Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Thursday, July 14, 2016

Jenis Jeruk: Jeruk Gedang

Jeruk ini mirip dengan jeruk bali, sehingga mudah dikelirukan sebagai jeruk bali berbuah kecil karena ukuran buahnya yang memang lebih kecil daripada ukuran buah jeruk bali. Daging buah jeruk gedang juga mirip dengan daging buah jeruk bali. Bukan tidak mungkin, jenis jeruk ini juga terdapat di Indonesia. Bagaimanapun, untuk mengembangkan jeruk di Indonesia, jenis jeruk ini sudah sepatutnya mendapatkan perhatian mengingat cita rasa daging buahnya yang tidak jauh berbeda sehingga sangat mungkin disukai di dalam negeri dan bersamaan dengan itu terdapat pangsa pasar yang besar di luar negeri.


Nama Umum dan Nama Lokal
Nama jeruk gedang digunakan sebagai padanan nama limau gedang yang digunakan untuk merujuk jenis jeruk yang dalam bahasa Inggris disebut grapefruits.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah jeruk gedang adalah Citrus x aurantium 'Grapefruit Group' pro sp. sendu Mabberley. Jenis jeruk ini diduga merupakan silangan alami antara jeruk bali dengan jeruk manis, ketika jeruk bali diintroduksi ke Kepulauan India Barat (West Indies). Silahkan periksa daftar kultivar jeruk cina sebagaimana dimuat dalam Citrus ID. Silahkan juga periksa nama ilmiah dan klasifikasi dengan menyalin dan menempelkan dalam kotak pemeriksaan GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memulai. Mohon diperhatikan, nama ilmiah yang diperoleh mungkin berbeda karena tiap institusi menggunakan sistem klasifikasi yang berbeda.

Nama Ilmiah Sinonim
Nama sinonim jeruk gedang adalah Citrus paradisi Macfad. (sensu Swingle and Reece; sensu Tanaka sec. Cottin). Silahkan periksa nama ilmiah sinonim pada GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memeriksa.

Deskripsi Ringkas
Deskripsi jeruk gedang berikut ini didasarkan pada deskripsi Grapefruits (Non-pigmented) pada Citrus ID. Tajuk rapat dan padat, tidak menjuntai. Ranting tahun pertama berambut atau tidak berambut halus; ranting tahun kedua dan ketiga bergatis; duri kayu tidak ada, tidak bertahan, atau lurus; duri tempel tidak ada atau tidak bertahan. Tangkai daun berrambut halus atau tidak, ukuran pendek atau sedang, sayap tangkai daun sempit, sedang, atau lebar, menyentuh atau bertumpuk dengan helai daun. Helai daun tunggal, tepi helai daun rata, bergigi menyegitiga kasar atau halus, atau menyegitiga tumpul, helai daun dalam naungan rata atau agak menekuk, helai daun terpapar sinar matahari datar atau agak atau sangat menekuk. Helai daun yang diremas berbau seperti bau jeruk manis, agak atau sangat melodrous. Buah bundar melebar, bundar, atau bundar memanjang, warna permukaan kulit buah kuning kehijauan (6), kuning (7-10) atau oranye kekuningan (11), atau oranye (12); tekstur permukaan kiulit buah halus (1-3), sedikit kasar (4-4), atau agak kasar (6-7), buah padat, ujung buah tidak berpusar atau berpusar, daging buah oranye atau kuning, rasa khas rasa buah jeruk gedang.

Deskripsi lengkap dapat diperoleh dari:
eFlora of IndiaEncyclopedia of Life, Flora of China, Fruits of Warm Climates, Useful Tropical Plants,

Kultivar dan Silangan
Citrus Page membedakan kultivar jeruk gedang berdasarkan warna daging buahnya menjadi:


Citrus ID membedakan jeruk gedang berwarna, jeruk gedang tidak berwarna, dan jeruk gedang silangan. Citrus Variety Collection University of California Riverside membedakan kltivar jeruk gedang putih, jeruk gedang merah/pink, silangan jeruk gedang, dan silangan menyerupai jeruk gedang. Tetua silangan jeruk gedang dan silangan menyerupai jeruk gedang pada umumnya tidak diketahui.

