Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Saturday, October 8, 2016

Hama Jeruk: Kepik Bau

Kepik merupakan hama yang cukup merusak jeruk, menyerang terutama buah dan pucuk tanaman. Di antara berbagai jenis kepik, terdapat kepik yang bila tubuhnya disentuh mengeluarkan bau yang tidak sedap, itulah kepik bau. Terdapat banyak jenis kepik bau, dua jenis di antaranya merusak tanaman jeruk, yaitu kepik-bau cokelat-lurik dan kepik-bau-hijau selatan. Kedua jenis kepik ini cukup merusak jeruk, khususnya buah, menyebabkan juring buah jeruk menjadi kurang berair. Dari kedua jenis kepik ini, kepik-bau cokelat-lurik belum dilaporkan terdapat di Indonesia, sedangkan kepik-bau-hijau selatan terdapat. Tulisan ini memuat uraian singkat mengenai kedua jenis kepik ini.

Nama Umum
Nama umum kepik-bau cokelat-lurik dan kepik-bau-hijau selatan merupakan nama umum Bahasa Indonesia yang digunakan untuk merujuk kepada jenis kepik yang dalam Bahasa Inggris masing-masing disebut brown marmorated stink bug dan southern green stink bug.

Nama Ilmiah Valid dan Klasifikasi
Nama ilmiah untuk kepik-bau cokelat-lurik adalah Halyomorpha halys (Stål, 1855), sedangkan nama umum kepik-bau-hijau selatan adalah Nezara viridula (Linnaeus, 1758). Klasifikasi kedua jenis kepik ini adalah kerajaan: Metazoa, filum: Arthropoda, sub-filum: Uniramia, kelas: Insecta, ordo: Hemiptera, sub-ordo: Heteroptera, dan famili: Pentatomidae (famili kepik bau). Genus kepik-bau cokelat-lurik adalah Halyomorpha dan genus kepik-bau-hijau selatan adalah Nezara. Untuk lebih mengenal jenis-jenis kepik bau, silahkan kunjungi halaman Pentatomidae pada situs BugGuide.

Nama Ilmiah Sinonim
Nama ilmiah sinonim untuk Halyomorpha halys (Stål, 1855) adalah Halyomorpha brevis, Halyomorpha mista, Halyomorpha remota, dan Pentatoma halys Stål dan nama ilmiah sinonim untuk Nezara viridula (Linnaeus, 1758) adalah Cimex smaragdulus Fabricius, Cimex torquatus Fabricius, dan Cimex viridulus Linnaeus.

Deskripsi Ringkas
Kepik-bau cokelat-lurik mempunyai badan berbentuk perisai, panjang 12-17 mm, berbercak tidak beraturan berwarna cokelat pada perumaan atas dan permukaan bawah badan, mengeluarkan bau tidak sedap bila diganggu, terdapat pita cerah pada dua segmen terakhir antena yang kelihatan menyatu, sayap belakang yang terdapat di bawah sayap depan berbentuk perisai berwarna cokelat gelap. Ruas abdominal muncul ke luar dari tutupan sayap, berwarna berselang-seling cokelat dan cokelat cerah atau putih. Nimfa terdiri atas 5 instar, sayap belum berkembang penuh, isntar pertama berwarna oranye atau merah dan berkumpul di sekitar kelompok telur, instar kedua sering kali berwarna hitam, warna instar berikutnya menyerupai warna kepik dewasa. Telur berbentuk seperti tong, berdiameter 1 mm, berwarna putih atau hijau pucat, diletakkan saling bersebelahan pada permukaan bawah daun dalam kelompok 20-30 telur. Silahkan periksa deskripsi lengkap menurut CABI Invasive Species Compendium dan UF/IFAS

