Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Thursday, July 14, 2016

Jenis Jeruk: Jeruk Sitrun

Jeruk sitrun juga merupakan jenis jeruk yang belum begitu dikenal luas di Indonesia. Padahal, permintaan jeruk siturn di pasar global sangat tinggi dan jeruk sitrun dapat dibudidfayakan pada berbagai kondisi lingkungan, termasuk lingkungan kering. Selama ini pengembangan jeruk di Indonesia difokuskan pada jenis-jenis jeruk yang buahnya dapat dikonsumsi segar, seperti jeruk cina, jeruk manis, dan jeruk bali, sehingga pengembangan jenis-jenis jeruk lainnya terabaikan. Jenis jeruk sitrun dibudidayakan terbatas sebagai tanaman batang bawah, sebagaimana misalnya rough lemon (RL) di Kabupaten TTS dan Kabupaten TTU, Provinsi NTT. Selain pengembangan jenis-jenis jeruk untuk konsumsi buah segar, pengembangan jenis-jenis jeruk lainnya seharusnya juga dilakukan.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama umum jeruk sitrun digunakan untuk merujuk kepada jenis jeruk yang dalam Bahasa Inggris disebut lemons, bukan untuk merujuk jenis jeruk yang dalam bahasa Belanda disebut citroen yang padanan bahasa Inggrisnya adalah limes dan dalam Bahasa Indonesia adalah jeruk nipis.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jeruk sitrun adalah Citrus x limon (L.) Osbeck pro sp. sensu Mabberley. Jenis jeruk ini diduga merupakan hasil silangan alami antara jeruk sukade (Citrus medica ) dengan jeruk masam (Citrus × aurantium 'Sour Orange Group'). Silahkan periksa daftar kultivar jeruk cina sebagaimana dimuat dalam Citrus ID. Silahkan juga periksa nama ilmiah dan klasifikasi dengan menyalin dan menempelkan dalam kotak pemeriksaan GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memulai. Mohon diperhatikan, nama ilmiah yang diperoleh mungkin berbeda karena tiap institusi menggunakan sistem klasifikasi yang berbeda.

Nama Ilmiah Sinonim
Silahkan periksa nama ilmiah sinonim pada GBIF Data PortalThe Plant List, atau ITIS. Klik tautan untuk memeriksa.

Deskripsi Ringkas
Deskripsi jeruk sitrun berikut didasarkan pada deskripsi Lemons (Common) pada Citrus ID. Tajuk rapat dan padat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama tidak berambut halus; permukaan ranting tahun kedua dan ketika bergaris; duri kayu tidak ada atau tidak bertahan atau lurus; duri tempel tidak ada atau tidak bertahan. Tangkai daun tidak berambut halus, ukuran pendek, sedang atau panjang, sayap tangkai daun tidak ada, bila ada, sempit, sedang, atau lebar, bersentuhan dengan helai daun. Helai daun tunggal, tepi daun bergerigi menyegi tiga atau menyerupai gigi gergaji, halus atau kasar, helai daun dalam naungan datar atau agak/cukup menekuk, helai daun terpapar sinar matahari datar, agak menekuk, kadang-kadang sangat menekukg. Daun yang dihancurkan berbau khas jeruk sitrun, kadang-kadang berbau seperti jeruk manis, berbau bumbu segar, atau berbau seperti jeruk cina. Buah bundar melebar, bundar, atau bundar memanjang, warna permukaan kulit buah hijau kekuningan (6), kuning (7-10), oranye kekuningan (11), oranye (12), oranye kemerahan (13), kadang-kadang berwarna-warni, tekstur permukaan kulit sedikit kasar (4-5), agak kasar (6-7), kasar 8, kadang-kadang halus (1-3), buah padat, tanpa pusar, warna daging buah kuning, kadang-kadang memrah/bersemu jingga, rasa masam, kadang-kadang masam berkecap manis.

Deskripsi lengkap dapat diperoleh dari:
Australian Tropical Rainforest Plants, eFlora of India, Encyclopedia of Life, Flora of China, Useful Tropical Plants,

Kultivar dan Silangan
Jeruk citrun terdiri atas banyak kultivar dan silangan. Di Kabupaten TTS dan Kabupaten TTU terdapat jeruk sitrun kategori rough lemons yang biasa disebut RL, tetapi tetapi belum diketahui anama kultivarnya. Bila Anda mempunyai informasi mengenai kultivar atau silangan jeruk sitrun asli Indonesia, termasuk RL di kedua kabupaten tersebut, mohon untuk menginformasikan. Kultivar jeruk sitrun menurut Citrus ID antara lain adalah Rangpur serta Rough dan Rough Lemon. Menurut Citrus Variety Collection of the University of California Riverside, Rangpur serta Rough dan Rough Lemon merupakan kelompok kultivar yang terdiri atas banyak kultivar. Kultivar menurut Citrus Page antara lain adalah Bearss, Berna, Eureka, dan Femminello Group. Citrus Variety Collection of the University of California Riverside membedakan jeruk sitrun sebagai berikut:
Kultivar jeruk sitrun silangan antar kultivar atau dengan jenis jeruk lainnya adalah antara lain adalah
Adam's Apple yang diduga merupakan silangan antara jeruk bali dan jeruk sukade dan kemudian dengan kultivar jeruk sitrun. Kultivar jeruk sitrun silangan lainnya dapat diperoleh dari Citrus Variety Collection University of California Riverside, antara lain 'Citrus assamensis', Ponderosa (diduga silangan antara kultivar jeruk sukade dan kultivar jeruk sitrun), dan kultivar lainnya.

