Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Saturday, October 15, 2016

Penyakit Jeruk: Tepung Jeruk

Penyakit tepung merupakan penyakit yang umum ditemukan pada tanaman jeruk di Indonesia, khususnya pada jeruk cina dan jeruk manis. Penyakit ini menyebabkan pucuk dan daun muda jeruk tampak seperti ditaburi tepung sehingga cukup mudah dikenali. Penyakit ini di Indonesia diidentifikasi sebagai disebabkan oleh jamur Oidium tingitanium, tetapi bukan tidak mungkin juga disebabkan oleh jamur Oidium citri. Meskipun dilaporkan sebagai penyakit penting pada tanaman jeruk, penelitian mendalam terhadap penyebab penyakit ini di Indonesia belum pernah dilakukan.

Nama Penyakit
Penyakit tepung dalam Bahasa Indonesia digunakan untuk merujuk kepada penyakit yang dalam Bahasa Inggris disebut powdery mildew. Penyakit ini juga disebut penyakit embun tepung dalam Bahasa Indonesia.

Nama Berlaku dan Klasifikasi Penyebab Penyakit
Penyakit tepung disebabkan oleh jamur Oidium citri (J.M. Yen) U. Braun (1982) dan Fibroidium tingitaninum (J.C. Carter) U. Braun & R.T.A. Cook 2012. Fibroidium tingitaninum (J.C. Carter) U. Braun & R.T.A. Cook 2012 sebelumnya dikenal dengan nama Oidium tingitaninum J.C. Carter (1915). Kedua jamur ini merupakan jamur anamorf dengan teleomorf yang dapat mempunyai sejumlah teleomorf. Klasifikasi kedua jamur penyebab penyakit tepung adalah kerajaan: Fungi, filum: Ascomycota, sub-filum: Pezizomycotina, kelas: Leotiomycetes, ordo: Erysiphales, famili: Erysiphaceae, genus anamorf: Fibriodium dan Oidium.

Nama Sinonim Penyebab Penyakit
Nama ilmiah sinonim jamur Oidium citri adalah Oidium erysiphoides f. citri J.M. Yen (1967), sedangkan nama ilmiah sinonim jamur .Fibroidium tingitaninum adalah Acrosporium tingitaninum (J.C. Carter) (1971) dan Oidium tingitaninum J.C. Carter (1915).

Gejala dan Tanda Penyakit
Penyakit ini umum terjadi pada waktu musim pertunasan jeruk, ditandai dengan adanya lapisan tepung putih pada tunas, permukaan atas daun, dan permukaan buah muda. Lapisan tepung putih tersebut merupakan massa miselium jamur yang tumbuh di permukaan. Pada daun penyakit ini menyebabkan tepi daun melengkung ke atas dan mengering tetapi tidak gugur. Pada pucuk menyebabkan pucuk mengering. Pada buah menyebabkan buah gugur atau bila buah dapat bertahan, menyebabkan burik kusam pada permukaan kulit buah. Pada intensitas penyakit berat, ranting mengalami mati ujung sehingga pohon tampak meranggas.

Gejala penyakit tepung, A: pada pucuk dan daun di Indonesia, dilaporkan disebabkan oleh Oidium tingitanium, B-E: pada daun, tajuk, dan buah serta ranting mengalami mati ujung di Bhutan, dilaporkan disebabkan oleh Oidium citri. Sumber, A: Balitjestro dan B-E: Australasian Plant Disease Notes.
Gejala dan Tanda Serupa
Gejala dan tanda penyakit tepung yang disebabkan oleh Oidium citri (J.M. Yen) U. Braun (1982) dan Oidium tingitaninum J.C. Carter (1915) adalah sama. Kedua penyakit hanya dapat dibedakan melalui pemeriksaan mikroskopis. Penyakit tepung yang selama ini dilaporkan disebabkan oleh Oidium tingitaninum bukan tidak mungkin disebabkan oleh Oidium citri.

