Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Friday, October 7, 2016

Hama Jeruk: Lalat-Buah Selain Bactrocera

Selain lalat-buah bactrocera, terdapat setidak-tidaknya tiga lalat buah yang juga sangat merusak pada jeruk, yaitu lalat-buah caribia, lalat-buah mediterania, dan lalat buah-mexico. Ketiga jenis lalat buah ini dilaporkan bahkan lebih merusak daripada lalat buah bactrocera, tetapi ketiganya belum dilaporkan terdapat di Indonesia. Namun demikian, bukan berarti ketiga jenis lalat buah lainnya tersebut dapat diabaikan mengingat ketiganya merupakan jenis invasif. Di antara ketiga jenis lalat buah tersebut, lalat-buah mediterania dilaporkan sudah terdapat di negara tetangga Australia. Oleh karena itu, lalat-buah mediterania menjadi ancaman serius bukan hanya terhadap jeruk, tetapi terhadap budidaya buah-buahan di Indonesia.

Nama Umum
Nama umum dalam Bahasa Inggris lalat buah selain lalat buah bactrocera yang merusak jeruk adalah caribbean fruit fly, meditteranean fruit fly, dan mexican fruit fly, nama umumnya dalam Bahasa Indonesia adalah lalat-buah caribia, lalat-buah mediterania, dan lalat-buah mexico.

Nama Ilmiah Valid dan Klasifikasi
Nama ilmiah valid lalat-buah caribia adalah Anastrepha suspensa (Loew, 1862), lalat-buah mediterania adalah Ceratitis capitata (Wiedemann, 1824), dan lalat-buah mexico adalah Anastrepha ludens (Loew, 1873). Klasifikasi ketiga jenis lalat-buah tersebut adalah kerajaan: Animalia, filum: Arthropoda, kelas: Insecta, ordo: Diptera, dan famili: Tephritidae. Genus lalat-buah caribia dan lalat-buah mexico adalah Anastrepha dan spesies masing-masing adalah Anastrepha suspensa (Loew, 1862) dan Anastrepha ludens (Loew, 1873), sedangkan genus lalat-buah mediterania adalah Ceratitis dan spesiesnya adalah Ceratitis capitata (Wiedemann, 1824),

Nama Ilmiah Sinonim
Nama ilmiah sinonim ketiga lalat buah adalah sebagai berikut:
  • Anastrepha ludens (Loew, 1873): Anastrepha lathana Stone, 1942 dan Trypeta ludens Loew, 1873
  • Anastrepha suspensa (Loew, 1862): Anastrepha longimacula Greene, 1934; Anastrepha unipuncta Sein, 1933; dan Trypeta suspensa Loew, 1862.
  • Ceratitis capitata (Wiedemann, 1824): Ceratitis asparagi Bezzi, 1924; Ceratitis citripeda Efflatoun, 1924; Ceratitis citriperda Macleay, 1829; Ceratitis hispanica Breme, 1842; Pardalapsis asparagi Bezzi, 1924; Pardalaspis asparagi Bezzi, 1924; Tephritis capitata Wiedemann, 1824; dan Trypeta capitata (Wiedemann, 1824)

Deskripsi Ringkas
Lalat-buah caribia dewasa mempunyai panjang tubuh 6,5 mm, 0,5 sampai 2 kali ukuran lalat rumah, warna kuning-oranye sampai cokelat, dua sayap dengan penanda kuning-cokelat sampai cokelat, urat kedua (sub-kostal) melengkung 90o ke arah urat pertama (kostal) tetapi tidak bersentuhan pada titik di mana pada urat pertama putus kecil, ovipositor betina hampir sama panjang dengan abdomen, terdapat bercak hitam pada bagian punggung di antara dua ruas belakang dada; memupa dalam tanah, pupa oval memanjang, cokelat gelap, dalam kepompong keras (puparium); larva terdiri atas 3 instar, bentuk seperti umbi wortel, berwarna putih krim, panjang 9-13 mm; telur diletakkan tunggal di bawah permukaan kulit, hanya 1-2 butir telur diletakkan pada satu buah.

