Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Saturday, July 9, 2016

Jenis Jeruk: Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, dibudidayakan terutama sebagai tanaman pekarangan untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur dan bahan obat tradisional. Karena dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan maka produksi jeruk nipis tidak terlalu besar. Jeruk nipis hasil produksi pekarangan ini biasanya dijual di pasar-pasar tradisional, sedangkan jeruk nipis yang dijual di pasar-pasar swalayan pada umumnya merupakan jeruk nipis impor. Indonesia sebenarnya mempunyai potensi besar untuk menghasilkan jeruk nipis, tetapi pengembangan jeruk ini sampai belum mendapat perhatian serus.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama umum jeruk nipis digunakan untuk merujuk sebagian dari kultivar jeruk yang dalam Bahasa Inggris dinamakan limes, khususnya yang disebut key limes atau west indian limes. Sebagian kultivar lainnya yang dalam Bahasa Inggris juga disebut limes adalah kultivar-kultivar dari jenis jeruk sitrun atau jenis-jenis jeruk lainnya.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah jeruk nipis adalah Citrus x aurantiifolia (Christm.) Swingle pro sp. sensu Mabberley. Jeruk ini diperkirakan merupakan hasil kawin silang antara jeruk sukade dengan jeruk papeda Citrus micrantha Wester yang sekarang mempunyai nama ilmiah Citrus hystrix DC. Silahkan periksa daftar kultivar jeruk cina sebagaimana dimuat dalam Citrus ID. Silahkan juga periksa nama ilmiah dan klasifikasi dengan menyalin dan menempelkan dalam kotak pemeriksaan GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Mohon diperhatikan, nama ilmiah yang diperoleh mungkin berbeda karena tiap institusi menggunakan sistem klasifikasi yang berbeda.

Nama Ilmiah Sinonim
Silahkan periksa nama ilmiah sinonim menurut Citrus ID dan dan periksa nama ilmiah sinonim pada GBIF Data Portal, The Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memeriksa.

Deskripsi Ringkas
Berikut adalah deskripsi ringkas yang didasarkan pada Lime (Common). Tajuk rapat dan padat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama tidak atau dengan rambut halus, permukaan tajuk tahun kedua dan ketiga bergaris; duri kayu tidak ada atau tidak bertahan atau lurus, duri tempel tidak ada atau tidak bertahan. Tangkai daun tidak atau dengan bulu halus, ukuran pendek sampai sedang,sayap tangkai daun umumnya tidak ada, bila ada berukuran sempit sampai sedang, berhubungan dengan helai daun. Helai daun tunggal, tepi daun bergigi menyegitiga atau memata gergaji kasar atau halus, helai daun dalam naungan datar atau agak menekuk, daun terpapar sinar matahari datar, agak atau sangat menekuk. Bila helai daun diremas,berbau seperti bau jeruk manis, berbau bumbu, atau berbau jeruk seperti cina. Buah budar melebar, bundar, atau bundar memanjang, warna permukaan kulit buah hijau tua (3), hijau (4), hijau sangat muda mengarah ke kuning (5). kuning kehijauan (6), kuning (7-10), oranye kekuningan (11), oranye (12) atau oranye kemerahan (13); tekstur permukaan kulit buah halus (1-3), cukup kasar (4-5), atau agak kasar (6-7), buah padat, tanpa pusar pada ujung buah, daging buah hijau/kehijauan, oranye, atau kuning, rasa masam. Silahkan klik nama kultivar di bawah ini untuk memperoleh deskripsi kultivar-kultivar lainnya.