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk gedang memerlukan tanaman tropis yang memerlukan curah hujan tahunan pada kisaran 914-1117 mm dengan sebaran hujan yang agak merata sepanjang tahun. Tekstur daging buah lebih kasar di daerah kering dibandingkan dengan di daerah yang lebih basah, rasa daging buah lebih manis di daerah tropis dibandingkan dengan di daerah sub-tropis. Jeruk gedang dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, kecuali tanah-tanah salin. Buah jeruk gedang terutama dimanfaatkan sebagai buah segar dan sebagai bahan salad.

Pusat Asal dan Sebaran Geografik
Jeruk gedang tidak ditemukan di pusat asal jenis-jenis jeruk, melainkan di Kepulauan India Barat (West Indies). Sebaran geografik jeruk sukade di seluruh dunia disajikan oleh GBIF Data Portal dan Encyclopedia of Life. Sebaran jeruk gedang di Indonesia dan khususnya di Provinsi NTT tidak diketahui. Bila Anda mempunyai informasi mengenai sebaran jeruk gedang di Indonesia atau Provinsi NTT, mohon menyampaikan informasi nama desa/kelurahan dan nama kecamatan di mana jenis jeruk tersebut dapat ditemukan.

Catatan Khusus
Jeruk gedang mirip dengan jeruk bali, karena memang merupakan keturunan jeruk bali. Mungkin jenis jeruk ini ada di Indonesia, tetapi dikacaukan dengan jeruk bali.

22 comments:

  1. informasi ini sangat menarik dan menambah pengetahuan saya tentang jenis jeruk gedang ini.Tekstur daging buah lebih kasar di daerah kering dibandingkan dengan di daerah yang lebih basah. yang ingin saya tanyakan adalah apa yang mempengaruhi sehingga tekstur daging buah lebih kasar di daerah kering dibandingkan dengan didaerah yang lebih basah?

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan jenis jeru yang satu ini karena sekilas saya melihat mirip dengan jeruk bali. Pertanyaan saya : karena jeruk gedang dan bali memiliki banyak kesamaan, maka ketika kita menjumpainya di pasaran bagaimana cara membedakan keduanya ? atau hal apa yang membedakan antara jeruk gedang dan jeruk bali ?

    ReplyDelete
  3. Informasi yang begitu bermanfaat.
    Jeruk gedang dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, kecuali tanah-tanah salin. Pertanyaan saya bisakan di sebutkan jenis tanah salin??

    ReplyDelete
  4. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya dalam menambah pengetahuan.
    Yang ingin saya tanyakan apa faktor yang menyebabkan sehingga tekstur daging buah lebih kasar di daerah kering dibandingkan dengan di daerah yang lebih basah ? Mohon penjelasan Pak.

    ReplyDelete
  5. Tekstur daging buah lebih kasar di daerah kering dibandingkan dengan di daerah yang lebih basah, rasa daging buah lebih manis di daerah tropis dibandingkan dengan di daerah sub-tropis.
    pertanyaan : faktor - faktor apa sajakah yang mempengaruhi perbedaan tersebut, apakah dipengaruhi oleh faktor lingkungan atau dipengaruhi oleh faktor lama pertumbuhan dari tanaman itu sendiri.

    ReplyDelete
  6. Jeruk gedang dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, kecuali tanah-tanah salin.
    pertanyaan : mengapa tanah salin tidak dapat dijadikan sebagai media untuk menanam jeruk ini. karena yang saya tahu tanah salin dapat digunakan untuk budidaya jika kita menambahkan bahan organik agar kandungan garamnya berkurang.

    ReplyDelete
  7. informasi ini menambah wawasan saya
    Mengapa Jeruk gedang memerlukan curah hujan Tahunan PADA Kisaran 914-1117 mm DENGAN sebaran hujan Yang Agak Tahun Sepanjang merata ?