Kepik-bau cokelat-lurik, A: telur dan nimfa instar pertama, B: telur dan nimfa instar pertama dan kedua, C: nimfa instar kedua, D: nimfa instar ketiga, E: nimfa instar keempat, F: nimfa instar kelima, dan G: dewasa. Foto tidak merujuk kepada skala yang sama. Sumber A-C serta F dan G: UF/IFAS, D: MSU Extension, E: Rutgers NJAES. 
Kepik-bau-hijau selatan mempunyai badan berbentuk perisai, berwarna hijau merata, mata berwarna merah gelap atau hitam, panjang 14-19 mm, bila diganggu mengeluarkan bau tidak sedap dari glandula yang terletak pada bagian perut. Nimfa terdiri atas 5 instar, menyerupai kepik dewasa berbentuk perisai, instar pertama berkumpul di sekitar masa telur dan tidak makan, instar kedua mulai makan tetapi tetap mengelompok, instar keempat dan kelima menyendiri, kepala, dada, dan kaki hitam tampak mulai pada instar kedua, perut dan ruang antara ruas antena kedua, ketiga, dan keempat berwarna merah, bantalan sayap muncul pada instar kelima. Telur berbentuk silindris, berwarna kuning pucat sampai krim pada saat baru diletakkan, pink sampai oranye cerah sebelum menetas, diletakkan dalam kelompok rapat, direkarkan dengan semacam lem. CABI Invasive Species Compendium dan UF/IFAS


Kepik-bau-hijau selatan, A: telur, B-F: berturut-turut instar pertama sampai instar kelima, G: dewasa jantan dan betina sedang kawin. Foto tidak merujuk kepada skala yang sama. Sumber A-G: UF/IFAS.
Kemiripan dengan Hama Lain
Kepik-bau cokelat-lurik mirip dengan beberapa jenis kepik, silahkan bandingkan dengan kepik-bau cokelat Euschitus servus (Say, ), kepik-bau hijau Acrosternum hilare (Say, 1832), kepik-bau-predator florida Euthyrhynchus floridanus (Linnaeus, ), kepik kaki-daun Leptoglossus spp. (periksa tulisan mengenai kepik-bau kaki-daun), dan kepik-mapple amerika Boisea spp., a.l. Boisea trivittata (Say, 1825). Periksa kemiripan kepik-bau cokelat-lurik dengan jenis-jenis kepik lainnya pada CABI Invasive Species Compendium. Kepik-bau-hijau selatan mirip dengan jenis kepik lain, antara lain dengan kepik-bau hijau Acrosternum hilare (Say, 1832) dan kepik-jeruk berduri Biprorulus bibax Breddin, 1900, silahkan bandingkan dengan kepik-bau-hijau selatan Nezara viridula (Linnaeus, 1758). Periksa kemiripan kepik-bau-hijau selatan dengan jenis-jenis kepik lainnya pada CABI Invasive Species Compendium.

Deteksi dan Identifikasi
Pengambilan sampel untuk melakukan deteksi di lapangan dilakukan dengan menggunakan jaring ayun. Khusus untuk kepik-bau cokelat-lurik, pengambilan sampel untuk deteksi di lapangan dapat dilakukan dengan menggunakan perangkap menggunakan umpan methyl (2E,4E,6Z)-decatrienoate untuk memrangkap kepik dewasa pada akhir musim, atau umpan (3S,6S,7R,10S)-10,11-epoxy-1-bisabolen-3-ol dan (3R,6S,7R,10S)-10,11-epoxy-1-bisabolen-3-ol secara sendiri-sendiri atau dikombinasikan dengan methyl (2E,4E,6Z)-decatrienoate untuk memerangkap dewasa sepanjang musim. Bila tidak terdapat tanaman jeruk yang sedang berbuah, lakukan pengambilan sampel pada tanaman inang lain yang sedang dalam fase berbuah. Identifikasi kepik-bau cokelat-lurik Halyomorpha halys (Stål, 1855) dan kepik-bau-hijau selatan Nezara viridula (Linnaeus, 1758) secara morfologis dapat dilakukan dengan menggunakan layanan identifikasi dalam jaringan Citrus Pests.

Biologi dan Daur Hidup
Kepik-bau cokelat-lurik di belahan bumi Utara muncul pada saat musim semi, betina meletakkan kelompok telur pada permukaan bawah daun, dapat menghasilkan sebanyak 400 telur selama hidupnya, nimfa mulai makan pada instar kedua, mulai secara mengelompok kemudian sendiri-sendiri, di kawasan beriklim dingin terdapat hanya satu generasi dalam setahun, lebih banyak generasi di kawasan beriklim lebih hangat. Biologi dan daur hidup lebih rinci dapat diperoleh dari CABI Invasive Species Compendium dan UF/IFAS.