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk sitrun dapat dibudidayakan di kawasan tropis, kawasan sub-tropis dengan hujan musim dingin, dan kawasan semi-tropis dengan hujan musim panas, pada kisaran suhu 25-30oC dan suhu minimum 13oC dan maksimum 38oC, tetapi di kawasan tropis di dataran tinggi pada ketinggian 800-1.200 m. Tanah yang sesuai adalah tanah geluh agak berat dengan penambahan banyak kompos dan pasir, tetapi tanah yang tidak subur juga dapat ditoleransi. Jenis jeruk ini menyukai sinar matahari langsung. Jeruk sitrun terutama dimanfaatkan sebagai pemberi rasa jeruk pada berbagai jenis masakan dan minuman, khususnya masakan dan minuman Barat. Untuk masakan, selain sari buahnya, yang juga banyak digunakan adalah bagin permukaan kulit luar buahnya, yang lazim disebut lemon zest. Selain itu jeruk sitrun juga bermanfaat sebagai bahan obat.

Pusat Asal dan Sebaran Geografik
Jeruk sitrun di duga berasal dari bagian Barat Laut atau Barat Daya India dan kemudian menyebar dari sana ke Eropa dan berbagai belahan dunia lainnya. Sebaran geografik jeruk sukade di seluruh dunia disajikan oleh GBIF Data Portal dan Encyclopedia of Life. Sebaran jenis-jenis jeruk sitrun di Provinsi NTT disajikan pada peta. Bila Anda mengetahui ada kultivar jeruk sitrun selain rough lemon di Provinsi NTT, mohon kesediaan Anda untuk menyampaikan informasi nama desa/kelurahan dan kecamatan di mana kultivar jeruk sitrun yang bersangkutan dapat ditemukan.

Catatan Khusus
Mohon jangan mengacaukan nama 'jeruk sitrun' yang abahsa Inggrisnya adalah lemons dalam bahasa Indonesia dengan nama 'citrons' dalam bahasa Inggris yang bahasa Indonesianya adalah jeruk sukade.

32 comments:

  1. tulisan di atas sangat penting untuk menjadi acuan dalam pemilihan jenis jeruk yang harus dibudidayakan sebagai upaya pengembangan jenis-jenis jeruk di Indonesia juga khususnya di NTT. Selain dapat mendukung perekonomian nasional, jeruk sitrun juga dapat dijadikan sebagai bahan obat. dalam hal ini,apa alasan sehingga jeruk sitrun dikatakan sebagai bahan obat?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Dari materi diatas yang saya baca dituliskan bahwa jeruk sitrus dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat, pertanyaan saya bagian manakah yang dapat dijadikan obat dan jenis obat apa yang dihasilkan dari jeruk tersebut?

    ReplyDelete
  4. Tanah yang sesuai adalah tanah geluh agak berat dengan penambahan banyak kompos dan pasir, tetapi tanah yang tidak subur juga dapat ditoleransi. Pertanyaannya apakah nanti hasil yang diberikan oleh tanaman jeruk yang ditanam akan sama atau berbeda?

    ReplyDelete
  5. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya.
    Yang ingin saya tanyakan mengapa jenis jeruk sitrun ini dibudidayakan terbatas sebagai tanaman batang bawah ?

    ReplyDelete
  6. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya
    Apakah Pemberi rasa pada jeruk sitrun hanya pada permukaan Kulit luar buahnya saja?

    ReplyDelete
  7. Tanah yang sesuai adalah tanah geluh agak berat dengan penambahan banyak kompos dan pasir, tetapi tanah yang tidak subur juga dapat ditoleransi.yang saya ingin tanyakan mengapa tanah geluh harus ditambah dengan pasir karena yang saya tahu bahwa penambahan pasir juga menyebabkan ruang pori tanah menjadi besar sehingga pada saat penyiraman air, air tersebut akan meresap kedalam tanah sebagai air gravitasi. hal tersebut dapat menyebabkan tanaman mengalami kekurangan air pada fase vegetatif.

    ReplyDelete
  8. Informasih ini sangat berguna bagi saya, karena dari informasih ini saya dapat mengetahui bahwa jeruk sitrun ini ternyata belum bagitu di kenal luas oleh Indonesia padahal tanaman jeruk sitrun ini memiliki banyak manfaat yang mana ia dapat di gunakan sebagai obat, masakan makanan berat dan juga minuman, termaksud kulit luarnya pun dapat di gunakan. Ini merupakan ciri khas yang perlu di ketahui oleh banyak orang.
    Pertanyaan saya, obat untuk penyakit apakah jenis jeruk ini? Dan terdapat zat apa di dalam kulit jeruk sitrun sehingga dapat menggunakan kulit luarnya untuk di konsumsi.