Lalat-buah mediterania dewasa berukuran panjang 3,5-5 mm, kekuningan bersemu cokelat, khususnya pada pada perut dan kaki-kaki, dada putih krim sampai kuning dengan bercak hitam meluas, kepala bagian bawah mempunyai rambut putih, mata ungu kemerahan, mempunyai duri halus pada segitiga oselar kepala, jantan mempunyai sepasang duri halus dengan ujung menyerupai spatula tepat berada pada tepi ke arah dalam dari kedua mata, sayap depan lebar dengan penanda hitam, cokelat, dan kuning kecokelatan, termasuk pita kuning kecokelatan memotong bagian tengah sayap; pupa silindris, cokelat kemerahan gelap, panjang 4-4,3 mm; larva terdiri atas 3 instar, instar terakhir berukuran 7-9 mm, putih, silindris dan ujung depan menyemput dan melengkung serta ujung belakang menumpul; telur halus dan putih berkilap, ramping dan melengkung, panjang 1 mm.

Lalat-buah mexico dewasa berukuran panjang 7-10 mm, lebih besar daripada lalat rumah, tubuh dan sawap berwarna kuning sampai cikelat, mata hijau, betina mempunyai penutup ovipositor berbentuk tabung yang relatif panjang dibandingkan dengan panjang tubuh, 3,35-4,7 mm, panjang sawap depan 6,6-9,0 mm; memupa dalam tanah, pupa berwarna kuning kecokelatan; larva terdiri atas 3 instar, berwarna putih atau menyerupai warna buah yang dimakan, berbentuk silindris dengan alat mulut menyerupai pengait, instar terakhir berukuran panjang 9-12 mm; telur berbentuk silindris yang menumpul pada salah satu ujung.

Lalat buah lain, A: Anastrepha ludens (Loew, 1873), B: Anastrepha suspensa (Loew, 1862), dan C: Ceratitis capitata (Wiedemann, 1824). Sumber: A dan B: Plant Health Australia, and C: BiodiversidadVirtual.org
Kemiripan dengan Hama Lain
Lalat-buah caribia dan lalat-buah mexico mempunyai banyak kesamaan sehingga mudah dikelirukan, lalat buah mediterania mirip dengan lalat jenis lain dalam genus Ceratitis.

Identifikasi
Untuk mengidentifikasi lalat-buah caribia, lalat-buah mediterania, dan lalat-buah mexico, terlebih dahulu perlu dilakukan penangkapan dengan menggunakan perangkap yang dilengkapi dengan umpan yang sesuai untuk setiap jenis lalat-buah yang bersangkutan. Tipe perangkap Lynfield, Steiner, Paton, dan Cone merupakan perangkap kering dengan umpan lalat jantan diletakkan dengan menggantungkan, di dalam perangkap, kapas yang sebelumnya telah dicelup ke dalam campuran umpan dengan insektisida. Tipe perangkap lainnya adalah perangkap McPhail yang merupakan perangkap basah dengan umpan berupa cairan yang berfungsi sekaligus menenggelamkan lalat dan perangkap Jackson yang merupakan perangkap rekat karena menggunakan umpan yang dicampur dengan bahan perekat. Perangkap kategori rekat efektif untuk mengendalikan lalat buah, tetapi tidak baik untuk mengumpulkan sampel untuk identifikasi. Perangkap lalat-buah kategori perangkap kering dapat dibuat dengan mudah dengan menggunakan botol air mineral ukuran sedang yang seperempat bagian ujungnya dipotong dan kemudian dipasang kembali secara terbalik setelah di dalam pangkal botol digantungkan umpan yang sesuai pada bagian sisi botol. Identifikasi lalat-buah secara morfologis dapat dilakukan dengan menggunakan kunci identifikasi daring Citrus Pests dan menggunakan buku panduan yang disediakan oleh Plant Health Australia. EEPO menyediakan protokol diagnosis untuk lalat-buah caribia, lalat-buah mediterania, dan lalat-buah mexico