Deskripsi Ringkas Patogen
Miselium Oidium citri tumbuh pada permukaan atas dan permukaan bawah daun, menyebar tidak tebal, putih, hifa panjang dan bercabang, bersekat, lebar 3.6-9.6 µm, apresoria mempunyai banyak benjolan, konidifora tegak, bersekat 2-3 berukuran 68.4-87.4 x 12-13.2 µm, sel kaki silindris beru 20.4-32.4 x 7.2-8.4 µm, konidia tunggal, konidia primer berbentuk seperti telurberukuran 30-36.6 x 15.6-18 µm, konidia sekunder berbentuk seperti tong atau sub-silindris berukuran 31.2-48 x 13.2-18 µm, buluh kecambah pada ujung, pendek sampai agak panjang, sederhana tanpa apresorium membengkak.

Miselium Oidium tingitanium tumbuh pada permukaan bawah dan, hifa dengan lebar 4.5-6.7 µm, konidiofora berukuran 60-120 x 12 µm, konidia dalam rangkaian, 4-8 konidia per rangkaian, tembus cahaya, konidia berbentuk seperti tong, ujung membundar, berukuran 20-28x 10-15 µm.

Kisaran Inang
Penyakit tepung dapat menginfeksi semua jenis jeruk, tetapi kerentananan jenis-jenis jeruk berbeda-beda. Jenis jeruk yang paling sering menderita penyakit tepung adalah jeruk cina, jeruk cina tangerine, dan jeruk manis. Penyakit tepung pada jenis tanaman lainnya disebabkan oleh spesies jamur yang berbeda.

Ekologi dan Daur Penyakit
Penyakit mudah berkembang di lokasi pertanaman dengan suhu panas pada siang hari dan sejuk pada malam hari pada musim kemarau. Infeksi terjadi oleh konidia yang berasal dari daun kering dan menyebar dengan bantuan angin.

Diagnosis
Layanan identifikasi dalam jaringan Citrus Diseases tidak menyediakan layanan identifikasi penyakit tepung. Identifikasi dapat dilakukan dengan mengamati gejala dan melakukan pemeriksaan menggunakan mikroskop.

Penyebaran dan Distribusi Geografis
Jamur menyebar dalam jarak dekat dengan perantaraan peralatan kerja dan dalam jarak jauh dengan perantaraan angin. Penyakit tepung terdapat di Indonesia dan mempunyai sebaran geografik global yang mencakup kawasan tropik dan sub-tropik Asia, Afrika, dan Amerika. Sebaran geografis global Oidium tingitanium sebagaimana dipertakan oleh CABI Invasive Species Compendium dipetakan berikut ini.


Rekomendasi Pengendalian
Pengendalian dilakukan dengan pemeriksaan pertanaman secara rutin dan memangkas dan membakar ranting yang bergejala tepung. Namun bila gejala telah menyebar, lakukan penyemprotan dengan filtrat daun nimba konsentrasi 60g/l, 80g/l dan 100g/l.

Catatan Penting
Jamur penyebab penyakit tepung merupakan parasit obligat sehingga tidak dapat dibiakan di laboratorium.

69 comments:

  1. Informasi ini berguna bagi saya dalam menambah pengetahuan tentang jenis penyakit ini yang sering saya temui diaerah saya,yaitu di kota Soe bahkan dipekarangan rumah saya yang saya jumpai pada jeruk cina. Pertanyaan saya apakah penyakit ini hanya menyerang jeruk cina dan jeruk manis ? dan juga apakah penyakit ini hanya bisa terjadi pada waktu musim pertunasan jeruk? Karena yang saya temui dipekarangan rumah saya, awalnya pada masa pertunasan jeruk tumbuh dengan baik tetapi setelah lama-kelamaan baru muncul gejala penyakit tepung jeruk ini .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menyebutkan, rumah di desa/kelurahan apa di Soe? Umumnya pada musim pertunasan, pada berbagai jenis jeruk lain selain jeruk cina.

      Delete
    2. Terimakasih untuk jawabannya Pak.Rumah saya di desa Kesetnana

      Delete
  2. Tulisan tentang penyakit Tepung Jeruk sangat berguna bagi saya untuk menambah pengetahuan akan berbagai jenis penyakit pada tanaman jeruk.
    Penyakit tepung jeruk merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman jeruk. Namun, mengapa penelitian mendalam terhadap penyebab penyakit ini diindonesia belum pernah dilakukan? Di daerah saya dikabupaten belu, penyakit tepung sudah banyak dijumpai dikalangan masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di desa mana? Penyakit tepung jeruk terdapat pada tanaman jeruk, bukan di kalangan masyarakat.

