis menyukai tanah berpasir dengan kandungan humus tinggi. Buah jeruk manis dimanfaatkan terutama untuk konsumsi segar dan untuk membuat jus jeruk.

Pusat Asal dan Sebaran Geografik
Jeruk cina tidak ditemukan tumbuh liar, diduga berasal dari India Utara, Indocina, dan Tiongkok bagian Selatan. Saat ini jeruk manis dibudidayakan secara luas di Amerika Serikat sub-tropis, Brasil, dan kawasan Mediterania. Sebaran geografik jeruk sukade di seluruh dunia disajikan oleh Encyclopedia of Life. Di Indonesia jeruk manis dibudidayakan secara terbatas, antara lain di Batu, Pacitan, dan Waturejo. Di NTT, jeruk manis dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan di dataran tinggi Mollo, Kabupaten TTS. Peta sebaran geografik jeruk manis di Provinsi NTT disajikan pada peta berikut ini.


Catatan Khusus
Jeruk manis diduga merupakan jenis jaruk yang lebih dahulu dibudifayakan di dataran tinggi Timor Barat, sebelum jeruk cina.

20 comments:

  1. Saya tertarik dengan jeruk jenis ini karena selain jeruk cina, jeruk manis ini pun sering dijadikan ole-ole khas Soe oleh masyarakat Kabupaten Belu.
    Saya ingin bertanya bila kita menjumpai jeruk manis dan jeruk Cina dipasaran secara bersamaan, oleh karena kedua jenis jeruk ini secara fisik hampir sama maka apa perbedaan yang paling mencolok antara kedua jenis jeruk ini.
    Sebagai informasi tambahan, dibandingkan dengan jeruk Cina, di Kabupaten Belu, masyarakat lebih banyak menanam jeruk manis ini dipekarangan rumah mereka, Kita akan lebih banyak menjumpai jeruk manis daripada jeruk Cina. Hal ini mungkin dikarenakan kesesuaian iklim di Kabupaten Belu lebih cocok dengan jenis jeruk manis.

    ReplyDelete
  2. informasi yang menarik untuk saya dalam penambahan wawasan mengenai jenis-jenis jeruk yang banyak dijumpai di daerah NTT. Dibanding dengan jeruk cina, jeruk manis mempunyai kesesuaian tumbuh yang bisa dikatakan lebih baik daripada jeruk cina yang tidak dapat bertahan lama dipohon maupun pada penyimpanan. Menurut saya, mungkin ada baiknya petani lebih membudidayakan jeruk manis daripada jeruk cina, dalam hal ini pembudidayaan jeruk manis dilakukan dengan yang cara baik dan jangan sampai mengurangi bahkan mengganggu dari pertumbuhan jeruk cina.

    ReplyDelete
  3. informasi ini sangat berguna bagi saya dalam menambah pengetahuan saya.
    sudah dijelaskan bahwa jeruk manis diduga merupakan jenis jeruk yang lebih dahulu dibudidayakan di dataran tinggi Timor Barat sebelum jeruk cina. pertanyaan saya jika demikian mengeapa sampai saat ini jeruk cina (keprok soe) lebih banyak dikenal di masyarakat luas?

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik dengan informasi tentang jenis jeruk ini karena selain rasanya enak juga menambah wawasan bagi saya tentang jeruk manis ini. dalam Pusat Asal dan Sebaran Geografik
    Jeruk cina tidak ditemukan tumbuh liar,terutama di NTT yang penyebarannya hanya di beberapa daerah saja jeruk manis ini umumnya diperbanyak dengan cara apa saja?
    Informasi tambahan dari saya yaitu tentang manfaat jeruk manis
    1. Mengobati sakit jantung
    2. Menurunkan kolesterol
    3. Mengatasi darah tinggi
    4. Mencegah kanker
    5. Mengatasi wasir
    6. Menetralisir tubuh
    7. Mengatasi flek hitam

    ReplyDelete
  5. Informasi ini menambah wawasan saya
    Mengapa jeruk manis tumbuh lebih optimal pada kisaran curah hujan Tahunan 1000-1500 mm?