Deskripsi jeruk nipis secara umum dapat diperoleh dari:
eFlora of IndiaEncyclopedia of LifeFlora of China, Fruits of Warm Climate, Useful Tropical Plants,

Kultivar
Kultivar jeruk nipis pada situs Citrus ID adalah Acidless Limes, Giant, Mary Ellen, Moi, NestourPalestine, Red Lime, West Indian, Yung, dan New Zealand Lemonade. Kultivar jeruk nipis pada situs Citrus Page adalah Mexican (Common lime, Key lime), Thornless Mexican, Castello, Giant Key, Persian, Tahiti, dan Bearss. Kultivar jeruk nipis yang digunakan terutama sebagai batang bawah adalah Japansche citroen (citroen dalam bahasa Belanda berarti sama dengan lime dalam bahasa Inggris) dan kultivar-kutivar yang diketagorikan sebagai rangpur limes. Mohon diperhatikan bahwa sejumlah kultivar yang dalam Citrus Page digolongkan sebagai limes bukan merupakan jenis limes yang sebenarnya, melainkan merupakan kultivar dari jenis-jenis jeruk lainnya tetapi dalam bahasa Inggris lazim disebut limes.

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk nipis tumbuh subur di daerah beriklim tropis dengan curah hujan tahunan berkisar 203-381 mm, lebih toleran terhadap kekeringan dibandingkan dengan jenis-jenis jeruk lainnya, tetapi kurang tahan terhadap suhu rendah. Jeruk nipis juga dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, termasuk jenis tanah berkapur, kecuali jenis tanah berliat.

Pusat Asal dan Sebaran Geografik
Jeruk nipis diduga berasal dari kawasan Indo-Malesia mulai dari India bagian Utara, Myanmar, Thailand, Malesia, dan Indonesia. Sebaran geografik jeruk sukade di seluruh dunia disajikan oleh Encyclopedia of Life. Perhatikan bahwa peta sangat tidak mewakili keberadaan jeruk nipis di Indonesia karena kurangnya perhatian semua pihak terhadap jenis jeruk ini.

Catatan Khusus
Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang banyak dibudidayakan di Indonesia, tetapi kultivar lokal jeruk tersebut belum banyak diketahui.

Dipublikasikan pertama kali pada 9 Juli 2015, dalam proses revisi

35 comments:

  1. Informasi ini bermanfaat bagi saya dalam menambah pengetahuan saya mengenai jeruk nipis yang biasanya kami gunakan sebagai bahan dapur maupun obatan didaerah saya.Perkembangan jeruk ini didaerah saya sudah banyak dikenal,namun mengapa dikatakan bahwa kultivar lokal jeruk tersebut belum banyak diketahui ? apa yang menyebabkan hal terebut ? Dan saya juga ingin menambahkan bahwa jeruk nipis ini bukan hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan tetapi daun jeruknya yang didaerah kami sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah wangi dan rasa yang khas.

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan jenis jeruk nipis ini karena jenis jeruk ini bisa ditanam di jenis tanah apapun kecuali tanah liat sehingga dapat ditemukan di semua daerah termasuk di desa saya.
    informasi tambahannya jenis jeruk ini dapat dijadikan sebagai obat herbal,saya sering mencampurkan perasan jeruk ini dengan madu sebagai obat sariawan, juga sering saya gunakan irisan jeruk ini untuk mencampurkannya ke sambal atau ulekan lombok. bukan hanya buah yang di manfaatkan, daun dari jeruk ini juga berfungsi sebagai penyedap untuk masakan atau sebagai bumbu dapur.
    dari Deskripsi singkat tersebut, apakah ada perbedaan yang paling mendasar dari jenis jeruk ini?

    ReplyDelete
  3. Informasi tentang jeruk nipis didalam tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan. Saya setuju jeruk nipis sering dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur dan bahan obat tradisional. Namun mengapa pemerintah belum melakukan kebijakan untuk membudidayakan jeruk nipis, padahal jeruk nipis mempunyai potensi dalam pengembangannya? Menurut saya jeruk nipis juga mempunyai banyak manfaat lain dibidang kesehatan seperti menyembuhkan penyakit diabetes, jantung, radang sendi dan mempunyai manfaat dibidang kecantikan. Untuk informasi lebih legkap mengenai manfaat jeruk nipis dengan mengunjungi http://manfaat.co.id/manfaat.jeruk-nipis