      Delete
  3. Postingan ini sangat bermnfaat bagi saya karena dapat menambah pengetahuan saya tentang jenis penyakit yang menyerang tanman jeruk.
    Pertanyaan saya Apa penyebab timbulnya penyakit tepung pada tanaman jeruk? Dan jika tepung yang terdapat pada bagian tubuh tanaman jeruk ini bila terkena tubuh manusia akan menimbulkan efek samping?

    ReplyDelete
  4. Saya merasa senang setelah membaca tulisan tentang penyakit tepung jeruk karena pengetahuan saya dapat bertambah. Pada penjelasan gejala dan tanda penyakit ini, lapisan tepung berwarna putih yang terdapat pada permukaan tanaman jeruk merupakan massa dari miselium jamur. Pada intensitas penyakit berat, ranting mengalami mati ujung sehingga pohon tampak meranggas. Pada saat itu, apakah warna dari tepung yang terdapat pada permukaan tanaman tetap atau juga mengalami perubahan?

    ReplyDelete
  5. Postingan ini sangat bermanfaar bagi saya untuk menambah pengetahuan.
    Yang ingin saya tanyakan kira-kira berapa lama penyebaran dari penyakit tepung jeruk ini ? Dan apakah faktor yang mempengaruhinya ?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Informasi ini sangat berguna bagi saya dalam menambah pengetahuan tentang penyakit pada jeruk.
    Pada ekologi dan daur penyakit dikatakan bahwa penyakit mudah berkembang dilokasi pertanaman dengan suhu panas pada siang hari dan sejuk pada malam hari pada musim kemarau. Yang ingin saya tanyakan bagaimana perkembangannya pada musim penghujan?

    ReplyDelete
  8. informasi ini sangat menambah wawasan saya.
    Saya inin beratnya , Mengapa penyakit ini umum terjadi pada waktu musim pertunasan jeruk ?

    ReplyDelete
  9. Pada penjelasan dikatakan bahwa penyakit tepung ini pada jenis tanaman lain disebabkab oleh spesies jamur yang berbeda.Apakah dengan adanya perbedaan ini maka gejala yang ditimbulkan juga berbeda dengan serangan pada tanaman jeruk ? dan bagaimana juga dengan pengendaliannya

    ReplyDelete
  10. apabila penyakit jeruk ini dapat menyerang semua jenis jeruk, apakah gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini juga akan sama ?

    ReplyDelete
  11. Materi ini sangat bagus sehingga timbul pertanyaan apakah penyakit ini hanya menyerang tanaman jeruk sajah?

    ReplyDelete
  12. Informasih ini sangat menambah pengetahuan saya, saya dapat mengetahui ekologi dan daur dari Penyakit tepung daun, yang mana Penyakit mudah berkembang di lokasi pertanaman dengan suhu panas pada siang hari dan sejuk pada malam hari pada musim kemarau. Infeksi terjadi oleh konidia yang berasal dari daun kering dan menyebar dengan bantuan angin.
    Saya ingin bertanya. Bagaimana mekanisme dari Jamur penyebab penyakit tepung merupakan parasit obligat, yang menyerang tanaman jeruk. mengapa tidak dapat di biakan di laoraturium ? Apa alasannya ? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  13. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya sering menjumpai penyakit ini pada tanaman jeruk nipis. Pertanyaan saya apakah yang menyerang jeruk nipis juga berbeda spesies jamur dengan tanaman yang sudah disebutkan pada penjelasan kisaran inang?

    ReplyDelete
  14. informasi ini sangat baru bagi saya, karena didaerah saya menganggap hal ini biasa. Inang pada penyakit ini adalah jeruk manis dan jeruk cina tetapi pada tanaman lain disebabkan oleh spesies jamur yang berbeda, Yang ingin saya tanyakn apakah pengendalian pada tanaman lain tersebut sama dan bisakah bapa memberikan salah satu contoh spesies jamur tanaman lain tersebut ?

    ReplyDelete
  15. Apa kelebihan dari filtrat daun nimba sehinnga bisa dijadikan sebagai pengendalian penyakit tepung jeruk dan kira-kira pada kosentrasi berapakah penyemprotan filtrat daun nimbah yang bagus dalam pengendalian penyakit tersebut ?