Kepik-bau-hijau selatan di kawasan beriklim sedang pada musim semi, kepik dewasa berhenti makan pada musim kawin, telur diletakkan dalam kelompok pada permukaan bawah daun atau struktur perbuahan, waktu yang diperlukan dari telur sampai dewasa adalah 35-57 hari, bergantung pada suhu, kepik dewasa biasa berganti-ganti tumbuhan inang. Biologi dan daur hidup lebih rinci dapat diperoleh dari CABI Invasive Species Compendium dan UF/IFAS.

Kisaran Tumbuhan Inang
Kepik-bau cokelat-lurik menyerang dan merusak semua jenis jeruk. Tumbuhan inang lainnya mencakup lebih dari 300 jenis, baik tanaman maupun gulma. Daftar jenis-jenis tumbuhan inang secara lengkap dapat diperoleh dari CABI Invasive Species Compendium dan EPPO Global Database.

Kepik-bau-hijau selatan menyerang semua jenis jeruk, tetapi paling merusak pada jeruk cina, Citrus reticulata (termasuk kultivar tangerine). Tumbuhan inang lainnya mencakup 52 jenis, baik tanaman maupun gulma. Daftar jenis-jenis tumbuhan inang secara lengkap dapat diperoleh dari CABI Invasive Species Compendium.

Gejala Kerusakan
Serangan pada daun dan buah menyebabkan daun kehilangan warna di sekitar titik cucuk. Serangan pada buah muda menyebabkan buah gugur, serangan pada buah lebih tua menyebabkan buah mengalami perubahan bentuk, mengeras, dan daging buah mengeras.

Penyebaran dan Distribusi Geografis
Kedua jenis kepik ini menyebar dalam jarak dekat dengan cara merayap ketika masih dalam fase nimfa atau merayap dan terbang ketika sudah mencapai fase dewasa. Kepik menyebar dalam jarak jauh dengan perantaraan bahan tanam dan perdagangan buah, khususnya sebagai telur.

Kepik-bau cokelat-lurik berasal dari Tiongkok dan sekitarnya dan distribusi geografiknya sampai saat ini terbatas di belahan bumi Utara, mencakup Asia, Eropa, dan Amerika. Kepik-bau cokelat-lurik belum pernah dilaporkan terdapat di Indonesia. Sebaliknya, kepik-bau-hijau selatan mempunyai sebaran geografik global. EPPO Global Database memberikan peta distribusi geografik kepik-bau cokelat-lurik, berikut ini adalah peta distribusi geografik kedua jenis kepik menurut CABI Invasive Species Compendium.


Rekomendasi Pengendalian
Tindakan perlindungan tanaman dari kepik-bau cokelat-lurik di negara-negara di mana kepik tersebut belum terdapat perlu dilakukan dengan prosedur karantina yang ketat, sedangkan di negara-negara di mana kepik tersebut telah terdapat dilakukan pengendalian dengan pendekatan PHT. Perlindungan tanaman dari kepik-bau-hijau selatan dilakukan dengan pendekatan yang sama, tetapi karena kepik tersebut telah terdapat hampir di seluruh dunia maka perlu difokuskan pada pengendalian dengan pendekatan PHT. Dengan menggunakan pendekatan PHT, pengendalian difokuskan pada pengendalian secara budidaya dan pengendalian secara hayati. Pengendalian secara budidaya dilakukan dengan tidak menanam jenis-jenis tanaman inang kedua jenis kepik bau bersama dengan tanaman jeruk atau menanam jenis-jenis tanaman inang yang lebih disukai sebagai tanaman perangkap. Bila terpaksa harus menanam jenis-jenis tanaman inang, sebaiknya dilakukan pergiliran tanaman. Kedua jenis kepik bau ini dilaporkan mempunyai banyak musuh alami, tetapi pada umumnya kurang mampu memberikan pengendalian secara memadai. Pengendalian hayati untuk kepik-bau cokelat-lurik belum pernah dilakukan, sedangkan untuk kepik-bauk-hijau selatan dilakukan dengan menggunakan parasit telur Trissolcus basalis, Telenomus podisi, Ooencyrtus johnsoni, Ooencyrtus californicus, Trissolcus brochymenae, and Trissolcus urichi, dengan hasil yang tidak konsisten, dibandingkan dengan musuh alami lokal, khususnya dari golongan predator. Untuk pengendalian secara kimiawi dengan menggunakan insektisida, silahkan periksa Florida Citrus Pest Management Guide dari UF/IFAS EDIS untuk pengendalian kepik-bau cokelat-lurik dan kepik-bau-hijau selatan.