Biologi dan Daur Hidup
Lalat-buah caribia betina meletakkan 1-2 butir telur di bawah permukaan kulit buah menjelang masak atau sudah masak, larva menetas dan masuk ke dalam buah, setelah melengkapi 3 instar, larva menjatuhkan diri dan memupa dalam tanah untuk kemudian muncul sebagai lalat-buah dewasa. Daur hidup lengkap dalam 1 bulan sehingga dalam setahun berkembang banyak generasi.

Lalat-buah mediterania betina meletakkan 2-10 butir telur di bawah permukaan kulit buah menjelang masak, sering di sekira luka pada kulit buah, beberapa betika dapat menggunakan luka yang sama, telur menetas dalam 1,5-3 hari pada cuaca hangat, larva masuk ke dalam buah dan hidup memakan buah selama 3-4 minggu, kemudian menjatuhkan diri untuk memupa dalam tanah, betina dewasa dapat hidup lebih dari 1 tahun dan menghasilkan 800 butir telur, perkembangan berlangsung terus menghasilkan banyak generasi per tahun.

Lalat-buah mexico betina meletakkan telur secara mengelompok di permukaan buah ketika buah mulai berubah warna, telur menetas dalam 6-12 hari, larva masuk ke dalam buah untuk makan buah selama 3-4 minggu, sebelum kemudian menjatuhkan diri untuk memupa di dalam tanah. Lalat-buah dewasa betina dapat hidup selama 11-16 bulan dan menghasilkan 1.500 butir telur, perkembangbiakan berlangsung terus-menerus menghasilkan 4-6 generasi per tahun.

Kisaran Tumbuhan Inang
Lalat-buah caribia terdiri atas 2 strain, strain Key West dan strain Puerto Rico. Strain Key West menyukai inang yang meliputi jambu biji (Psidium guajava), ceri suriname (Eugenia uniflora), dan lokuat (Eriobotrya japonica), sedangkan strain Puerto Rico menyukai inang yang terdiri atas jenis-jenis jeruk dan buah-buahan lain. Jenis-jenis jeruk yang disukai adalah kalamondin (Citrus mitis), jeruk cina (Citrus reticulata), jeruk gedang (Citrus paradisi), jeruk nipis (Citrus aurantifolia), jeruk silangan limekuat (Citrus aurantifolia x Fortunella japonica), jeruk nipis rangpur (Citrus limona), jeruk manis (Citrus sinensis), silangan tangelo (Citrus paradisi x Citrus reticulata0, dan silangan jeruk manis temple (Citrus sinensis x Citrus reticulata)., sedangkan jenis-jenis buah-buahan lain yang disukai mencakup sekitar 100 jenis. CABI Invasive Species Compendium memberikan daftar jenis-jenis inang lalat-buah caribia.

Kisaran inang lalat buah mediterania mencakup seluruh jenis jeruk dan silangannya, sirsak dan srikaya (Annona spp.), apel (Malus domesticus), aprikot (Prunus armeniaca), apokat (Persea americana), pisang (Musa spp.), belimbing (Averrhoa carambola), kopi (Coffea spp.), ara (Ficus spp.), jambu biji (Psidium guajava), kumkuat (Fortunella japonica), lokuat (Eriobotrya japonica), mangga (Mangifera indica), kemuning (Murraya paniculata), pepaya (Carica papaya), persik (Prunus spp.), pir (Pyrus communis), persimon (Diospyros spp.), stroberi (Fragaria spp.), dan ceri suriname (Eugenia uniflora). CABI Invasive Species Compendium memberikan daftar jenis-jenis inang lalat-buah mediterania.