    ReplyDelete
  16. pengendalian penyakit ini dilakukan dengan menyemprot filtrat daun nimbah. yang ingin saya tanyakan, apakah filtrat daun nimba mempunyai efek samping dalam mengkonsumsi jeruk yang terinfeksi penyakit tersebut ?

    ReplyDelete
  17. mengapa penelitian tentang penyakit ini belum pernah dilakukan ?

    ReplyDelete
  18. informasi ini sangat berguna dan bermanfaat bagi saya khususnya untuk mengetahui jenis penyakit yang menyerang jeruk,dari penjelasaan diatas diketahui bahwa Lapisan tepung putih tersebut merupakan massa miselium jamur yang tumbuh di permukaan.yang ingin saya tanyakan apa yang dimaksud dengan massa miselium?

    ReplyDelete
  19. Jamur penyebab penyakit tepung merupakan parasit obligat sehingga tidak dapat dibiakan di laboratorium. yang ingin saya tanyakan apa yang dimaksud dengan parasit obligat serta pengaruhnya terhadapt tanaman jeruk yang diserang?

    ReplyDelete
  20. Informasi ini sangat menambah wawasan saya dan sangat bermanfaat.
    Pada daun jeruk yang terserang tepung putih,penyakit ini menyebabkan tepi daun melengkung keatas dan mengering tetapi tidak gugur.Pertanyaannya mengapa daun yang telah mengering setelah terserang tepung putih tidak dapat gugur?

    ReplyDelete
  21. lebih memperluas lagi informasi tentang penyakit jeruk yaitu " tepung jeruk "

    apa hal yang mendasar sehingga membuat penyakit ini berkembang pada waktu musim pertunasan jeruk ? dan di tuliskan pula bila buah dapat bertahan, menyebabkan burik kusam pada permukaan kulit buah. faktor internal atau eksternal apa yang membantu tanaman jeruk bisa bertahan dan buahnya tidak gugur ?

    ReplyDelete
  22. Postingan ini bermanfaat bagi saya.pada rekomendasi pengendalian dilakukan penyemprotan dengan filtrat daun nimba konsentrasi 609/1,809/1 dan 1009/1.yng menjadi pertanyaan saya pa yang di maksud dengan penyempotan dengan filtrat daun nimba? Dan gejala pa yang ditimbulkan dari penyemprotan
    di pekarangan saya jeruk nipis saya kena dan saya memangkas bagian yang terkena penyakit tersebt

    ReplyDelete
  23. informasi ini sangat berguna bagi saya untuk menjaga jeruk-jeruk yang ada di Inddonesia khususnya NTT.
    . yang ingin saya tanyakan adalah apakah penyakit ini sudah dapat di NTT dan kjika terdapat pengendalian dengan cara apa yang di pakai??

    ReplyDelete
  24. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya . informasi ini mengatakan "Penyakit tepung dapat menginfeksi semua jenis jeruk, tetapi kerentananan jenis-jenis jeruk berbeda-beda. Jenis jeruk yang paling sering menderita penyakit tepung adalah jeruk cina, jeruk cina tangerine, dan jeruk manis" yang ingin saya tanyakan mengapa ada beberapa jenis jeruk yang sering diderita, apakah dipengaruhi oleh pertumbuhan tanaman atau dalam hal lain ?

    ReplyDelete
  25. Andi Kiky Putri Y. E. PNovember 21, 2016 at 1:08 PM

    artikel ini sangat bermanfaat karena penyakit tepung jeruk sudah sering kita jumpai di masyarakat. namun pertanyaan saya adalah jika gejala dan tanda penyakit tepung yang disebabkan oleh Oidium citri dan Oidium tingitaninum adalah sama, apakah kerugian yang ditimbulkan kedua jamur juga sama?

    ReplyDelete
  26. Maria Valentina Bagho WeaNovember 21, 2016 at 3:14 PM

    Jenis penyakit ini dilaporkan penting tetapi belum dilakukan penelitian yang lebih lanjut di negara kita. Yang ingin saya tanyakan mengapa demikian, apakah ada kendala tertentu yang menyebabkan belum dilakukannya penelitian? Mohon penjelasan

    ReplyDelete
  27. Dari materi diatas dijelaskan bahwa Penyakit tepung merupakan penyakit yang umum ditemukan pada tanaman jeruk di Indonesia, khususnya pada jeruk cina dan jeruk manis. Pertanyaan saya apakah penyakit jenis ini hanya menyerang jeruk cina dan jeruk manis saja?