Catatan Penting
Kedua jenis kepik ini merupakan kepik yang cukup merusak, tetapi yang merusak jeruk di Indonesia adalah Nezara viridula yang mempunyai kisaran inang yang sangat luas, mencakup berbagai jenis tanaman yang sering dibudidayakan secara tumpang sari dengan tanaman jeruk.

64 comments:

  1. Informasi dalam postingan in bermanfaat bagi saya karena dapat menambah pengetahuan saya tentang hama kepik bau.
    Pada penjelasan diatas dikatakan bahwa hama kepik bau ketika dipencet akan mengeluarkan bau, pertanyaannya apakah bau yang dikeluarkan oleh hama ini mempunyai efek pada rasa buah yang nanti dihasilkan?
    Hama kepik daun banyak dijumpai di Kabupaten belu, namun hama ini lebih banyak dijumpai pada tanaman nangka dan mangga. seacara pribadi saya belum pernah menjumpai hama ini pada tanaman jeruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bau yang dikeluarkan hama ini tidak berpengaruh terhadap rasa buah jeruk.

      Delete
  2. Tulisan tentang hama jeruk Kepik Bau sangat bermanfaat untuk memberikan informasi kepada saya. Serangan dari kepik bau cukup merusak tanaman jeruk khususnya pada buah dan pucuk tanaman. Serangan pada buah yaitu dapat menyebabkan juring buah jeruk menjadi kurang berair. Yang ingin saya tanyakan kepik bau merusak tanaman jeruk dengan cara seperti apa? Apakah mengisap cairan tumbuhan jeruk, memakan salah satu bagian tanaman, menggigit, mengerat?
    Pada tulisan diatas juga dikatakan jenis kepik bau coklat lurik belum terdapat diindonesia. Namun, saya pernah melihat salah satu serangga yang mirip sekali dengan kepik bau coklat lurik pada pohon kayu putih, hanya saja saya belum dapat memastikan apakah serangga yang saya temui itu merupakan hama jeruk kepik bau coklat lurik atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepik bau merusak dengan cara mencucuk menggunakan sungutnya.

      Delete
  3. Informasi ini menambah pengetahuan saya karena saya sendiri juga baru tahu bahwa ternyata hama ini khususnya kepik bau cokelat lurik bukan hanya menyerang tanaman tetapi juga gulma. Apakah ini berarti hama ini bertindak sebagai musuh alami? Selain itu juga mengapa jeruk cina sangat berpotensi untuk diserang oleh kepik bau hijau atau yang paling gampang mengalami kerusakan oleh hama ini dibandingkan dengan 52 jenis tumbuhan inang lainnya ?

    ReplyDelete
  4. Informasi baru dapat saya peroleh setelah membaca tulisan ini yang mana hama kepik bau tidak hanya menyerang tanaman tetapi juga ternyata menyerang gulma.
    Pada tanaman jeruk gejala kerusakan yang terjadi yaitu daun dan buah kehilangan warna di sekitar titik cucuk. Bagaimanakah model serangan dari hama sehingga menimbulkan gejala kerusakan seperti itu?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. informasi ini menambah wawasan saya
    Mengapa Kepik-bau cokelat-lurik mengeluarkan bau tidak sedap bila diganggu ?

    ReplyDelete
  7. pengendalian dengan pendekatan PHT. Yang ingin saya tanyakan pendekatan PHT seperti apa yang digunakan dalam pengendaliannya?

    ReplyDelete
  8. informasi ini sangat bermanfaat untuk saya.
    pada penjelasan kisaran tumbuhan sudah dijelaskan bahwa jenis hama ini dapat merusak semua jenis jeruk tetapi paling merusak pada jeruk cina. pertanyaan saya mengapa dari sekian banyak jenis jeruk yang diserang hama ini, hanya jeruk cina saja yang tingkat kerusakannya lebih tinggi?

    ReplyDelete
  9. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya khususnya untuk mengetahui jenis hama yang merusak semua jenis jeruk,dari penjelasan diatas hama ini dapat menyebabkan buah gugur dan buah mengalami perubahan bentuk.yang ingin saya tanyakan serangan seperti apa yang dilakukan kepik bau pada tanaman yang diserangnya yang menyebabkan buah gugur dan buah mengalami perubahan bentuk?