Kisaran inang lalat-buah mexico mencakup seluruh jenis jeruk dan silangannya kecuali jeruk lemon (Citrus limon) dan jeruk nipis mexico (Citrus aurantifolia), sangat menyukai jeruk gedang (Citrus paradisi), inang lainnya antara lain sirsak dan srikaya (Annona spp.), apel (Malus domesticus), apokat (Persea americana), sapote (Diospyros texana), jambu biji (Psidium guajava), mamai (Pouteria sapota), mangga (Mangifera indica), persik (Prunus spp.), pir (Pyrus spp.), delima (Punica granatum), quince (Cydonia oblonga), jambu mawar (Syzygium aqueum), strawberry guava (Psidium littorale), dan sawo putih (Casimiroa edulis). CABI Invasive Species Compendium memberikan daftar jenis-jenis inang lalat-buah mexico.

Gejala Kerusakan
Larva lalat-buah caribia masuk ke dalam buah, merusak juring buah sehingga membusuk, dan keluar dengan meninggalkan lubang pada kulit buah. Larva lalat-buah mediterania dan lalat-buah mexico juga menimbulkan kerusakan yang sama, tetapi lalat-buah mediterania menyebabkan buah muda berkembang asimetris atau gugur, sedangkan buah tua menjadi mengalami busuk basah. Lalat-buah mediterania dan lalat-buah mexico meninggalkan lubang keluar yang besar. Selain merusakkan buah, larva lalat-buah mediterania juga dapat merusak pucuk, batang muda, dan ujung akar.

Penyebaran dan Distribusi Geografis
Ketiga jenis lalat-buah selain lalat-buah bactrocera ini menyebar secara aktif dengan cara terbang dan secara pasif dengan perantaraan angin, tanah, dan perdagangan buah. Secara aktif, ketiga jenis lalat buah ini dapat terbang dalam jarak berkisar 1-20 km, tetapi dapat lebih jauh bila didukung oleh tiupan angin. Di antara cara penyebaran ini, yang dapat menyebarkan dalam jarak sangat jauh adalah penyebaran dengan perantaraan tanah yang digunakan dalam pembibitan dan dengan perantaraan buah dalam perdagangan.

Distribusi geografik global ketiga jenis lalat-buah selain lalat-buah bactrocera ini terbatas pada belahan dunia tertentu dan sampai sejauh ini belum dilaporkan mencakup Indonesia. Peta sebaran geografik global ketiga jenis lalat-buah selain lalat-buah bactrocera ini, sebagaimana dapat diperoleg dari CABI Invasive Species Compendium, disajikan berikut ini.



Rekomendasi Pengendalian
Pengendalian ketiga jenis lalat-buah selain lalat-buah bactrocera ini dilakukan melalui tindakan pencegahan, pengendalian, dan pemusnahan (eradikasi). Mengingat ketiganya belum terdapat di Indonesia maka tindakan pencegahan melalui pemeriksaan karantina menjadi sangat penting. Selain itu juga perlu dikembangkan sistem dan mekanisme pelaksanaan deteksi cepat dan peringatan dini sehingga bila ditemukan di suatu tempat, dapat secepat mungkin dilakukan pemusnahan. Di negara-negara di mana ketiga jenis lalat buah ini sudah terdapat, dilakukan pengendalian dengan cara mekanik, kimia, genetik, hayati, dan budidaya sebagaimana diuraikan secara rinci dalam CABI Invasive Species untuk lalat-buah caribia, lalat-buah mediterania, dan lalat-buah mexico.

Catatan Penting
Ketiga jenis lalat-buah selain lalat-buah bactrocera ini merupakan jenis lalat buah yang sangat invasif, merusak bukan hanya pada jeruk, tetapi juga pada tanaman buah-buahan lainnya. Lalat-buah mediterania dilaporkan sudah terdapat di Australia dan Malaysia. Oleh karena itu, tindakan pencegahan melalui prosedur karantina yang ketat merupakan tindakan yang diperlukan untuk mencegah masuknya ketiga jenis lalat buah ini ke Indonesia.

