Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Saturday, October 8, 2016

Hama Jeruk: Kepik Kaki-Daun

Kepik kaki-daun merupakan kepik yang mempunyai banyak jenis tanaman inang, mencakup tanaman dan tumbuhan liar. Di antara jenis-jenis kepik kaki-daun, terdapat jenis-jenis yang tanaman inangnya mencakup jenis-jenis jeruk. Di antara kepik kaki-daun yang tanaman inangnya mencakup jenis-jenis jeruk, terdapat jenis yang terdapat di Indonesia, yaitu kepik kaki-daun jeruk-sukade dan kepik kaki-daun kaki-daun tumbuhan, yang menurut GBIF Data Portal merupakan sinonim (kepik yang sama dengan nama berbeda). Tulisan ini menguraikan jenis-jenis kepik kaki-daun yang merusak tanaman jeruk, termasuk jenis yang tidak terdapat di Indonesia.

Nama Umum
Nama umum kepik kaki-daun dalam Bahasa Indonesia digunakan untuk merujuk kepada nama umum leaf-footed bug dalam Bahasa Inggris yang untuk jenis-jenis yang merusak jeruk meliputi kepik kaki-daun jeruk-sukade, kepik kaki-daun, kepik kaki-daun tumbuhan, dan kepik berkaki daun barat masing-masing mempunyai nama umum Bahasa Inggris berturut-turut leaf-footed citron bug, leaf-footed bug, leaf-footed plant bug, dan western leaf-footed bug.

Nama Ilmiah Valid dan Klasifikasi
Kepik kaki-daun (leaf-footed bug) termasuk dalam genus Leptoglossus, yang merusak jeruk mencakup kepik kaki-daun jeruk-sukade Leptoglossus gonagra (Fabricius, 1775), kepik kaki-daun Leptoglossus phyllopus (Linnaeus, 1767), kepik kaki-daun tumbuhan Leptoglossus australis (Fabricius, 1775), dan kepik kaki-daun barat, Leptoglossus zonatus (Dallas, 1852). Klasifikasi kepik kaki daun adalah kerajaan: Animalia, filum: Arthropoda, sub-filum: Hexapoda, kelas: Insecta, ordo: Hemiptera, sub-ordo: Heteroptera, famili: Coreidae, dan genus: Leptoglossus.

Nama Ilmiah Sinonim
Nama ilmiah Leptoglossus gonagra (Fabricius, 1775) adalah L. antica (Herrich-Schäffer, 1836), L. australis (Fabricius, 1775), L. bidentatus (Montrouzier, 1855), L. flavopunctatus (Signoret, 1863), L. gonager Mayr, 1866, L. grallator(Herbst, 1784), L. membranaceus (Fabricius, 1781), L. momordicae (Forster, 1844), L. orientalis (Dallas, 1852), L.praecipua (Walker, 1871), dan L. sumbawensis Blöte, 1936. Nama ilmiah sinonim Leptoglossus phyllopus (Linnaeus, 1767) adalah L. albicinctus (Say, 1832), L. confusa (Dallas, 1852), dan L. fraterna (Westwood, 1842). Menurut GBIF Data Portal, Leptoglossus gonagra (Fabricius, 1775) adalah nama ilmiah sinonim untuk Leptoglossus australis (Fabricius, 1775). Nama ilmiah sinonim Leptoglossus zonatus (Dallas, 1852) adalah L. angustifolium (Mayr, 1866) dan L. vexillatus (Stål, 1855).