    ReplyDelete
  10. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya.
    Yang ingin saya tanyakan apakah peran musuh alami dari kepik bau tidak memiliki dampak terhadap pengendalian kepik daun ini ? Mohon penjelasan Pak.

    ReplyDelete
  11. tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya karena saya dapat mengetahui bahwa hama jenis kepik bau ini akan berdampak pada jeruk dengan gejala yang ditimbulkan berupa perubahan bentuk buahnya, daging buahnya mengeras. karena berdasarkan pengalaman,, saya sempat mengonsumsi buah jeruk yang demikian,, tetapi saya tidak pernah tahu bahwa gejala ini berkaitannya juga dengan dampak dari hama kepik bau.

    gejala yang ditimbulkan pada buah jeruk yaitu Serangan pada buah muda menyebabkan buah gugur, serangan pada buah lebih tua menyebabkan buah mengalami perubahan bentuk, mengeras, dan daging buah mengeras. Apakah dengan daging buah yang mengeras ini,, rasa pada buah jeruk juga berpengaruh ?

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Informasi mengenai hama kepik-bau sangat nembantu dalam menambah wawasan saya karena pada daerah saya di semau sering di jumpai banyak hama tersebut.
    yang ingin saya tanyakan ialah pada kepik bau hijau selatan dilakukan pengendalian dengan menggunakan parasit telur.maksud dilakukan dengan parasit telur itu bagaimana ?

    ReplyDelete
  14. Posting mengenai kepik bau ini bermnfaat bagi saya, karena saya dapat mengetahui hama ini ternyata memiliki beragam jenis dengan warna yang unik.
    Pertayaan saya tentang serangan dari kepik bau, apabila kepik bau, menyerang tanaman pada khusunya merusak, apakah kepik bau yang menyerang tanaman megakibatkan tanaman menjadi bau juga ? karena jika kita yang memegang kepik bau maka tangan kita akan bau, zat apa yang di gunakan dari hama kepik bau untuk menyerang tanaman.
    Sedikit informasi, di Desa saya Amarasi, saya melihat jenis kepik bau yang berwarna coklat dan baunya yang mengenai tangan saya membutuhkan setenga jam barulah baunya hilang, meskipun di cuci tangan saya.

    ReplyDelete
  15. informasi ini bermanfaat bagi saya. bagaiamana cara melihat agar bisa mengetahui kapan musim kawin kepik bau terjadi ?

    ReplyDelete
  16. Mengapa pada saat musim kawin kepik dewasa berhenti makan dan apa yang terjadi apabila kepik dewasa makan pada saat kawin ?

    ReplyDelete
  17. Informasi ini menambah pengetahuan saya dan dapat bermanfaat di masa yang akan datang.yang ingin saya tanyakan apabila kepik bau mengeluarkan bau apakah berbahaya bagi makluk di sekitarnya?.kalau berbahaya seperti apa gejalanya
    di kampung saya Alor saya pernah melihat hama serupa tetapi saya tidak tau apakah dia adalah kepik bau hijau atau tidak..

    ReplyDelete
  18. apa perbedaan dan kesamaan kepik-bau cokelat-lurik dan kepik-bau-hijau selatan ?

    ReplyDelete
  19. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya karena sebelumnya saya pernah melihat kepik-bau-hijau namun tidak mengenali jenis hama ini.
    Pengendalian secara budidaya dilakukan dengan menanam jenis-jenis tanaman inang yang lebih disukai sebagai tanaman perangkap. Jenis-jenis tanaman inang apakah yang dapat digunakan sebagai tanaman perangkap?

    ReplyDelete
  20. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya.
    Kepik merupakan hama yang cukup merusak jeruk,menyerang terutama buah dan pucuk tanaman .Pertanyannya adalah Mengapa hama ini menyerang pada buah dan pucuk tanaman?

    ReplyDelete
  21. Informasi ini sangat berguna bagi saya. Yang ingin saya tanyakan apakah tanaman jeruk yang diserang kepik bau buahnya masih bisa dikonsumsi ?

    ReplyDelete
  22. Informasi ini bermanfaat bagi saya tentang hama kepik yang menyerang tanaman jeruk. Tetapi saat saya membaca tentang hama pada tanaman kakao, di situ di jelaskan bahwa kepik coklat,hijau dan lainnya berperan sebagai musuh alami dengan memakan ulat. Mengapa di kakao dia berperan sebagai musuh alami,sedangkan di jeruk dia berperan sebagai hama??