    ReplyDelete

  4. Informasih ini sangat berguna bagi saya.
    karena melihat dari segi manfaat yang telah di sampaikan bapak dan juga teman-teman. Ada pertayaan yang ingin saya ajukan kepada bapak mengenai jeruk nipis. Mohon penjelasan bapak mengapa jeruk nipis memiliki rasa asam ? apakah ada Zat tertentu yang terkandung di dalam jeruk tersebut atau di karenakan bentuk dan ukuran dari jeruk nipis tersebut sehingga membuatnya menjadi rasa asam.

    ReplyDelete
  5. Dari materi yang saya baca ini dapat bermanfaat bagi saya.
    Seperti yang kita ketahui bahwa Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, dibudidayakan terutama sebagai tanaman pekarangan untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur dan bahan obat tradisional,tetapi kultivar lokal jeruk tersebut belum banyak diketahui.
    yang ingin saya tanyakan salah satu kultivar lokal jeruk yang belum banyak diketahui contohnya seperti apa?

    ReplyDelete
  6. kandungan apa yang terkandung dalam jeruk nipis sehingga kebanyakan orang menggunakan jeruk nipis sebagai obat tradisional dan bahan untuk mempercantik wajah dan menghilangkan jerawat.

    ReplyDelete
  7. informasi ini sangat berguna karena menambah wawasan saya. jeruk nipis di daerah saya (Alor) juga biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan obat-obatan tradisional. yang ingin saya tanyakan mengapa di Indonesia masih terdapat jeruk nipis impor padahal di negara kita sendiri mempunyai potensi yang besar untuk menhasilkan jeruk nipis?

    ReplyDelete
  8. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya.Didaerah saya banyak masyarakat menggunakan jeruk nipis sebagai bumbu dapur dan kita sudah ketahui bahwa jeruk nipis banyak manfaatnya untuk kesehatan,salah satunya air jeruk nipis biasa diminum dengan air putih dengaan keadaan perut kosong dan harus di pagi hari agar terhindar dari flu dan penyakit ringan lainnya.Apakah zat asam dalam jeruk nipis tidak berbahaya bagi lambung dan organ tubuh lainnya dan apa nama zat yang bisa diterima oleh tubuh?

    ReplyDelete
  9. Dengan informasi ini, saya memperoleh wawasan mengenai manfaat jeruk nipis yang merupakan jenis jeruk yang tersebar luas diseluruh indonesia dan seluruh wilayah provinsi NTT, dan ada di daerah saya(Soe), jeruk nipis dibudidayakan terutama sebagai tanaman pekarangan untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur dan bahan obat tradisional. karena dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan maka produksi jeruk nipis tidak terlalu besar.
    pertanyan saya: mengapa tanaman jeruk nipis dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan tetapi tidak memberikan hasil produksi yang besar?

    ReplyDelete
  10. Informasi yang sangat bermanfaat dan berguna. Yang ingin saya tanyakan, kenapa belum adanya kesadaran dan perhatian tentang pengembangan jenis jeruk ini ? Apakah harus mulai dari pemerintahnya atau oknumnya ? Karena kalau jeruk ini dikembangkan lebih ke faktor produksi an berhasil yang jelas keuntungan di dapat oleh kedua belah pihak.

    ReplyDelete
  11. mengapa jeruk nipis lebih toleran terhadap kekeringan diandingkan dengan jenis jeruk lain dan mengapa jeruk nipis juga kurang tahan terhadap suhu rendah ?

    ReplyDelete
  12. saya ingin menambahakan mengenai manfaat dari jeruk nipis, yaitu sebagai obat herbala untuk menangani batu berdahak. dengan cara meminum perasan jeruk 2 kali sehari.
    dan benar jeruk nipis dapat digunakan untuk perawatan wajah (dari luar) apakah hal ini efektif, kareana yang saya tahu yaitu hanya penggunaan dalam hal meminum perasan jerus (dari dalam)?