Deskripsi Ringkas
Kepik kaki-daun dewasa berwarna cokelat gelap sampai hitam, panjang 20 mm, sayap datar dan lurus ke belakang pada saat menutup, antena terdiri atas 4 ruas, mempunyai alat pencucuk-penghisap (rostrum) yang terdiri atas 4 ruas, jantan mempunyai ruas kaki membesar dan memipih, betis (tibia) kaki belakang melebas menyerupai daun, sayap depan sepert kulit, mempunyai pola seperti garis lurus, garis zig-zag, atau rangkaian bercak putih atau kuning pucat. L. gonagra mempunyai dada (thorax) dengan tepi berwarna kuning dan garis longitudinal kuning pada permukaan bawah perut (abdomen). L. phyllopus mempunyai sayap depan dengan garis putih lurus di permukaan sayap depan ketika menutup, permukaan atas perut mempunyai variasi warna oranye ketika sayap terbuka. L. australis mempunyai garis melengkungoranye kemerahan atau kuning pada bagian depan pronotum, tubuh memanjang, kepala lebih pendek dan lebih sempit daripada pronotum. L. zonatus mempunyai bercak besar kuning pucat pada bagian atas dari dua ruas tengah pronotum, tubuh lebar, terdapat pola zig-zag pada permukaan sayap depan ketika sayap menutup. Nimfa terdiri atas 5 instar, bentuk seperti dewasa, tetapi tanpa kaki daun. Nimfa L. gonagra berwarna merah menyala dengan kaki hitam pada instar pertama sampai ketiga, cokelat kotor pada instar keempat dan kelima. Nimfa L. phyllopus berwarna kemerahan dengan kaki hitam untuk seluruh instar. Nimfa L. australis berwarna kemerahan pada instar awal, kaki daun berkembang mulai pada instar ketiga, instar keempat mempunyai bercak kuning dan hitam, dan instar kelima cokelat gelap atau hitam. Nimfa L. zonatus berarna merah dengan kaki hitam untuk semua instar. Telur berbentuk agak silindris. Telur L. gonagra berukuran panjang 1,4 mm, mula-mulai hijau cerah, kemudian menjadi cokelat. Telur L. phyllopus mempunyai panjang 1,8 mm, berwarna cokelat keemasan. Telur L. australis mempunyai panjang 1,8 mm, berwarna cokelat pucat. Telur L. zonatus mempunyai panjang 1,47 mm, mula-mula berwarna hijau cerah, kemudian menjadi cokelat.

Kepik kaki-daun, atas dan bawah, A: Leptoglossus gonagra (Fabricius, 1775) sin. Leptoglossus australis (Fabricius, 1775), B: Leptoglossus phyllopus (Linnaeus, 1767), dan C: Leptoglossus zonatus (Dallas, 1852). Sumber: A-C: BugGuide Leptoglossus, silahkan klik nama spesies untuk memperoleh lebih banyak foto. 
Kemiripan dengan Hama Lain
Keempat jenis kepik kaki-daun yang telah diuraikan mirip dengan jenis-jenis kepik kaki-daun lainnya.

Deteksi dan Identifikasi


Biologi dan Daur Hidup
Telur diletakkan dalam baris lajur tunggal pada daun dan pucuk, menetas dalam 5-7 hari. Nimfa berkembang melalui 5 instar dalam 25-30 hari. Kepik kaki-daun mempunyai perilaku berkelompok dalam jumlah besar, satu tanaman dapat dipenuhi oleh kepik, sementara tanaman tetangganya tanpa kepik. Kepik dewasa mempunyai glandula bau sehingga bila terganggu mengeluarkan bau tajam tidak sedap. Nimfa instar awal lebih menyukai inang tumbuhan liar, hanya kepik dewasa yang menyerang buah jeruk.

Kisaran Tumbuhan Inang
L. gonagra menyukai jeruk sukade, jeruk cina, dan jeruk manis. Tumbuhan inang lainnya antara lain adalah paria Momordica charantia, jambu biji brazilia Psidium guineense, jambu biji Psidium guajava, markisa Passiflora edulis, delima Punica granatum, dan labu kuning Cucurbita maxima.

L. phyllopus menyukai jeruk cina dan jeruk manis. Tumbuhan inang lainnya antara lain adalah sowthistle Sonchus oleraceus, apel Malus domestica, beggarweed Desmodium tortuosum, crepe myrtle Lagerstroemia indica, Crotalaria spp., elderberry Sambucus canadensis, Gladiolus spp., goldenrod Solidago virgaurea, Hibiscus spp., Ixora spp., jimsonweed Datura stramonium, Ligustrum spp., oat Avena sativa, pir Pyrrus spp., pecan Carya illinoiensis, persimmon Diospyros spp., delima Punica granatum (disukai), thistle Cirsium spp., dan semangka Citrullus lanatus.