44 comments:

  1. Tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya dalam menambah pengetahuan saya tentang jenis hama pada tanaman jeruk. Menurut tulisan diatas, larva lalat buah caribia masuk kedalam buah, merusak juring buah sehingga membusuk dan keluar dengan meninggalkan lubang pada kulit buah. Apakah selain merusakkan buah, larva lalat buah caribia juga dapat merusak pucuk, batang muda dan ujung akar seperti yang dilakukan oleh larva lalat buah mediterania?

    ReplyDelete
  2. Dalam penyebaran hama ini. Yang paling memberikan pengaruh pada penyebaran hama ini ialah secara aktif atau pasif ?

    ReplyDelete
  3. tulisan di atas sangat membantu saya dalam mengenal jenis-jenis hama lainnya selain Lalat Buah Bactrocera. Dalam penangkapan hama tersebut agar dapat dilakukan identifikasi yang salah satunya dengan menggunakan perangkap McPhail. Perangkap tersebut merupakan perangkap basah dengan umpan berupa cairan. cairan seperti apakah yang dimaksud dalam hal ini? Lalu, apa alasan sehigga perangkap kategori rekat tidak baik untuk mengumpulkan sampel untuk identifikasi?

    ReplyDelete
  4. informasi ini sangat bermanfaat
    bagaimana cara tindakan Pencegahan / karantina untuk mencegah masuknya Ketiga JENIS lalat buah Penyanyike Indonesia?

    ReplyDelete
  5. Informasi yang sangat bermanfaat.
    Dikatakan bahwa Lalat-buah caribia dan lalat-buah mexico mempunyai banyak kesamaan sehingga mudah dikelirukan. Yang ingin saya tanyakan dikelirukan dalam hal apa?

    ReplyDelete
  6. informai ini sangat berguna untuk saya
    sudah dijelaskan bahwa selain menyerang buah, larva lalat mediterania juga dapat merusak pucuk, batang muda dan ujung akar. yang ingin saya tanyakan apabila hama tersebut menyerang secara keseluruhan bagian tanaman secara bersamaan, tindakan apa yang akan dilakukan untuk memusnahkan hama tersebut? karena pada penjelasan rekomendasi pengendalian, jika terdapat hama tersebut di suatu tempat dapat dengan cepat dimusnahkan.

    ReplyDelete
  7. tulisan ini bermanfaat karena menambah pengetahuan saya tentang hama yang belum di temukan di Indonesia yaitu hama jeruk Lalat-Buah Selain Bactrocera. selain itu dapat memperoleh informasi dasar tentang hama jeruk ini.

    Pada uraian tentang hama jeruk berupa Lalat-Buah Selain Bactrocera di tulis bahwa "Perangkap kategori rekat efektif untuk mengendalikan lalat buah, tetapi tidak baik untuk mengumpulkan sampel untuk identifikasi".
    pertanyaannya adalah : mengapa perangkap kategori rekat tidak baik untuk mengumpulkan sampel ?

    di kampung saya ini pak,, lalat ini sering di jumpai akan tetapi bukan pada tanaman jeruk melainkan pada tanaman sawo. tetapi sejauh ini tidak ada sebutan lokal di daerah kami.

    ReplyDelete
  8. informasi baru yang saya dapatkan : Pengendalian ketiga jenis lalat-buah selain lalat-buah bactrocera ini dilakukan melalui tindakan pencegahan, pengendalian, dan pemusnahan (eradikasi).
    pertanyaan : bagaimana peran pemerintah dan masyarakat petani dalam pengendalian dengan cara memusnahkan, apakah dengan meningkatkan pemberian pestisida atau dengan cara membakar, mengingat kedua hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

    ReplyDelete
  9. informasi ini sangat berguna dan bermanfaat bagi saya khususnya dalam mengetahui jenis-jenis hama pada jeruk,dari penjelasan diatas dikatakan bahwa Selain merusakkan buah, larva lalat-buah mediterania juga dapat merusak pucuk, batang muda, dan ujung akar.Yang ingin saya tanyakan bagaimana proses penyerangan lalat buah mediterania terhadap pucuk,batang muda,dan ujung akar?