    ReplyDelete
  6. tulisan ini bermanfaat bagi saya karena memberikan pengetahuan tambhan tentang jenis jeruk ini.
    yang ingin tanyakan mengapa jenis jeruk manis belum banyak di budidayakan di Indonesia ?
    menurut saya, petani perlu membudidayakan jeruk ini karena jenis jeruk ini mengandung vitamin dan tahan terhadap suhu yang dingin.

    ReplyDelete
  7. langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengurangi impor jeruk manis ?

    ReplyDelete
  8. informasi ini sangat membantu saya untuk mengetahui jenis dan asal-usul jeruk manis.
    ..yang ingin saya tanyakan adalah faktor apa yang menyebabkan jenis jeruk ini dibudidayakan secara terbatas?

    ReplyDelete
  9. Kira-kira di daerah-daerah mana sajakah di indonesia jenis jeruk ini banyak dibudidayakan?

    ReplyDelete
  10. jeruk manis merupakan tanaman yang banyak diminati oleh masyarakat pada umumnya. Namun realitasnya konsumen lebih banyak dari pada jumlah produksi jeruk manis setiap musimnya. Hal ini dikarenakan kurangnya peran pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat pedesaan terlebih dalam hal bagaimana membudidayakan tanaman investor jangka panjang terlebih tanaman jeruk manis.

    ReplyDelete
  11. Informasi ini sangat penting untuk saya.
    Yang ingin saya tanyakan,kultivar jeruk manis apa saja yang biasa diimpor ke negara indonesia?

    ReplyDelete
  12. apa yang membedakan antara jeruk cina dan jeruk manis? dan mengapa pengembangannya kurang padahal kualitas buahnya juga bagus?

    ReplyDelete
  13. Bagaimana halnya ketika tumbuh pada suhu minimum??

    ReplyDelete
  14. faktor apa yang menyebabkan jenis jeruk manis ini dibudidayakan secara terbatas ?

    ReplyDelete
  15. informasi ini sangat bermanfaat buat saya. di daerah saya, jeruk manis ini jarang sekali saya jumpai. apakah jeruk manis ini termasuk tanaman musiman? mengapa jeruk manis hanya terdapat pada daerah yang datarannya tinggi?

    ReplyDelete
  16. mengapa adanya perbedaan antara jeruk manis dengan jeruk cina,padahal kedua jeruk ini memiliki karakteristik yang dapat di katakan sama?

    ReplyDelete
  17. informasi yang saya dapatkan, Nama ilmiah berlaku untuk jeruk manis dan jeruk darah adalah Citrus x aurantium L. pro sp. 'Sweet Orange Group' sensu Mabberley, Bayer et al. Jeruk ini diduga merupakan hasil kawin silang alami antara jenis jeruk asal jeruk cina dengan jeruk bali. apa perbedaan antara jeruk manis dan jeruk darah?

    ReplyDelete
  18. jeruk manis ini memang sudah dibudidayakan di Indonesia, tetapi masih terbatas mengingat jenis jeruk ini merupakan jenis tanaman daerah beriklim sedang. yang ingin saya tanyakan adalah diindonesia daerah mana yang paling cocok untuk membudidayakan jenis jeruk ini?

    ReplyDelete
  19. Informasi tentang jenis jeruk ini sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya .Yang mau saya tanyakan apakah ada manfaat lain dari jeruk manis selain dikonsumsi segar dan untuk membuat jus ?? jenis jeruk ini jarang ditemui didaerah saya adonara

    ReplyDelete
  20. Jeruk manis menyukai tanah berpasir dengan kandungan humus tinggi. Yang ingin saya tanyakan apakah hanya tanah berpasir yang di sukai jeruk manis? atau adakah tanah jenis lain yang di sukai oleh jeruk manis

    ReplyDelete