L. australis menyukai semua jenis jeruk dan hibridanya. Tumbuhan inang lainnya antara lain adalah paria Momordica charantia, kopi arabika Coffea arabica, jambu mente Anacardium occidentale, labu Cucurbita spp., granadilla Adenia hondala, kelapa sawit Elaeis guineensis, markisa Passiflora edulis, kacang tanah Arachis hypogaea, padi Oryza sativa, paria ular Trichosanthes cucumerina, ubi jalar Ipomoea batatas, Theobroma bicolor, dan uwi Dioscorea alata

L. zonatus menyukai jeruk gedang, jeruk nipis, dan jeruk manis. Tumbuhan inang lainnya antara lain adalah apokat Persea americana, kacang buncis Phaseolus vulgaris, cabai Capsicum annuum, blackberry Rubus spp., blueberry Vaccinium spp., chinese tallow Tibulus terrestris, jagung Zea mays, kapas Gossypium hirsutum, kacang tunggak Vigna unguiculata, terung Solanum melongena, lokuat Eriobotrya japonica, leci Litchi chinensis, melon Cucumis spp., okra Abelmoschus esculentus, persik Prunus persica, plum Prunus spp., delima Punica granatum, cantel Sorghum spp., spiny thistle Cirsium horridulum, labu Cucurbita spp., bunga matahari Helianthus annuus, dan tomat Solanum esculentum (disukai)

Gejala Kerusakan
Serangan pada pucuk dan daun muda menyebabkan bagian di sekitar lubang cucuk mengalami perubahan warna dan mengering. Serangan pada buah muda menyebabkan buah gugur atau mengalami perubahan bentuk. Serangan pada buah tua menyebabkan kulit buah berbercak dan daging buah mengering.

Kerusakan yang ditimbulkan pada buah jeruk oleh kepik kaki-daun Leptoglossus phyllopus (Linnaeus, 1767). Sumber: UF/AFIS.
Penyebaran dan Distribusi Geografis
Kepik kaki-daun menyebar secara aktif dalam jarak dekat dengan cara merayap dan terbang dan secara pasif dalam jarak jauh dengan perantaraan bibit dan buah.

L. gonagra menyebar secara global ke kepulauan Cape Verde Islands, karibia, Amerika Tengah, Indonesia, Malaysia, Mexico, pulau-pulau di Pasifik, Papau Nugini, and Amerika Selatan. L. phyllopus menyebar secara global di bagian Selatan Amerika Serikat, Mexico, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. menyebar secara global terbatas pada pusat asal, tidak terdapat di Indonesia. L. australis menyebar secara global di kawasan tropis of Afrika, India, Australia, Asia Tenggara termasuk Indonesia, Jepang, Filipina, Taiwan, dan pulau-pulau di Pasifik Selatan. L. zonatus menyebar secara global di bagian barat daya Amerika Serikat, Amerika Tengah, dan bagian Utara Amerika Selatan, tidak terdapat di Indonesia. EPPO Global Database menyediakan peta distribusi global L. australis.

Rekomendasi Pengendalian
Pengendalian kepik kaki-daun dilakukan secara budidaya dan secara kimiawi. Pengendalian secara budidaya dilakukan dengan tidak menanam tanaman inang lain bersama dengan jeruk, menanam tanaman inang yang paling disukai sebagai tanaman perangkap, dan melakukan pergiliran tanaman bila di lokasi pertanaman jeruk ditanam tanaman lain. Pengendalian secara kimiawi dilakukan dengan menggunakan insektisida sebagaimana yang direkomendasikan dalam Florida Citrus Management Guide untuk pengendalian jenis-jenis kepik dan serangga hama lainnya.

Catatan Penting
Di antara jenis-jenis kepik kaki-daun yang merusak jeruk, kepik kaki-daun jeruk-sukade perlu mendapat perhatian di Indonesia.