    ReplyDelete
  28. Saya setuju dengan pernyataan diatas. Penyakit jeruk dalam hal tepung jeruk ini telah ada di Indonesia bahkan di NTT, saya sendiri telah melihatnya. bacaan diatas juga sangat menarik perhatian, karena penyakit pada tanaman jeruk tersebut mirip seperti tepung sehingga di sebut penyakit tepung jeruk.
    Apakah penyakit ini hanyak akan menyerang pada daun muda saja ? karena berdasarkan kenyataan yang saya jumpai di lapangan tepung jeruk ini berada juga pada daun yang sudah tua. mohon penjelasan. Terima kasih

    ReplyDelete
  29. Pada materi diatas dijelasan bahwa penyakit tepung ini pada jenis tanaman lain disebabkab oleh spesies jamur yang berbeda.Apakah dengan adanya perbedaan ini maka gejala yang ditimbulkan juga berbeda dengan serangan pada tanaman jeruk ?

    ReplyDelete
  30. Penyakit ini menyerang pada bagian luar tanaman, apakah dapat berdampak hingga kematian total pada tanaman?

    ReplyDelete
  31. Tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya karena dapat menambah pengetahuan saya tentang jenis penyakit pada jeruk yaitu Tepung Jeruk. Yang ingin saya tanyakan adalah mengapa penyakit tepung jeruk lebih dominan terjadi pada waktu musim pertunasan jeruk?

    ReplyDelete
  32. Gejala dan tanda penyakit tepung yang di sebabkan oleh oidium citri(J.M.Yen) u Braun (1982) dan oidium tivgitaninum J.C Carter(1915) adalah sama.kedua penyakit hanya dapat dibedakan melalui pemeriksaan mikroskopis.
    Apa persamaan dan perbedaan gejala dan tanda penyakit tepung ini??

    ReplyDelete
  33. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. Yang ingin saya tanyakan apakah penyakit tepung jeruk menyerang pada semua bagian tanaman jeruk ?

    ReplyDelete
  34. Mengapa jenis jeruk yang paling sering menderita penyakit tepung adalah jeruk cina, jeruk cina tangerine, dan jeruk manis?

    ReplyDelete
  35. materi ini sangat bermanfaat bagi saya mengenai penyakit tepung.
    yang ingin saya tanyakan bagaimana penularan penyakit tepung oleh jamur Oidium terhadap jenis jeruk lainnya?

    ReplyDelete
  36. Infomasi ini berguna bagi saya, karna saya dapat mengetahui cara pengendalia hama ini. Yang ingin saya tanyakan adalah:Mengapa penyakit ini lebih banyak menyerang jeruk cina, jeruk cina tangerine, dan jeruk manis?

    ReplyDelete
  37. Dampak apakah yang terjadi jika pengendaklian penyakit ini dilakukan penyemprotan dengan filtrat daun nimba konsentrasi 60g/l, 80g/l dan 100g/l pada waktu musim pertunasan jeruk?

    ReplyDelete
  38. apakah pada suhu yang rendah penyakit ini dapat berkembang ?

    ReplyDelete
  39. informasi ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya.
    yang telah dijelaskan bahwa Meskipun dilaporkan sebagai penyakit penting pada tanaman jeruk, penelitian mendalam terhadap penyebab penyakit ini di Indonesia belum pernah dilakukan.
    mengapa dilaporkan sebagai penyakit pentinh tetapi pada kenyataannya penyakit ini belum pernah melalukan penelitian mendalam? apa penyebabnya?

    ReplyDelete
  40. Bagaimana cara pengendalian tanaman jeruk yang terserang penyakit tepung ? dan apakah panyakit tersebut mempengaruhi produktivitas tanaman jeruk tersebut ?

    ReplyDelete
  41. Apakah penyakit ini hanya terjadi pada masa pertunasan jeruk saja ?

    ReplyDelete
  42. Informasi ini sangat berguna bagi saya karena menambah pengetahuan saya. Pertanyaan saya mengapa Penyakit ini belum dilaporkan terdapat di Indonesia ?