    ReplyDelete
  23. Materi diatas menjelaskan bahwa ada banyak sekali macam-macam kepik bau, pertanyaan saya apakah dari beberapa macam jenis kepik semuanya menimbulkan gejala yang sama pada jeruk?

    ReplyDelete
  24. informasi yang sangat menarik untuk saya.
    mengapa pengendalian hayati pada kepik bau ini tidak pernah dilakukan ?
    apakah jika dilakukan akan menimbulkan akibat yang kurang baik untuk lingkungan atau seperti apa ?

    ReplyDelete
  25. Maria Valentina Bagho WeaNovember 21, 2016 at 3:53 PM

    Tulisan ini sangat bermanfaat untuk saya.
    Kepik bau hijau selatan menyerang semua jenis jeruk,tetapi paling merusak pada jeruk cina,citrus reticulata. Yang ingin saya tanyakan pada hama kepik bau coklat menyerang pada tanaman jeruk apa saja?

    ReplyDelete
  26. informasi ini sangat penting bagi saya.di kawasan beriklim dingin terdapat hanya satu generasi dalam setahun, lebih banyak generasi di kawasan beriklim lebih hangat. yang ingin saya tanyakan adalah mengapa di kwasan iklim dingin hanya terdapat satu generasi dalam setahun?

    ReplyDelete
  27. Genus kepik-bau cokelat-lurik adalah Halyomorpha dan genus kepik-bau-hijau selatan adalah Nezara.
    Apa itu Halymorpha dan Nazara?

    ReplyDelete
  28. informasi ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya.
    telah dijelaskan bahwa Di antara berbagai jenis kepik, terdapat kepik yang bila tubuhnya disentuh mengeluarkan bau yang tidak sedap, itulah kepik bau. yang ingin saya tanyakan apakah bau yang dikeluarkan hama ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang dihinggapinya?

    ReplyDelete
  29. Tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya karena dapat menambah pengetahuan saya tentang jenis hama pada jeruk yaitu Kepik Bau. Yang ingin saya tanyakan adalah mengapa Kepik-bau cokelat-lurik di kawasan beriklim dingin hanya dapat menghasilkan satu generasi dalam setahun?

    ReplyDelete
  30. Informasi yan sangat bermanfaat.. yang ingin saya tanyakan,mengapa kepik bau hijau selatan dewasa berhenti makan pada saat musim kawin?"

    ReplyDelete
  31. Kepik merupakan hama yang cukup merusak jeruk, menyerang terutama buah dan pucuk tanaman. Di antara berbagai jenis kepik, terdapat kepik yang bila tubuhnya disentuh mengeluarkan bau yang tidak sedap, itulah kepik bau. yang ingin saya tanyakan adalah zat apakah yang terdapat pada hama kepik bau sehingga dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap ?

    ReplyDelete
  32. Dalam informasi diatas hama jeruk kepik bau merupakan hama yang cukup merusak jeruk .Yang ingin saya tanyakan dalam gejala kerusakan mengapa serangan pada buah lebih tua mengalami daging buah mengeras?

    ReplyDelete
  33. Apakah kepik bau juga merusak bagian tanaman lain selain menyerang pada buah dan pucuk tanaman jeruk ?

    ReplyDelete
  34. Infomasi ini berguna bagi saya, karna saya dapat mengetahui cara pengendalia hama ini. Yang ingin saya tanyakan adalah:Apa sajakah musuh alami dari hama ini? Dan mengapa pencegahan dengan menggunakan musuh alaminya kurang efektif?

    ReplyDelete
  35. Setelah membaca tulisan di atas, saya mengetahui lebih banyak hal lagi mengenai salah satu hame jeruk yang sebelumnya juga pernah saya lihat. Faktor apa yang menyebabkan penyerangan Hama Jeruk Kepik Bau buah menjadi mengeras?

    ReplyDelete
  36. mengapa Pengendalian hayati untuk kepik-bau cokelat-lurik belum pernah dilakukan.? Kebijakan apa yang akan diambil pemerintah sampai saat ini untuk megendalikan?

    ReplyDelete
  37. pada hama kepik bau,selain pengelolaan secara hayati dan budidaya,apakah ada pengelolaan secara kimiawi.?

