Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Monday, August 15, 2016

Jenis Jeruk: Jenis-jenis Jeruk Batang Bawah

Jeruk dibudidayakan pada umumnya tidak secara generatif dengan menggunakan biji, melainkan secara vegetatif, terutama dengan cara okulasi. Untuk melakukan okulasi diperlukan jenis-jenis jeruk dengan persyaratan tertentu, khususnya untuk memungkinkan jeruk dapat tumbuh pada kondisi iklim dan tanah yang lebih luas dan dan tahan terhadap hama dan penyakit. Terdapat sejumlah jenis jeruk yang sesuai untuk digunakan sebagai batang bawah yang masing-masing perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam kaitan dengan kondisi tanah dan iklim setempat serta jenis hama dan penyakit yang dihadapi.

Nama Umum
Nama umum jenis-jenis jeruk yang lazim digunakan sebagai batang bawah adalah sebagai berikut:

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah untuk jenis-jenis jeruk batang bawah adalah sebagai berikut:
  • Jeruk trifoliat (Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009).)
  • Jeruk masam (Citrus x aurantium L. 'Sour Orange Group' sensu Mabberley.)
  • Jeruk cina 'Cleopatra' (Citrus reticulata Blanco (sensu Mabberley 2004))
  • Jeruk purut 'Alemow' (Citrus hystrix DC. (sensu Bayer et al. 2009))
  • Jeruk sitrun 'RL' (Rough Lemon) (Citrus x jambhiri Lush, pro sp. (sensu Mabberley 1997))
  • Jeruk sitrun 'Volkamer' (silangan jeruk sukade dan jeruk masam)
  • Jeruk nipis 'Rangpur' (Citrus x limon (L.) Osbeck, pro sp. (sec. Mabberley 2004 [expressing uncertainty]))
  • Jeruk nipis 'Palestina' (Palestine sweet lime, Indian sweet lime) (silangan jeruk sukade dan jeruk masam)
  • Jeruk cina 'Sunki' (Citrus reticulata Blanco (sensu Swingle and Reece 1967, Mabberley 1997, 2004))
Nama Ilmiah Sinonim
Nama sinonim untuk jernis-jenis jeruk batang bawah tersebut dapat diperoleh dengan mengklik nama umum bagi jenis masing-masing.

Deskripsi Ringkas
Deskripsi ringkas jenis-jenis jeruk batang bawah  tersebut dapat diperoleh dengan mengklik nama umum bagi jenis masing-masing.