55 comments:

  1. Saya tertarik dengan postingan ini karena dapat menambah pengetahuan saya tentang hama Kepik kaki daun.
    Saya ingin bertanya dengan cara apa kepik kaki daun dapat merusak tanaman jeruk?
    Sebagai informasi tambahan di daerah saya (Kabupaten Belu)banyak dijumpai hama kepik kaki daun, tetapi lebih banyak terdapat ditanaman mangga.

    ReplyDelete
  2. Postingan ini memberikan tambahan informasi bagi saya mengenai hama pada tanaman jeruk.Yang ingin saya tanyakan ialah adakah ciri khusus dari hama ini yang membedakannya dengan hama lain ? Kalau pada hama kepik bau jika dipencet akan mengeluarkan bau . Lalu bagaimana dengan jenis kepik ini ?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. informasi ini sangat menarik bagi saya karena saya dapat membedakan antara hama kepik kaki daun dan kepik bau
    .saya ingin bertanya bagaimana kepik kaki daun menyebabkan kulit buah berbecak dan daging buah mengering pada buah tua???

    ReplyDelete
  5. informasi ini sangat bermanft abgi saya
    saya ingin bertnya , Mengapa Nimfa instar awal lebih menyukai inang tumbuhan liar?

    ReplyDelete
  6. Informasi ini sangat bermanfaaat bagi saya.
    Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengidentifikasi dan mendeteksi kepik kaki daun ini ?

    ReplyDelete
  7. Informasi yang bermanfaat bagi saya.
    Yang ingin saya tanyakan mengapa kepik kaki-daun jeruk-sukade perlu mendapat perhatian di Indonesia?

    ReplyDelete
  8. Dari informasi mengenai kepik kaki daun sangat menarik dan membantu dalam membedakannya dengan kepik bau.
    yang ingin saya tanyakan ialah mengapa hama kepik kaki-daun yang besar saja yang menyerang buah jeruk sedangkan yang kecil hanya menyerang inang tumbuhan liar dan pada kepik kaki-bawah memiliki gladula bau yang dapat mengeluarkan bau tak sedap.apakah bau tersebut dapat mempengaruhi buah jeruk ?

    ReplyDelete
  9. Tulisan ini bermanfaat bagi saya, karena saya dapat mengetahui bahwa kepik kaki daun memiliki keanekaragaman warna yang unik dan gejala serangan dari kepik daun saat menyerang tanaman jeruk bukan hanya pada satu bagian tetapi pada bagian pucuk, buah muda dan juga buah tua.
    Ada yang ingin saya tanyakan. Mengenai hal tentang jenis-jenis kepik kaki-daun yang merusak jeruk , maka ada pengendalian yang di lakuakan dengan cara menanam tanaman inang yang disukai hama disekitar tanaman jeruk untuk menangkap hama tersebut. Apakah dari hal tersebut tanaman yang di tanaman dekat dengan tanaman jeruk tidak mengganggu tanaman jeruk, karena tanaman tersebut dapat merebut unsur hara dan juga sinar matahari dan lainnya yang dapat menyebabkan tanaman jeruk juga terhambat pertumbuhannya? mohon penjelasan bapak .

    ReplyDelete
  10. informasi baru yang saya dapatkan dari artikel diatas adalah : Serangan pada buah tua menyebabkan kulit buah berbercak dan daging buah mengering.
    pertanyaan : seperti yang kita ketahui bahwa permukaan kulit buah jeruk mempunyai lapisan yang tebal.bagaimana bisa kalau hanya ditandai dengan bercak, daging buah tersebut akan menjadi mengering pasti ada faktor lain sebagai penyebabnya. jelaskan bagaimana cara atau proses hama ini menyerang buah sehingga menyebabkan daging buah mengering?

    ReplyDelete
  11. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. Sudah dijelaskan bahwa serangan pada buah muda dapat menyebabkan buah tersebut mengalami perubahan bentuk. Pertanyaan saya apabila buah tersebut berubah bentuk hingga buah tersebut menjadi tua, apakah buah tersebut dapat dikonsumsi?