    ReplyDelete
  13. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya terutama dalam hal pemanfaatan jeruk nipis ini . dalam informasi mengatakan "Jeruk nipis tumbuh subur di daerah beriklim tropis dengan curah hujan tahunan berkisar 203-381 mm, lebih toleran terhadap kekeringan dibandingkan dengan jenis-jenis jeruk lainnya, tetapi kurang tahan terhadap suhu rendah. Jeruk nipis juga dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, termasuk jenis tanah berkapur, kecuali jenis tanah berliat" dalam hal ini saya melihat pemanfaatan lahan untuk budidaya jeruk ini sangat mudah di peroleh . yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana kebijakaan pemerintah dalam meningkatkan produksi jeruk nipis dalam hal untuk meningkat ekspor jeruk nipis indonesia?

    ReplyDelete
  14. informasi ini sangat berguna bagi saya dalam menambah wawasan saya tentang jenis jeruk.
    .sayng ingin saya tanyakan mengapa jeruk ini belum mendapat perhatian yang serius untuk dibudidayakan padahal jeruk ini mempunyai banyak manfaat?

    ReplyDelete
  15. Dari materi diatas dijelaskan bahwa jeruk nipis ini kebanyak dipasar-pasar merupakan jeruk nipis impor, pertanyaan saya apakah jeruk nipis asli Indonesia dengan jeruk nipis impor bentuk dan terksturnya sama?

    ReplyDelete
  16. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk saya karena saya dapat mengetahui informasi tentang Jenis Jeruk Nipis. Yang ingin saya tanyakan adalah Indonesia mempunyai potensi besar untuk menghasilkan jeruk nipis, tetapi mengapa pengembangan jeruk ini belum mendapat perhatian serius kususnya dari pemerintah?

    ReplyDelete
  17. Indonesia dirasa cukup untuk bisa mengembaNgkan jeruk nipis ini, namun yang menjadi namun pada kenyataannya jeruk nipis masih saja di impor dari negara lain. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi ? apakah hal ini dikarenakan kurangnya minat dari petani untuk membudidayakan atau bagaimana ? mohon penjelasan. Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Terima kasih banyak atas materi yang diberikannya yang telah membantu saya untuk menambah pengetahuan saya. Yang menjadi pertanyaan saya mengapa rasa jeruk nipis berbeda sekali rasa dengan jeruk-jeruk lain yang ada di Indonesia?

    ReplyDelete
  19. Postingan ini dapat memperluas pengetahuan saya tentang jeruk nipis,mengapa jeruk nipis masih belum mendapat perhatian serius,apa penyebabnya??
    Informasi yang ingin saya jabarkan tentang beberapa khasiat dari jeruk nipis yang perna saya lakukan diantra nya untuk sariawan dengan cara ambil perasan air jeruk,air hangat dan gula secukupnya dan kulit bekas perasan di taru di tempat sabun untk mengharumkan agr peralatan masak tidak berbau amis serta jeruk nipis dapat di sajikan pada lombok menjdi smbal jeruk..sekian

    ReplyDelete
  20. Apakah jeruk nipis dapat di kembang biakan di luar negri dengan keadaan iklim yang berbeda dengan indonesia jika ia apakah ada varietas yang menghasilkan jenis jeruk yang sama dengan jeruk yang di hasilkan di indonesia?

    ReplyDelete
  21. Mengapa jeruk nipis asli dijual di Pasar-pasar tradisional,sedangkan jeruk impor dijual di Pasar-pasar swalayan, apakah karena berbeda dalam kualitas buahnya? Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  22. Dikatakan bahwa jeruk ini di budidayakan di indonesia.
    Mengapa kultivar lokal jeruk tersebut belum banyak diketahui??