    ReplyDelete
  38. terima kasih banyak saya sampaikan kepada penulis karerana materi yang diberikan begitu banyak berarti bagi pembelajaran kami. Tidak jauh dari penanya-penanya sebelumnya, yang ingin saya tanyakan mengapa Pengendalian hayati untuk kepik-bau cokelat-lurik belum pernah dilakukan?

    ReplyDelete
  39. Bagiamana dikatakan sangat merusak jika yang didapati di indonesia adalah Nezara viridula ? apakah hama ini terpengaruh oleh jenis dan keadaan iklim yang ada di indonesia ?

    ReplyDelete
  40. Pertanyaan saya adalah Serangan pada daun dan buah menyebabkan daun kehilangan warna di sekitar titik cucuk. Bagaimana cara kumbang ini dapat mnyerang tanaman jeruk jika dalam pengembangannya kumbang ini dpat bertahan pada pengendalian PHT?

    ReplyDelete
  41. saya ingin bertanya, apa metode paling tepat untuk mengurangi hama ini agar tidak lagi menyerang tanman jeruk khususnya buah muda pada jeruk?

    ReplyDelete
  42. Informasi diatas sangat bermanfaat buat saya.Yang ingin saya tanyakan apakah hama jeruk kepik busuk ini sama dengan kepik kaki daun?

    ReplyDelete
  43. Apakah hama ini yang menyerang tanaman jeruk juga menyerang daerah batang pada tanman jeruk?

    ReplyDelete
  44. Adakah dampak jika jeruk yang sudah diserang oleh hama ini dikonsumsi?

    ReplyDelete
  45. Hama kepik bau jika disentuh akan mengeluarkan bau yang busuk. Bau busuk itu apakah dapat mempengaruhi tigkat kerusakan pada tanaman jeruk maksudnya intensitas serangan hama ini akan lebih berbahaya ?

    ReplyDelete
  46. Pada hama kepik bau, bagaimanakah prosedur karantina ketat bagi negara-negara yang mana belum terdapat kepik bau cokelat lurik??

    ReplyDelete
  47. Terdapat banyak jenis kepik bau, dua jenis di antaranya merusak tanaman jeruk, yaitu kepik-bau cokelat-lurik dan kepik-bau-hijau selatan. Apakah pada saat tanaman jeruk diserang oleh hama jeruk ini ada peluang untuk hama lain masuk dan ikut menyerang sehingga bisa merusak tanaman dengan cepat ?.

    ReplyDelete
  48. informasi yang bermanfaat, yang ingin saya tanyakan apakah bau yang ditimbulkan oleh hama ini dapat mempengaruhi atau merusak bagian lain dari tanaman jeruk?

    ReplyDelete
  49. Antara kepik bau cokelat dan kepik bau hijau selatan manakah yg pling berbahaya bagi tanamn jeruk serta gejala serangannya yg pling parah.

    ReplyDelete
  50. Dengan informasi mengenai jenis hama ini tentu semakin menambah pengetahuan saya mengenai jeruk secara lebih luas seluas tanaman inang jeruk yang menjadi inang hama kepik bau hijau selatan maupun kepik bau coklat lurik.
    Dalam upaya penanganan nya dapat dilakukan dengan sistem PHT dan salah satunya musuh alami akan tetapi masih kurang memadai dalam hasil pengendaliannya. Selanjutnya dikatakan bahwa dapat menggunakan tanaman perangkap. Yang ingin saya tanyakan seberapa besar tingkat keberhasilan upaya pengendalian dengan menggunakan tanaman perangkap tersebut? Dan berapa besar nilai ekonomi kerusakan yang ditimbulkan oleh jenis hama ini?

    ReplyDelete
  51. pengendalian dengan pendekatan PHT. Yang ingin saya tanyakan pendekatan PHT seperti apa yang digunakan dalam pengendaliannya?

    ReplyDelete
  52. Trimakasih untuk materi yang sudah bapak berikan. Pada penjelasan tentang rekomendasi pengendalian secara pendekatan PHT lebih difokuskan pada penegendalian secara budidaya dan pengendalian secara hayati. Yang ingin saya tanyakan bagaimana melakukan pengendalian secara hayati dan diatara kedua cara pengendalian tersebut manakah yang lebih efisien dalam mengurangi penyerangan hama Kepik Bau ?