Kultivar dan Silangan
Kultivar jeruk trifoliat yang lazim digunakan sebagai batang bawah adalah 'Rubidoux' dan 'Flying Dragon'. Kultivar jeruk nipis Rangpus yang lazim digunakan sebagai batang bawah adalah Limeira, Tatuatiringa, Santa Barbara, dan Citrolima. Jenis-jenis jeruk silangan dan kultivarnya yang lazim digunakan sebagai batang bawah adalah:
  • Citrange (Citrus x aurantium L., pro sp. [Sweet Orange Group] X Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009)), terdiri atas kultivar  'Benton', 'Carrizo', 'C-35', 'Morton', 'Rusk', 'Spaneet', 'Troyer', 'Troyer × Rangpur', 'Willits'
  • Citrangedin, kultivar 'Glen'
  • Citrandarin
  • Citradia (Citrus x aurantium L., pro sp. X Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009))
  • Citremon (Citrus x limon (L.) Osbeck, pro sp. X Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009))
  • Citrumelo (silangan jeruk jeruk gedang dengan jeruk trifoliata), terdiri atas kultivar 'Sacaton' dan 'Swingle'
  • Citrangequat (Citrus x georgiana Mabb. [=Citrus x insitorum Mabb. X Citrus japonica Thunb.] (sensu Mabberley 2004))
Pemanfaatan sebagai Batang Bawah
Suatu jenis jeruk batang bawah sesuai digunakan untuk batang bawah jenis-jenis jeruk tertentu. Kesesuaian jenis-jenis jeruk batang bawah berikut kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:
  • Jeruk trifoliat: sesuai sebagai batang bawah untuk jeruk manis, jeruk gedang, sebagian besar kultivar jeruk cina, dan jeruk sitrun, kecuali jeruk sitrun 'Eureka'. Kelebihan: tahan busuk pangkal batang phytophthora, tahan nematoda, tahan tristeza, tahan dingin, tahan genangan, kualitas buah baik, dan tajuk kompak; kelemahan tidak tahan pH tanah tinggi dan pH tanah rendah, peka salinitas, peka tanah berkapur, tidak tahan kekeringan, rentan exocortis, dan pertumbuhan anakan lambat.
  • Jeruk masam: merupakan jenis jeruk batang bawah yang pertama digunakan, sesuai sebagai batang bawah untuk semua jenis jeruk. Kelebihan: toleran terhadap busuk pangkal batang phytophtora, toleran terhadap genangan, toleran terhadap dingin, toleran terhadap penyakit hawar, toleran terhadap garam, ukuran buah medium, kandungan gula buah tinggi, dan kekuatan pohon sedang; kelemahan: rentan nematoda dan rentan tristeza. 
  • Jeruk cina 'Cleopatra': jenis batang bawah untuk tanah di dataran lembah. Kelebihan: sesuai untuk tanah dangkal, toleran terhadap alkalinitas, dan toleran terhadap salinitas; kelemahan: rentan terhadap busuk pangkal batang phytophthora, rentan terhadap nematoda, peka genangan, ukuran pohon besar, dan ukuran buah kecil.
  • Jeruk purut 'Alemow':  Digunakan sebagai batang bawah jeruk sitrun di California. Keuntungan: tahan terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, toleran terhadap genangan, toleran terhadap kekeringan, toleran terhadap penyakit hawar, toleran terhadap penyakit exocortis, hasil tinggi, ukuran buah besar, pohon kokoh, toleran basa, toleran salinitas. Kekurangan: tidak tahan dingin, rentan tristeza, dan rentan nematoda.
  • Jeruk sitrun 'RL' (Rough Lemon): Digunakan sebagai batang bawah untuk berbagai jenis jeruk. Kelebihan: pertumbuhan cepat, menghasilkan pohon berukuran besar, produksi tinggi, buah masak awal, tahan kekeringan, toleran terhadap exocortis, toleran terhadap tristeza; kelemahan: peka terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, kualitas buah kurang baik, kulit buah tebal, peka terhadap genangan, ukuran pohon besar.
  • Jeruk sitrun 'Volkamer': Digunakan sebagai batang bawah untuk berbagai jenis jeruk. Kelebihan: toleran terhadap genangan, toleran terhadap kekeringan, toleran terhadap tristeza, toleran terhadap exocortis, toleran terhadap salinitas, toleran terhadap basa, pohon kokoh, dan produktivitas tinggi; kelemahan: rentan penyakit busuk pangkal batang phytophthora, kurang toleran terhadap penyakit hawar, rentan terhadap nematoda, kurang toleran terhadap dingin, pohon berukuran besar, dan kandungan gula buah rendah.
  • Jeruk nipis 'Rangpur': digunakan sebagai batang bawah paling banyak di Brazil, kelebihan: toleran terhadap kekeringan, agak toleran terhadap dingin, toleran terhadap penyakit hawar, toleran terhadap tristeza, sangat toleran terhadap basa dan salinitas, pohon kokoh, produksi tinggi, dan ukuran buah besar; kelemahan: rentan terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, rentan terhadap exocortis, rentan terhadap xyloporosis, rentan terhadap sudden death, rentan terhadap nematoda, dan kandungan gula buah rendah.
  • Jeruk nipis 'Palestina' (Palestine sweet lime, Indian sweet lime): Digunakan sebagai batang bawah di kawasan Timur Tengah dan sekitarnya, kelebihan: toleran terhadap kekeringan, toleran terhadap genangan, toleran terhadap tristeza, toleran terhadap basa dan salinitas, pohon kokoh, produksi tinggi, dan buah berukuran besar; kelemahan: rentan terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, rentan terhadap exocortis, rentan terhadap nematoda, kurang toleran terhadap penyakit hawar, kurang toleran terhadap dingin, dan kandungan gula buah rendah.
  • Jeruk cina 'Sunki': Digunakan sebagai batang buah di Tiongkok dan Taiwan, kelebihan: toleran terhadap penyakit busuk pangkal batang phytophthora, toleran terhadap tristeza, toleran terhadap penyakit hawar, toleran terhadap dingin, toleran terhadap basa dan salinitas, pohon kokoh, produksi tinggi, dan kandungan gula buah tinggi; kelemahan: rentan terhadap exocortis, rentan terhadap nematoda, kurang toleran terhadap genangan, dan ukuran buah kecil.

Pusat Asal dan Sebaran Geografis
Pusat asal dan sebaran geografis jenis-jenis jeruk batang bawah dapat diperoleh pada uraian mengenai jenis-jenis jeruk masing-masing.

Catatan Khusus
Pengetahuan mengenai jenis-jenis jeruk batang bawah sangat penting dalam kaitan dengan pemilihan jenis-jenis batang bawah yang sesuai untuk menghadapi jenis penyakit tertentu di suatu wilayah.