    ReplyDelete
  8. informasi yang berguna.
    bentuk fisik jeruk ini hampir mirip jeruk bali, hanya saja ukurannya lebih kecil. yang menjadi pertanyaan saya mengapa oada daerah tropis jeruk ini lebih manis, apakah jeruk ini memang lebih cocok dibudidayakan pada daerah beriklim tropis?

    ReplyDelete
  9. apa perbedaan dan kesamaan jenis jeruk gedang dan jeruk bali ?

    ReplyDelete
  10. Mohon maaf pertanyaan saya sama dengan teman sebelumnya,jadi komentar ini tidak dipakai.Terimakasih

    ReplyDelete
  11. informasi ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya.
    jenis jeruk ini menarik untuk dikonsumsi tetapi yang ingin saya tanyakan apa perbedaan yang menjadi ciri khusus antara jeruk bali dengan jeruk gedang?

    ReplyDelete
  12. informasi ini membantu saya dalam membedakan antara jeruk ini dengan jeruk bali.
    . yang ingin saya tanyakan adalah mengapa jeruk ini belum di ketahui di NTT? Apakah jeruk ini tidak bisa tumbuh di NTT?

    ReplyDelete
  13. Informasi ini bermanfaat bagi saya dalam mengenal jenis-jenis jeruk yang ada di NTT dan diluar NTT. Yang menjadi pertanyaan saya: adakah perbedaan fisik yang menonjol pada jeruk gedang yang memiliki kemiripan dengan jeruk bali? Seperti perbedaan pada batang, ranting, daun dan lainnya.

    ReplyDelete
  14. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. Yang ingin saya tanyakan apakah rasa jenis jeruk gedang dengan jenis jeruk bali sama ?

    ReplyDelete
  15. Mengapa tekstur buah kasar di daerah kering dari pada yang di daerah basah dan mempunyai rasa yang manis pada daerah tropis, apakah hal ini berhubungan dengan hujan? Ataukah ada faktor lain yang mempengaruhi rasa dan kualitas buah?

    ReplyDelete
  16. apa yang menyebabkan adanya perbedaan warna pada daging buah jeruk ini?

    ReplyDelete
  17. Pada kesesuaian tumbuh dan pemanfaatan,jeruk gedang dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah,kecuali tanah tanah salin.apa itu tanah salin? Dan bagaimana dampak yang ditimbulkan berkaitan dengan pertumbuhan jeruk ini.
    Mohon penjelasan bapak

    ReplyDelete
  18. Jeruk sebagai salah komponen tanaman budidaya terdiri dari berbagai jenis varietas, dan jenis jeruk tersebut salah satunya melalui proses kawin silang guna menghasilkan varietas baru. Contohnya jenis Jeruk Gedang yang merupakan hasil kawin silang antara jeruk Bali dan jeruk manis. Terkait dengan hasil perkawinan silang jeruk ini, apakah hasilnya juga memiliki kebutuhan khusus baik dari segi jenis tanah atau unsur pembentuknya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  19. Faktor yang menyebabkan sehingga tekstur daging buah jeruk gedang lebih kasar di daerah kering dibandingkan dengan di daerah yang lebih basah ?

    ReplyDelete
  20. Terimakasih untuk materi yang diberikan. Sangat disayangkan jeruk ini belum begitu dikenal karena karakteristiknya yang mirip dengan jeruk bali. Apakah ada ciri khas tertentu dari tanaman jeruk gedang yang bisa mempermudah masyarakat dalam membedakannya ? Lalu apakah faktor curah hujan juga mempengaruhi tekstur daging buah jeruk gedang ? Terimakasih..

    ReplyDelete
  21. Tekstur daging buah lebih kasar di daerah kering dibandingkan dengan di daerah yang lebih basah, rasa daging buah lebih manis di daerah tropis dibandingkan dengan di daerah sub-tropis. Dari pernyataan diatas mengapa tektur buah jeruk gedang di pengarui oleh Suhu di daerah yang di tanamai buah jeruk gedang tersebut?

    ReplyDelete
  22. boleh tau jeruk gedang ini bisa didapat atau dibeli dimana ya? saya sangat tertarik untuk menjadikan jeruk gedang untuk penelitian saya karena kandungan antibakterinya. terimakasih

    ReplyDelete