    ReplyDelete
  10. penyebaran hama ini melalui alat transportasi. yang ingin saya tanyakan sperti apa alat transportasi tersebut ?

    ReplyDelete
  11. Pengendalian pasca-panen: pencelupan buah dua kali, pertama selama 30 menit dalam air bersuhu 42oC dan kemudian selama 20 menit pada suhu 49oF.
    Yang ingin saya tanyakan apakah setelah pengendalian diatas buah tersebut bisa dimanfaatkan lagi? Mengapa?

    ReplyDelete
  12. dalam tulisan banyak jenis bactrocera terdapat jenis-jenis tersebut dan statusnya sebagai hama penting pada jeruk. yang saya tanyakan, hama apa saja yang belum tersedia di Indonesia ?

    ReplyDelete
  13. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya,yang ingin saya tanyakan dari semua jenis lalat buah bactrocera yang disebutkan jenis lalat buah apa saja yang sangat membahayakan buah jeruk?

    ReplyDelete
  14. Postingan ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk saya karena saya belum terlalu memahami semua hama yang ada khususnya pada tanaman jeruk.Apakah lalat buah Mexico berasal dari Mexico dan gejala yang di timbulkan seperti aPa? karena postingan yang dijabarkan kurang lengkap untuk lalat Mexico serta apa karantina yang dilakukan agar ke 3 jenis hama tersebut tidak masuk ke Indonesia?

    ReplyDelete
  15. Selain lalat buah bactrocera,terdapat setidaknya tiga lalat buah caribia,lalat buah mediteriana dan lalat buah mexico.
    Pertanyaannya dari ketiga lalat buah ini mana yang serangannya lebih parah dan sedikit penjelasannya?

    ReplyDelete
  16. Informasi ini sangat menarik bagi saya. Lalat buah caribia memiliki kemiripan dengan lalat buah mexico . Yang ingin saya tanyakan apakah tanaman jeruk yang diserang lalat buah 2 jenis tersebut memiliki gejala serangan yang sama ?

    ReplyDelete
  17. informasi yang saya dapatkan sangat bermanfaat salah satunya " gejala kerusakan pada tanaman jeruk yaitu Larva lalat-buah caribia masuk ke dalam buah, merusak juring buah sehingga membusuk, dan keluar dengan meninggalkan lubang pada kulit buah. Larva lalat-buah mediterania dan lalat-buah mexico juga menimbulkan kerusakan yang sama, tetapi lalat-buah mediterania menyebabkan buah muda berkembang asimetris atau gugur, sedangkan buah tua menjadi mengalami busuk basah" yang ingin saya tanyakan adalah apakah gejala kerusakan ini sama dengan gejala terhadap tanaman lainnya ?

    ReplyDelete
  18. Pada artikel ini dikatakan bahwa lalat buah caribia, lalat buah mediterania dan lalat buah mexico dilaoprkan lebih merusak dari lalat buah bactrocera. ketiganya belum terdapat diindonesia. namun ketiga lalat ini termasuk lalat jenis invasif. yang ingin saya tanyakan apa yang dimaksud dengan jenis lalat invasif?

    ReplyDelete
  19. apa tindakan pertama yang harus diambil jika memang jenis lalat ini sudah terlanjur menyebar di daerah indonesia ?

    ReplyDelete
  20. informasi ini sangat penting bagi saya.Di antara cara penyebaran ini, yang dapat menyebarkan dalam jarak sangat jauh adalah penyebaran dengan perantaraan tanah yang digunakan dalam pembibitan dan dengan perantaraan buah dalam perdagangan.yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara penyebaran dengan perantaraan tanah yang digunakan dalam pembibitan dan dengan perantaraan buah dalam perdagangan?