    ReplyDelete
  53. Kedua jenis kepik ini cukup merusak jeruk, khususnya buah, menyebabkan juring buah jeruk menjadi kurang berair. Dari pernyataan diatas yang ingin saya tanyakan mengapa kutu kepik bau membuat buah kekurangngan air?

    ReplyDelete
  54. Kepik menyebar dalam jarak jauh dengan perantaraan bahan tanam dan perdagangan buah, khususnya sebagai telur. dari pernyataan tersebut bagaimana penyebarannya?sedangkan yang saya ketahui pada saat perdagangan buah,buah-buah tersebut sebelum dipasarkan dan dibudidayakan kedaerah lain sudah melalui proses karantina.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  55. Dari informasi ini kita dapat mengetahui bahwa Kepik merupakan hama yang cukup merusak jeruk, menyerang terutama buah dan pucuk tanaman.Dari peryataan ini yang ingin saya tanyakan adalah mengapa kepik bau hanya menyerang buah dan pujuk tanaman saja sedang batangnya tidak? Terima Kasih

    ReplyDelete
  56. Kepik merupakan hama yang cukup merusak jeruk, menyerang terutama buah dan pucuk tanaman. Di antara berbagai jenis kepik, terdapat kepik yang bila tubuhnya disentuh mengeluarkan bau yang tidak sedap, itulah kepik bau. Terdapat banyak jenis kepik bau, dua jenis di antaranya merusak tanaman jeruk, yaitu kepik-bau cokelat-lurik dan kepik-bau-hijau selatan. Kedua jenis kepik ini cukup merusak jeruk, khususnya buah, menyebabkan juring buah jeruk menjadi kurang berair. Dari kedua jenis kepik ini, kepik-bau cokelat-lurik belum dilaporkan terdapat di Indonesia, sedangkan kepik-bau-hijau selatan terdapat. Tulisan ini memuat uraian singkat mengenai kedua jenis kepik ini.apakah hama ini meyerang atau menggangu tanaman 1kali 24 jam?ataukah pada waktu tertentu hama ini tidak melakukan aktifitas?

    ReplyDelete
  57. informasi ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya.
    telah dijelaskan bahwa Di antara berbagai jenis kepik, terdapat kepik yang bila tubuhnya disentuh mengeluarkan bau yang tidak sedap, itulah kepik bau. yang ingin saya tanyakan apakah bau yang dikeluarkan hama ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang dihinggapinya?

    ReplyDelete
  58. Terima kasih atas iformasi yang diberikan. Gejala kerusakan yang ditimbulkan oleh kepik bau ialah serangan pada daun dan buah menyebabkan daun kehilangan warna di sekitar titik cucuk. Serangan pada buah muda menyebabkan buah gugur, serangan pada buah lebih tua menyebabkan buah mengalami perubahan bentuk, mengeras, dan daging buah mengeras. Pertanyaan saya, Berapa lama setelah kepik bau menyerang barulah gejala kerusakan ini muncul? Terima kasih

    ReplyDelete
  59. Pada rekomendasi pengendalian dijelaskan bahawa kedua jenis kepik bau ini mempunyai banyak musuh alami.Yang ingin saya tanayakan adalah jenis musuh alami apa yang biasa mengendalikan hama tersebut sehingga sudah diketahui kalau musuh alami tersebut tidak bisa memberikan hasil yang memadai?

    ReplyDelete
  60. Terima kasih atas informasinya karena sangat membantu saya untuk mengetahui lebih lanjut tentang hama kepik bau .Diatas dijelaskan bahwa pengambilan sampel untuk melakukan deteksi dilapangang dilakukan dengan menggunakan jaring ayun.yang menjadi pertanyaan saya adalah apa yang dimaksudkan denga jaring ayun tersebut..

    ReplyDelete
  61. Dari materi diatas yang ingin saya tanyakan,Bagaimana dengan buah jeruk yang buahnya besar dan kurang berair,Apakah tanaman buah tersebut teridentifikasi oleh adanya hama kepik tersebut?jelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    ReplyDelete
  62. Dari materi diatas yang ingin saya tanyakan,Bagaimana dengan buah jeruk yang buahnya besar dan kurang berair,Apakah tanaman buah tersebut teridentifikasi oleh adanya hama kepik tersebut?jelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    ReplyDelete