    ReplyDelete
  43. Penyakit tepung pada jenis tanaman lainnya disebabkan oleh spesies jamur yang berbeda. Mengapa hal ini bisa terjadi apakah jamur jamur tersebut memiliki kemampuan merusak yang lebih ?

    ReplyDelete
  44. Penyakit tepung merupakan penyakit yang umum ditemukan pada tanaman jeruk di Indonesia, yang saya ingin tanyakan apakah penykit ini berbahaya?

    ReplyDelete
  45. informasi ini sangat penting bagi saya. Infeksi terjadi oleh konidia yang berasal dari daun kering dan menyebar dengan bantuan angin. yang ingin saya tanyakan adalah apa yang dimaksud dengan konidia?

    ReplyDelete
  46. Kira-kira pada usia berapa sebuah tanaman jeruk dapat terjangkit penyakit tepung jeruk ini?

    ReplyDelete
  47. penyakit tepung pada jeruk dapat menginfeksi semua jenis jeruk, tetapi kerentanan jenis-jenis jeruk berbeda-beda. yang menjadi pertanyaan saya, kerentanan seperti apa yang berbeda pada setiap jenis dan mengapa jeruk cina dan jeruk manis yang paling sering diserang penyakit ini?

    ReplyDelete
  48. Apakah serangan penyakit ini juga disebabkan dari virus?

    ReplyDelete
  49. Penyakit tepung umum terjadi pada waktu musim pertunasan jeruk, ditandai dengan adanya lapisan tepung putih pada tunas, permukaan atas daun, dan permukaan buah muda. Pertanyaannya Apakah penyakit ini mempengaruhi proses fotosintesis dan rasa pada buah jeruk ?

    ReplyDelete
  50. Penyakit tepung merupakan penyakit yang umum ditemukan pada tanaman jeruk di Indonesia, khususnya pada jeruk cina dan jeruk manis. Penyakit ini menyebabkan pucuk dan daun muda jeruk tampak seperti ditaburi tepung sehingga cukup mudah dikenali. Penyakit ini di Indonesia diidentifikasi sebagai disebabkan oleh jamur Oidium tingitanium, tetapi bukan tidak mungkin juga disebabkan oleh jamur Oidium citri. Meskipun dilaporkan sebagai penyakit penting pada tanaman jeruk, penelitian mendalam terhadap penyebab penyakit ini di Indonesia belum pernah dilakukan.
    Apa yang menyebakan sehingaa penelitian mendalam belum ada di indonesia sedang jenis penyakit ini penyebarannya sudah masuk di indonesia..

    ReplyDelete
  51. Penyakit tepung jeruk ini mudah berkembang di lokasi pertanaman dengan suhu panas pada siang hari dan sejuk pada malam hari pada musim kemarau. Saya kurang mengerti pada bagian ini. Mohon diperjelas lagi suhu nya, dengan menggunakan angka dan satuan yang jelas ?

    ReplyDelete
  52. Sangat menguntungkan bagi kita masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan yang membudidayakan tanaman jeruk Keprok. Mengapa? karena jenis penyakit Tepung Jeruk ini hanya menyerang jenis jeruk Cina, Cina Manis dan Jeruk Manis. Artinya jenis penyakit ini tidak akan mengganggu produksi jeruk Keprok. Namun, menjadi sebuah kegelisahan yang ingin dicarikan jawabannya, apakah Keprok merupakan jenis jeruk yang tidak dapat diserang oleh penyakit tersebut? ataukah kurangnya pengetahuan saya sebagai mahasiswa mengenai klasifikasi tanaman jeruk di mana jeruk Keprok termaksud salah satu diantara ketiga jenis jeruk tersebut?
    Pertanyaan berikutnya, apa yang dimaksud dengan jamur anamorf dan jemur teleomorf? serta contoh-contohnya.
    Cara penanggulangan penyakit yang disebabkan oleh jamur Oidium tingitanium pun kesannya bertingkat, mulai dari 80 g/l sampai dengan 100 g/l. Pertanyanya, mengapa langkah pengendaliannya mengalami peningkatan? apakah salah satu alasannya tergantung dari intensitas serangan atau tingkat kerusakan?
    Sekian dan terima kasih pak.