    ReplyDelete
  21. Informasi ini bermanfaat bagi saya untuk menambah wawasan mengenai jenis lalat yang menyerang tanaman jeruk.
    Ingin saya tanyakan apa yang di maksud dengan lalat jenis invasif??

    ReplyDelete
  22. Informasi yang sangat menambah wawasan saya. Yang ingin saya tanyakan, apakah pengendalian ketiga ini bisa dulakukan atau sangat efektis dengan menggunakan perangkap seperti yang disebutkan dalm identifikasi hama ini ?

    ReplyDelete
  23. Lalat-buah caribia dan lalat-buah mexico mempunyai banyak kesamaan sehingga mudah dikelirukan, lalat buah mediterania mirip dengan lalat jenis lain dalam genus Ceratitis. yang ingin saya tanyakan adalah hal apa saja yang dapat membedakan antara ketiga lalat tersebut ?

    ReplyDelete
  24. tindakan pencegahan melalui prosedur karantina yang ketat merupakan tindakan yang diperlukan untuk mencegah masuknya ketiga jenis lalat buah ini ke Indonesia
    pertanyaan saya : apakah dengan melakukan tindakan karantina terhadap suatu tanaman dapat menjamin bahwa tanaman tersebut bebas dari hama? dan misalkan pada saat karantina tanaman tersebut belum teridentifikasi hama namun seiring berjalannya waktu hama tersebut menyerang tanaman. apa tindakan yang haris dilakukan dalam menanggulangi penyebaran yang ada??
    mohon penjelasan bapak.

    ReplyDelete
  25. berapakah waktu yang dibutuhkan untuk hama lalat buah selain bactrocera dapat bertahan hidup ?

    ReplyDelete
  26. informasi ini sangat berguna untuk menanbah pengetahan saya mengenai hama yang menyerang tanaman jeruk.
    Yang saya ingin tanyakan terkait dengan hama tersebut diatas adalah kenapa jeruk sampe berulat? apakah lalat buah bactrocera yang membawa ulat itu? atau ulat itu ada dengan sendirinya?

    ReplyDelete
  27. Terima kasih banyak kepada penulis, karena yang di berikan menambah lebih banyak pengetahuan kami. Pertanyaan saya pada materi ini simple saja, kira-kira apakah ada efek samping bagi kita manusia ketika mengkonsumsi buah jeruk yang terserang oleh hama ini?

    ReplyDelete
  28. mengenai hama jeruk Lalat-Buah Bactrocera bermanfaat bagi saya dalam mengetahui rekomendasi pengendalian yang dapat dilakukan pada buah jeruk yang telah terserang hama ini. Yang ingin saya tanyakan apakah ada efek pada kualitas buah? dalam pengendalian pasca panen

    ReplyDelete
  29. Lalat caribia,mediterania,dan lalat buah mexico, tingkat kerusakannya lebih parah dibandingkan dengan lalat buah bactrocera.
    Yang ingin saya tanya seberapa besarkah kerusakannya yang dilakukan oleh ketiga ekor lalat diatas dibandingkan dengan lalat bactrocera? Dan bagaimanakah cara yang dilakukan di negara kita selama ini untuk mencegah masuknya ketiga ekor lalat diatas? Mohon jawaban bapak

    ReplyDelete
  30. Dari informasi diatas dapat memberikan saya manfaat bagi saya.
    yang ingin saya tanyakan jenis lalat ini sudah masuk di Indonesia langkah pertama apa yang dilakukan oleh Pemerintah?

    ReplyDelete
  31. Apa saja yang dilakukan dalam peringatan dini untuk menangani hama lalat buah ini?

    ReplyDelete
  32. Berkaitan dengan hama Lalat buah selain bactrocera,
    Dimana pada gejala kerusakan,selain merusak buah,larva lalat buah mediterania juga dapat merusak pucuk,batang muda,dan ujung akar.
    Yang ingin saya tanyakan, kerusakan seperti apa yang terjadi pada pucuk,batang muda dan ujung akar?? Serta jegala-gejala yang terjadi..