    ReplyDelete
  12. seperti yang telah dijelaskan pada artikel mengenai rekomendasi pengendalian dari kepik daun yang dilakukan dengan dua cara. pada cara pengendalian secara budidaya yang menggunakan tanaman inang lain bersama dengan tanaman jeruk, saya ingin bertanya, jenis tanaman inang apa yang paling disukai oleh kepik kaki daun ini ?

    ReplyDelete
  13. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya karena menambah wawasan saya tentang hama tersebut. pertanyaan saya, bisakah bapak menjelaskan apa maksud dari kepiik daun mempunyai perilaku berkelompok dalam jumlah besar, satu tanaman dapat dipenuhi oleh kepik, sementara tetangga tanpa kepik dan apakah tanaman tetangga tersebut mendapat serangan hama ini ataukah tidak ?

    ReplyDelete
  14. Informasi mengenai hama jeruk kepik kaki daun sangat bermanfaat bagi saya dalam hal memperoleh informasi tentang hama pada tanaman jeruk. Yang ingin saya tanyakan apakah ada cara lain untuk pengendalian hama tersebut selain secara budidaya dan secara kimiawi ? Tolong jelaskan !

    ReplyDelete
  15. jenis jeruk apa saja yang dapat terinveksi hama ini ?

    ReplyDelete
  16. Informasi ini sangat menambah wawasan saya.
    Serangan pada buah muda menyebakan buah gugur atau megalami perubahan bentuk.
    Pertanyannya adalah seperti apa perubahan bentuk pada buah muda?

    ReplyDelete
  17. Apakah tidak ada musuh alami atau agen hayati yang bisa dimaanfaatkan untuk mengendalikan hama jenis ini ?

    ReplyDelete
  18. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. Yang ingin saya tanyakan apakah kepik kaki daun menyerang pada semua jenis jeruk atau pada jenis jenis jeruk tertentu ? Jika menyerang pada jenis jeruk tertentu, pada jenis jeruk apa saja ?

    ReplyDelete
  19. Tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya karena menambah wawasan bagi saya tentang kepik kaki daun. Kepik kaki-daun merupakan kepik yang mempunyai banyak jenis tanaman inang Oleh karena itu apakah semua jenis gulma juga termasuk salah satu sasaran dari kepik kaki daun?

    ReplyDelete
  20. Diantara jenis-jenis kepik kaki daun yang merusak jeruk, kepik daun jeruk sukade perlu mendapat perhatian penuh diindonesia. Mengapa demikian dan pada artikel sebelumnya mengenai jeruk sukade belum dikenal luas diindonesia, apakah kerusakam yang ditimbulkan oleh kepik kaki daun terhadap jeruk sukade terlalu berbahaya?

    ReplyDelete
  21. Dari materi diatas ditunjukan ada beberapa hama berjenis Kepik Kakai-Daun, Dan pertanyaan saya apakah Dari semua jenis Kepik diatas gejela yang ditimbulkan oleh beberapa jenis kepik itu sama atau berbeda-beda?

    ReplyDelete
  22. Maria Valentina Bagho WeaNovember 21, 2016 at 3:35 PM

    Informasi ini sangat bermanfaat untuk saya.
    Bagaimana perubahan bentuk pada buah jeruk muda akibat serangan si kepik kaki daun?

    ReplyDelete
  23. informasi ini sangat penting bagi saya.Serangan pada buah muda menyebabkan buah gugur atau mengalami perubahan bentuk.yang ingin saya tanyakan adalah perubahan bentuk seperti apa yang terjadi jika jeruk di serang oleh kepik kaki daun?

    ReplyDelete
  24. informasi ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya.
    pada penjelasan di atas cara mengendalikan hama kepik kaki daun yang merusak tanaman jeruk adalah dilakukan secara budidaya dan secara kimiawi. Pengendalian secara budidaya dilakukan dengan tidak menanam tanaman inang lain bersama dengan jeruk, menanam tanaman inang yang paling disukai sebagai tanaman perangkap, dari penjelasan ini telah di jelaskan juga bahwa Kepik kaki-daun menyebar secara aktif dalam jarak dekat dengan cara merayap dan terbang dan secara pasif dalam jarak jauh dengan perantaraan bibit dan buah.
    apakah dengan cara pengendalian tersebut bisa mengatasi tersebarnya hama ini?