33 comments:

  1. Informasi ini berguna bagi saya dalam hal menambah wawasan mengenai jenis-jenis jeruk khususnya jenis jeruk batang bawah yang baru saya ketahui salah satunya dalam kegunaaannya atau mafaatnya agar pertumbuhan jeruk dapat optimal.
    Pertanyaan saya Bagaimana cara kita agar dapat mengetahui atau memilih jenis batang bawah yang sesuia agar tehindar dari jenis penyakit tertentu seperti yng telah dijelaskan ?
    Saya juga ingin memberikan tambahan informasi yang berkaitan dengan penyediaan batang bawah yang potensial akan mendukung pertumbuahan jeruk yang optimal,sebagai contoh dalam hal pembibitan jeruk keprok Soe didaerah saya,yaitu dilakukan percobaan untuk mendapatkan batang bawah yang potensial dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok yaitu dengan menggunakan mata tempel dari batang atas varietas SoE yang diokulasikan dengan 3 varietas batang bawah Japance Citroen (JC), Rough Lemon (RL) dan Volkameriana yang sudah berumur 12 bulan siap diokulasi, sebanyak 6 tanaman per varietas x 3 Ulangan yang memberikan hasil yang baik sesuai dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 ini. Untuk informasi lebih jelas bisa dilihat pada link berikut ini http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/potensi-pembenihan-jeruk-lokal-komersial-varietas-keprok-soe-pada-tiga-varietas-batang-bawah-jc-rl-dan-volkameriana/

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Dari materi yang saya baca diatas, dijelaskan bahwa ada beberapa jeruk yang dijadikan sebagai jeruk batang bawah, dan pertanyaan saya mengapa tidak semua jenis jeruk dijadikan sebagai jeruk batang bawah?

    ReplyDelete
  4. informasi ini sangat berguna dan bermanfaat bagi saya,terutama dalam mengetahui jenis-jenis jeruk batang bawah.yang ingin saya tanyakan apa keuntungan dan kerugian penanaman jeruk dengan metode okulasi?

    ReplyDelete
  5. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya.
    Dalam tulisan ini disebutkan bahwa ada beberapa jenis batang bawah untuk jenis-jenis tertentu yang toleran terhadap penyakit exocortis.Yang ingin saya tanyakan bagaimana kita dapat mengetahui bahwa batang bawah tersebut toleran terhadap penyakit tersebut ?

    ReplyDelete
  6. Informasi ini sangat bermanfaat
    Bagaimana cara untuk pemilihan jenis-jenis batang bawah yang sesuai untuk menghadapi jenis penyakit tertentu di suatu wilayah?

    ReplyDelete
  7. Tulisan ini bermanfaat bagi saya, yang mana saya dapat mengetahui, bahwa tanaman jeruk bukan hanya di tanam dengan menggunakan biji tetapi dapat di gunakan juga dengan metode menanam secara okulasi.
    Pertanyaan saya. Bagaimana mekanisme penananaman jeruk batang bawah secara terperinci ? Dan apakah tanaman ini dapat di tanam pada suhu dan sinar matahari yang sama dengan jenis jeruk lainnya yaitu mengenai langsung sinar matahari atau membutuhkan metode rumah kaca? mohon di jelaskan

    ReplyDelete
  8. Terdapat sejumlah jenis jeruk yang sesuai untuk digunakan sebagai batang bawah yang masing-masing perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam kaitan dengan kondisi tanah dan iklim setempat serta jenis hama dan penyakit yang dihadapi. yang ingin saya tanyakan apa kelebihan dan kekurangan jeruk ini ?

    ReplyDelete
  9. Terdapat sejumlah jenis jeruk yang sesuai untuk digunakan sebagai batang bawah yang masing-masing perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam kaitan dengan kondisi tanah dan iklim setempat serta jenis hama dan penyakit yang dihadapi. yang ingin saya tanyakan apa kelebihan dan kekurangan jeruk ini ?

    ReplyDelete
  10. pada umumnya jeruk dibudidayakan tidak hanya dengan generatif dengan menggunakan biji saja tetapi melainkan dengan cara vegetatif juga teritama dengan cara okulasi.Untuk melakukan okulasi diperlukan jenis-jenis jeruk dengan persyaratan tertentu,khususnya untuk memungkinkan jeruk dapat tumbuh pada kondisi iklimdan tanah yang lebih luas dan tahan terhadap hama dan penyakit.Pertanyaan saya, syarat apa saja yang diperlukan untuk jenis-jenis jeruk tersebut?