    ReplyDelete
  33. apa tindakan khusus yang dilakukan untuk menanggulangi hama ini terkhusus pada point pengendalian secara eradikasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lalat buah caribia dan lalat buah mexico mempunyai banyak kesamaan sehingga mudah di kelirukan pertanyaan saya..bagaimanakah cara membedakan antara lalat buah caribia dan lalat buah mexico sehingga kita tidak keliru

      Delete
  34. Lalat-buah caribia dan lalat-buah mexico mempunyai banyak kesamaan sehingga mudah dikelirukan, lalat buah mediterania mirip dengan lalat jenis lain dalam genus Ceratitis.
    yang ingin saya tanyakan,karena lalat ini dikatakan sama dengan lalat jenis lainya,namun mengapa hanya Lalat-buah caribia dan lalat-buah mexico yang menyerang jeruk saja,sedang kan lalat dapur,yang biasanya hinggap pada makan tidak dapat menyerang buah jeruk?trima kasih

    ReplyDelete
  35. Untuk mengidentifikasi lalat-buah caribia, lalat-buah mediterania, dan lalat-buah mexico, terlebih dahulu perlu dilakukan penangkapan dengan menggunakan perangkap yang dilengkapi dengan umpan yang sesuai untuk setiap jenis lalat-buah yang bersangkutan. Dari pernyataan di atas yang ingin saya tanya perangkap apa saja yang di gunakan untuk membedakan jenis lalat buah?

    ReplyDelete
  36. Dari materi ini saya dapat mengetahui bahwa Lalat-buah caribia dan lalat-buah mexico mempunyai banyak kesamaan sehingga mudah dikelirukan, lalat buah mediterania mirip dengan lalat jenis lain dalam genus Ceratitis. yang ingin saya tanyakan iyalah apakah lalat-buah caribia dan lalat-buah mexico memiliki ukuran yang lebih besar dari lalat rumah ?

    ReplyDelete
  37. apakah kita dapat liat langsung dengan mata telanjang cara perkembangbiakan lalat ini pada buah?

    ReplyDelete
  38. informasi baru yang saya dapatkan : Pengendalian ketiga jenis lalat-buah selain lalat-buah bactrocera ini dilakukan melalui tindakan pencegahan, pengendalian, dan pemusnahan (eradikasi).
    pertanyaan : bagaimana peran pemerintah dan masyarakat petani dalam pengendalian dengan cara memusnahkan, apakah dengan meningkatkan pemberian pestisida atau dengan cara membakar, mengingat kedua hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

    ReplyDelete
  39. informasi ini sangat berguna dan bermanfaat bagi saya khususnya dalam mengetahui jenis-jenis hama pada jeruk,dari penjelasan diatas dikatakan bahwa Selain merusakkan buah, larva lalat-buah mediterania juga dapat merusak pucuk, batang muda, dan ujung akar.Yang ingin saya tanyakan bagaimana proses penyerangan lalat buah mediterania terhadap pucuk,batang muda,dan ujung akar?

    ReplyDelete
  40. Informasi ini sangat menarik bagi saya. Lalat buah caribia memiliki kemiripan dengan lalat buah mexico . Yang ingin saya tanyakan apakah tanaman jeruk yang diserang lalat buah 2 jenis tersebut memiliki gejala serangan yang sama ?

    ReplyDelete
  41. apa saja jenis invasif yang menggangu tanaman jeruk?

    ReplyDelete
  42. Dari materi diatas
    Bagaimana proses penyebaran lalat buah bactrocera dengan perantara tanah yang digunakan dalam pembibitan?

    ReplyDelete
  43. Dari materi diatas
    Bagaimana proses penyebaran lalat buah bactrocera dengan perantara tanah yang digunakan dalam pembibitan?

    ReplyDelete