    ReplyDelete
  25. Serangan kutu ini pada pucuk dan daun muda menyebabkan bagian di sekitar lubang cucuk mengalami perubahan warna dan mengering.
    Apakah serangan dapat menghambat pertumbuhan, karena kutu ini menyerang titik tumbuh?

    ReplyDelete
  26. Tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya karena dapat menambah pengetahuan saya tentang jenis hama pada jeruk yaitu Kepik Kaki Daun. Yang ingin saya tanyakan adalah mengapa Kepi Kaki-Daun selalu berkelompok dalam jumlah besar pada satu tanaman yang dapat dipenuhi oleh kepik, sementara tanaman tetangganya tanpa kepik?

    ReplyDelete
  27. Berapakah waktu yang diperlukan oleh hama ini (kepik kaki daun) untuk dapat bertahan hidup ?

    ReplyDelete
  28. Infomasi ini berguna bagi saya, karna saya dapat mengetahui cara pengendalia hama ini. Yang ingin saya tanyakan adalah:“Kepik kaki-daun mempunyai perilaku berkelompok dalam jumlah besar, satu tanaman dapat dipenuhi oleh kepik, sementara tanaman tetangganya tanpa kepik”. Bagaimana bisa hama ini tidak ada pada tanaman lain yang berada pada tanaman inangnya?

    ReplyDelete
  29. dari tulisan di atas, kenapa hanya hanya kepik dewasa yang menyerang buah jeruk?

    ReplyDelete
  30. Dari materi yang diatas tertera bahwa hanya kepik dewasa yang menyerang tanaman jeruk. Pertanyaan saya mengapa kepik yang masih kecil tidak menyerang tanaman jeruk? Jika dalam suatu perkebunan jeruk terdapat kelompok kepik yang masih kecil apakah akan dianggap menyerang tanaman jeruk tersebut atau tidak


    ReplyDelete
  31. Di antara jenis-jenis kepik kaki-daun yang merusak jeruk, kepik kaki-daun jeruk-sukade perlu mendapat perhatian di Indonesia.Apakah hal ini sudah dilaksanakan oleh pemerintah ?

    ReplyDelete
  32. tulisan di atas sangat membantu saya dalam mengenal jenis-jenis hama lainnya. Yang ingin saya tanyakan apakah dari keempat jenis kepik kaki-daun yang telah diuraikan sama cara pengendaliannya?

    ReplyDelete
  33. Mengapa jenis-jenis kepik kaki-daun yang merusak jeruk, kepik kaki-daun jeruk-sukade perlu mendapat perhatian di Indonesia ?

    ReplyDelete
  34. menurut saya ini sangat berguna untuk menambah ilmu dan menarik untuk di baca. pertanyaan saya :Apakah dengan pengendalian dengan kimiawi dapat berakibat pada munculnya keumbang kepik yang kebal terhadap pengendalian yang ada ?

    ReplyDelete
  35. Pengendalian kepik kaki-daun dilakukan secara budidaya dan secara kimiawi,apakah dengan menggunakan cara kimiawi dapat merusak tanaman tersebut atau memberantas hama ?

    ReplyDelete
  36. Informasi tentang hama kepik kaki-daun sangat bermanfaat bagi saya.
    Pada kemiripan dengan hama lain, dijelaskan bahwa keempat jenis kepik kaki-daun yang telah di uraikan mirip dengan jenis-jenis kepik kaki daun lainnya. Apa saja jenis kepik kaki daun lainnya ini??
    Dan pada biologi dan daur hidup, mengapa satu tanaman dapat di penuhi oleh kepik daun?? Dan mengapa pada tanaman tetangganya tanpa kepik ?

    ReplyDelete
  37. saya ingin bertanya, apakah hama ini terdapat pada semua jenis jeruk? atau hanya pada beberapa jenis saja.

    ReplyDelete
  38. menanggapi materi yang bapak sampaikan diatas bahwa Kepik kaki-daun menyebar secara aktif dalam jarak dekat dengan cara merayap dan terbang dan secara pasif dalam jarak jauh dengan perantaraan bibit dan buah.
    Yang ingin saya tanyakan secara pasif dalam jarak jauh dengan perantara bibit dan buah contohnya seperti apa?