    ReplyDelete
  53. Jamur penyebab penyakit tepung merupakan parasit obligat sehingga tidak dapat dibiakan di laboratorium.
    Apa itu parasit obligat dan kenapa tidak dapat dibiakan di laboratorium

    ReplyDelete
  54. bagaimana cara mengatasi atau mencegah Penyakit tepung???

    ReplyDelete
  55. Apa yang terdapat pada parasit obligat sehinga tidak dapat di biakan di laboratorium,jika di labratorium tidak bisa apakah ada tempat lain yang bisa membiakan parasit ini?

    ReplyDelete
  56. apakah buah yang terkena penyakit ini masih bisa dikonsumsi atau dipangkas dan dibuang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakit tepung dapat mengunfeksi semua jenis Jeruk, tetapi kerentanan jenus jeruk berbeda- beda.
      Maksud kerentanan ini seperti apa

      Delete
  57. Apa yang di maksud dengan penyempotan dengan filtrat daun nimba? Dan gejala apa yang ditimbulkan dari penyemprotan di pekarangan saya jeruk nipis saya kena dan saya memangkas bagian yang terkena penyakit tersebut ?

    ReplyDelete
  58. informasi ini sangat bermanfaat, sedikit tambahan, Penyakit ini umum terjadi pada waktu musim pertunasan jeruk, ditandai dengan adanya lapisan tepung putih pada tunas, permukaan atas daun, dan permukaan buah muda. pada permukaan buah muda, apakah penyakit tepung jeruk berpengaruh pada daging buah?

    ReplyDelete
  59. Terimakasih untuk informasi yang diberikan. Pada penjelasan di atas bagian gejalah dan tanda penyakit, disampaikan bahwa lapisan tepung putih merupakan masa miselium jamur yang tumbuh dipermukaan. yang ingin saya tanyakan apa itu masa miselium jamur ? kemudian mengapa jenis jeruk yang paling sering menderita penyakit tepung adalah jeruk cina, jeruk cina tangerine da jeruk manis ? Terimakasih..

    ReplyDelete
  60. Infeksi terjadi oleh konidia yang berasal dari daun kering dan menyebar dengan bantuan angin. yang ingin saya tanyakan apa itu konidia?dan apakah penyakit ini berpengaruh pada rasa jeruk tersebut?
    terimakasih.

    ReplyDelete
  61. Pengendalian dilakukan DENGAN Pemeriksaan pertanaman Beroperasi rutin Dan memangkas Dan Membakar mengomel Yang bergejala tepung. yang ingin saya tanyakan mengapa tidak dilakukan tindakan Pencegahan MASUK, Pengendalian, Dan eradikasi?

    ReplyDelete
  62. Penyakit tepung jeruk ini mudah berkembang di lokasi pertanaman dengan suhu panas pada siang hari dan sejuk pada malam hari pada musim kemarau. Saya kurang mengerti pada bagian ini. Mohon diperjelas lagi suhu nya, dengan menggunakan angka dan satuan yang jelas ?

    ReplyDelete
  63. Informasi ini sangat berguna karena memperlengkap pengetahuan saya akan penyakit tepung jeruk. Menurut saya informasi ini harus lebih disebarluaskan di kalangan masyarakat karena penyakit ini sudah sering dijumpai. Pada bagian kisaran inang, jenis jeruk yang sering dijadikan inang oleh penyakit ini adalah jeruk cina, jeruk cina tangerine, dan jeruk manis. Pertanyaan saya, apakah ada kultivar dari jenis jeruk tersebut yang tahan terhadap penyakit ini? Agar produksi jeruk di NTT dapat terus berlangsung dengan kualitas yang memuaskan tanpa hambatan yang diciptakan oleh penyakit ini? Terima Kasih

    ReplyDelete
  64. Apakah pada buah jeruk yang kulitnya terkena tepung jeruk juga bepengaruh pada orang yang mengkonsumsi buah jeruk tersebut?

    ReplyDelete
  65. Informasinya sangat berguna untuk menambah pengetahuan saya.pada materi in dijelaskan bahwa penyakit ini ditemukan pada tanaman jeruk khususnya pada jeruk cina dan jeruk manis.pertanyaan saya apakah pada jenis jeruk lain tidak ditemukan penyakit tepung jeruk??

    ReplyDelete