    ReplyDelete
  11. apakah jeruk lain yang tidak tergolong dalam jenis jeruk batang bawah, tidak dapat digunakan sebagai batang bawah dalam proses penyambungan?

    ReplyDelete
  12. Bagaimana kondisi tanah dan iklim yang cocok untuk budidaya jenis-jenis jeruk batang bawah diantaranya Jeruk trifoliat dan Jeruk masam?

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. menarik karena penanamannya tidak menggunakan biji melainkan dengan okulasi.

    mengapa pada jeruk masam dikatakan toleran terhadap garam ? bagaimana keterkaitannya se3hingga hl ini dimasukan kedalam poin kelebihan dari jeruk masam ?

    ReplyDelete
  15. informasi ini bermanfaat bagi saya dan menambah wawasan serta pengetahuan baru.
    telah di jelaskan bahwa Untuk melakukan okulasi diperlukan jenis-jenis jeruk dengan persyaratan tertentu. yang ingin saya tanyakan apakah setiap jenis jeruk yang digunakan sebagai batang bawah mempunyai persyaratan yang berbeda ataukah tergantung dari masing - masing orang yang melakukan?

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Materi ini sangat baik dan menambah wawasan sehingga timbul pertanyaan, dari materi diatas dijelaskan bahwa ada sejumlah jenis jeruk yang sesuai untuk digunakan sebagai batang bawah, pertanyaan saya apa manfaat dari mengubah jeruk menjadi jeruk batang bawah, apakah pertumbuhannya lebih cepat ketimbang jeruk bukan batang bawah

    ReplyDelete
  18. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk saya karena saya dapat mengetahui informasi tentang Jenis Jeruk Batang Bawah. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah hanya terdapat 9 jenis jeruk yang dapat di gunakan sebagai batang bawah dan tidak ada jenis jeruk lainnya?

    ReplyDelete
  19. pengembang biakan dengan cara okulasi diperlukan jenis jeruk yang sesuai untuk digunakan sebagai batang bawah. pertanyaannya apa ciri-ciri batang bawah yang cocok untuk dibudidayakan ?

    ReplyDelete
  20. Jenis jeruk batang bawah merupakan jenis jeruk baru yang saya ketahui setelah mmbaca tulisan ini. namun yang ingin saya tanyakan, Apakah semua jenis jeruk dapat digunakan sebagai jeruk batang bawah atau hanya jenis jeruk tertentu saja sesuai dengan yang tertera di materi saja?

    ReplyDelete
  21. informasi ini sanat berguna karena membantu dalam mengembangkan ilmu .
    apakah hasil jenis batang bawah dapat menyebabkan hasil yang maksimal pada batang bawah ?

    ReplyDelete
  22. jenis-jenis batang bawah yang sesuai untuk menghadapi jenis penyakit tertentu di suatu wilayah.yang saya ingin tanyakan penyakit apa saja yang dapat atasi?

    ReplyDelete
  23. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. Yang ingin saya tanyakan apakah tanaman jeruk jenis ini bisa di tanam pada musim apa saja atau pada musim tertentu ?

    ReplyDelete
  24. Informasi ini sangat bermanfaat untuk saya.
    Yang ingin saya tanyakan Apa saja persyaratannya untuk melakukan okulasi?

    ReplyDelete
  25. Pada jeruk trifoliat, kelemahan yakni tidak tahan pada pH tinggi dan pH rendah ,apakah pada pH netral ia dapat bertahan? Dan bagaimana kondisi ketika jeruk ini pada pH tinggi dan rendah?

    ReplyDelete
  26. infomasi ini menambah pengetahuan saya mengenai jenis jeruk, apakah syarat batang bawah yang dapat dibudidayakan?

    ReplyDelete
  27. Untuk melakukan okulasi diperlukan jenis-jenis jeruk dengan persyaratan tertentu, khususnya untuk memungkinkan jeruk dapat tumbuh pada kondisi iklim dan tanah yang lebih luas dan dan tahan terhadap hama dan penyakit. Dari peryataan diatas yang mau saya tanyakan jenis-jenis jeruk batang bawah apa saja yang bisa melakukan okulasi sesuai persyaratan tersebut?
    Terimahkasih

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. dari materi di atas yang ingin saya tanyakan adalah faktor apa saja yang menyebabkan tentang jeruk batang bawah?

    ReplyDelete
  30. salah satu kelemahan jeruk ini ialah tidak tahan dingin. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana jika jeruk tersebut tumbuh di daerah dingin?

    ReplyDelete
  31. Tempat jual buah jeruk sitting bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Impoh tempat jual buah jeruk sitrun boss

      Delete
  32. Tempat jual buah jeruk sitting bos

    ReplyDelete