    ReplyDelete
  39. Apakah melalui penggunaan insektisida sebagaimana yang direkomendasikan dalam Florida Citurs Management Guild dapat mengatasi hama jeruk ini?

    ReplyDelete
  40. Mengapa hama kepik kaki daun ini lebih menyukai jenis jeruk sukade, jeruk cina, jeruk manis? Apakah ada faktor yang menyebabkan hama tersebut lebih menyukai jenis-jenis jeruk tertentu ini?

    ReplyDelete
  41. Mengapa Kepik kaki-daun hanya menyukai jenis jeruk tertentu ?

    ReplyDelete
  42. Dari Pengalaman saya, menurut saya kulit buah jeruk memiliki semacam cairan yang bila terkena mata menusia akan mengalami perih beberapa saat, apakah hal ini berlaku juga pada hama kepik kaki daun saat merusak bagian buah jeruk ? Apakah ada musuh alami dari Hama Kepik Kaki-Daun?

    ReplyDelete
  43. Serangan pada pucuk dan daun muda menyebabkan bagian di sekitar lubang cucuk mengalami perubahan warna dan mengering.
    apa yang akan terjadi pada buah jeruk nantinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hama jeru
      Dari keempat jenis kepik kaki- daun diatas manakah jenis kepik- kaki daun yg pling brbhaya dan lebih dominan atau sering menyerang tanaman jeruk

      Delete
  44. Bagaimana kepik kaki daun menyebabkan kulit buah berbecak dan daging buah mengering pada buah tua???

    ReplyDelete
  45. Trimakasih untuk materi yang sudah bapak berikan. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya dalam menambah wawasan saya mengenai hama Kepik Kaki-Daun pada tanaman jeruk. Seperti yang sudah dijelaskan pada materi diatas serangan hama pada pucuk jeruk, tanaman jeruk yang masih muda maupun buah jeruk yang sudah tua mengakibatkan gejalah-gejalah kerusakan yang berbeda. Pada gejalah kerusakan tersebut diantara pengendalian secara budidaya dan kimiawi manakah yang lebih efisien dalam mengurangi kerusakan-kerusakan tersebut ? Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  46. bagaimana caranya mengendalikan jenis-jenis kepik kaki-daun yang merusak jeruk?

    ReplyDelete
  47. Pengendalian kepik kaki-daun dilakukan secara budidaya dan secara kimiawi.Dari pernyataan diatas mengapa pada pengendalian budidaya tidak menanam tanaman inang lain bersama dengan jeruk?

    ReplyDelete
  48. Kepik kaki-daun merupakan kepik yang mempunyai banyak jenis tanaman inang, mencakup tanaman dan tumbuhan liar.artinya hama ini menyerang luas,salah satunya jeruk.
    karena bersifat luas,apakah hama ini dapat menyerang semua jenis jeruk?

    ReplyDelete
  49. saya pernah menemukan ini serangga di pohon lain dan saya pernah kasih mati baunya sangat menyengat.
    yang saya mau tanyakan apakah baunya berpengaruh pada tumbuhan jeruk?

    ReplyDelete
  50. Informasi ini sangat penting bagi saya karena dapat menambah pengetahuan saya tentang hama kepik kaik daun .Yang mau saya tanyakan adalah bagaimana cara kepik kaki daun memyerang pada buah muda sehingga menyebabkan buah gugur atau mengalami perubahan bentuk..

    ReplyDelete
  51. Apakah kepik kaki daun ini bisa dikendalikan dengan musuh alami?

    ReplyDelete
  52. Jenis jeruk apa saja yang di serang kepik kaki daun?

    ReplyDelete
  53. Dari materi diatas mengapa kepik kaki daun jeruk sukade perlu mendapat perhatian khusus diindonesia?

    ReplyDelete
  54. Dari materi diatas mengapa kepik kaki daun jeruk sukade perlu mendapat perhatian khusus diindonesia?

    ReplyDelete