    ReplyDelete
  23. Kesesuaian tumbuh jeruk nipis lebih toleran terhadap kekeringan dibandingkan dengan jenis-jenis jeruk lainnya, tetapi kurang tahan terhadap suhu rendah, mengapa demikian dan suhu rendah yang dimaksud itu kira – kira berkisar berapa derajat ?

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Mengapa di Indonesia masih terdapat jeruk nipis impor padahal di negara kita sendiri mempunyai potensi yang besar untuk menghasilkan jeruk nipis ?

    ReplyDelete
  26. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. di daerah saya di larantua, jeruk nipis digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa asam pada setiap makanan. tak lupa juga di daerah kami, jeruk nipis ini sering digunakan untuk lawar dimana lawar itu sendiri saya tidak mengetahui bahasa bakunya seperti tetapi di daerah kami biasa distilahkan lawar makan dimana salah satu penyedap rasa yang tidak pernah ketinggalan rasanya yaitu jeruk nipis.di dalam materi telah dijelaskan bahwa "Jeruk nipis hasil produksi pekarangan ini biasanya dijual di pasar-pasar tradisional, sedangkan jeruk nipis yang dijual di pasar-pasar swalayan pada umumnya merupakan jeruk nipis impor." yang saya tanyakan apa yang membedakan antara jeruk nipis yang dijual di pasar-pasar tradisional dan jeruk nipis yang dijual di pasar swalayan? dan mengapa kultivar lokal belum diketahui? dimana yang kita tahu bahwa jeruk nipis paling banyak diproduksi di Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Bila helai daun diremas,berbau seperti bau jeruk
    manis, berbau bumbu, atau berbau jeruk seperti cina. Dari pernyataan ini yang ingin saya tanyakan mengapa pada saat diremas daun jeruk nipis baunya seperti daun jeruk manis ? padahal menurut materi diatas jeruk nipis hasil persilangan dari jeruk papeda dan jeruk sukade.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  28. Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang banyak dibudidayakan di Indonesia, tetapi kultivar lokal jeruk tersebut belum banyak diketahui.faktor apa yg menyebabkan jeruk ini belum banyak di ketahui, padahal banyak orang yang menggunakannya dalam hal obat obatan dan bahan dapur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya salah satu faktor penyebabnya ialah dikalangan masyarakat masih menggunkan nama lokal.

      Delete
  29. Terimakasih untuk materi yang diberikan. Menanggapi apa yang disampaikan di atas berkaitan dengan kultivar jeruk nipis lokal yang sudah banyak dibudayakan di Indonesia tapi belum banyak diketahui. Bagaimana caranya membedakan kultivar jeruk nipis lokal dan jeruk nipis impor ? kemudian apakah kualitas jeruk nipis lokal dan jeruk nipis impor berbeda ? terimakasih

    ReplyDelete
  30. apa fungsi rambut halus pada tahun pertama?

    ReplyDelete
  31. terimakasih pak atas informasinya, informasi yang saya dapatkan Indonesia sebenarnya mempunyai potensi besar untuk menghasilkan jeruk nipis, tetapi pengembangan jeruk ini sampai sekarang belum mendapat perhatian serius.

    ReplyDelete
  32. Dalam materi saya bisa tahu bahwa indonesia sebenarnya mempunyai potensi besar untuk menghasilkan jeruk nipis, tetapi pengembangan jeruk ini sampai belum mendapat perhatian serus.menurut teman-teman apa harus dilakukan pemerintah untuk menanggapi hal ini ?

    ReplyDelete
  33. Informasi ini sangat penting bagi saya .dan saya tertarik dengan jenis jeruk ini karena bisa ditanam pada jenis tanah apapun kecuali jenis tanah liat .pertanyaan saya mengapa jenis jeruk ini tidak bisa ditanam pada jenis tanah liat ??sebagai tambahan jenis jeruk ini didaerah saya adonara nama lokalnya muda telu .yang biasa dijadikan sambal dan juga sebagai bumbu dapur.

    ReplyDelete