    ReplyDelete
  9. informasi baru dan menambah wawasan saya.
    jeruk sitrun ini memiliki cukup banyak manfaat, yang menjadi pertanyaan say kenpa jenis jeruk ini kuran diminati oleh para petani dan konsumen? apakah karena kurang tahunya mereka mengenai manfaat dari jeruk ini?

    ReplyDelete
  10. tulisan bermamfaat bagi saya, karena memberikan informasi tambahan.
    jenis jeruk sitrum bermanfaat sebagai bahan obat. Yang ingin saya tanyakan apa penyakit apa yang bisa diobati oleh jenis jeruk ini ?

    ReplyDelete
  11. mengapa jenis jeruk sitrun tidak begitu dikenal luas di Indonesia ?

    ReplyDelete
  12. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara membudidayakan jenis jeruk ini didaerah dengan lingkungan yang kering?

    ReplyDelete
  13. Informasi yang sangat bermanfaat. Yang ingin saya tanyakan, kenapa belum adanya minat besar produsen terhadap jenis jeruk ini padahal sangat diminati konsumen pasar global dan bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan ?

    ReplyDelete
  14. Informasi ini sangat bermanfaat untuk saya . dalam informasi ini mengatakan bahwa "yang banyak digunakan adalah bagin permukaan kulit luar buahnya, yang lazim disebut lemon zest. Selain itu jeruk sitrun juga bermanfaat sebagai bahan obat" . yang ingin saya tanyakan adalah bagian apa saja yang dibuat untuk obat. dan obat apakah yang dihasilkan dari produksi tersebut?

    ReplyDelete
  15. informasi ini sangat berguna bagu saya dalam menambah wawasan saya, saya ingin bertanya mengapa jeruk jenis ini belum banyak dikenal di Indonesia? padahal jeruk ini sangat bagus jika dikembangkan di Indonesia

    ReplyDelete
  16. informasi ini sangat bermanfaat.
    dari informasi yang saya baca, dikatakan bahwa jeruk sitrun ini dapat dibudidayakan pada berbagai kondisi lingkungan termasuk lingkungan yang kering . berdasarkan kenyataan yang ada, di daerah saya tinggal di desa Nunkurus, ada beberapa pohon jeruk sitrun ini yang ditanaman. tempat tinggal saya memiliki kondisi lingkungan yang kering. jeruk ini memang dapat tumbuh di daerah saya tetapi belum pernah menghasilkan buah. yang ingin saya tanyakan apa yang menyebabkan sehingga jeruk ini tidak dapat menghasilkan buah padahal pohonnya tumbuh dengan subur ?

    ReplyDelete
  17. jeruk sitrun dapat dibudidfayakan pada berbagai kondisi lingkungan, termasuk lingkungan kering.
    Kira-kira pada kondisi lingkungan seperti manakah yang lebih baik untuk membudidayakan jeruk sitrun

    ReplyDelete
  18. Tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya karena dapat menambah pengetahuan saya tentang jenis jeruk Sitrun. Yang ingin saya tanyakan adalah obat apa saja yang menggunakan jeruk sitrun sebagai bahan obat dan bagaimana cara pengolahannya?

    ReplyDelete
  19. jeruk sitrun bermanfaat sebagai bahan obat. Pertanyaan saya jeruk sitrun digunakan sebagai obat untuk penyakit apa saja? Dan bagaimana cara pemanfaatannya?

    ReplyDelete
  20. setelah saya membaca keseluruhan materi tentang Jeruk sitru menurut saya jeruk sitrun sangat cocok dibudidayakan di NTT

    ReplyDelete
  21. Apakah Jeruk sitrun dapat tumbuh di daerah yang subtropis?

    ReplyDelete
  22. Postingan ini sangat menarik untuk saya.
    Bagaimanakah teknik dan cara-cara untuk membudidayakan jeruk sitrun?

    ReplyDelete
  23. Kira – kira jenis obat-obatan apakah yang dapat dihasilkan dari jeruk sitrun?

    ReplyDelete
  24. Jeruk Sitrun bisa dimanfaatkan untuk bahan Obat-obatan. Bagian mana dari jeruk Sitrun yang bisa dijadikan bahan Obat-obatan dan untuk jenis penyakit apa !

    ReplyDelete
  25. Jenis jeruk sitrun dibudidayakan terbatas sebagai tanaman batang bawah, sebagaimana misalnya rough lemon (RL) di Kabupaten TTS dan Kabupaten TTU, Provinsi NTT. Selain pengembangan jenis-jenis jeruk untuk konsumsi buah segar, pengembangan jenis-jenis jeruk lainnya seharusnya juga dilakukan.
    Mengapa Jenis jeruk sitrun ini hanya dibudidayakan terbatas di NTT, padahal Jenis jeruk sitrun ini cocok tumbuh di daerah TTS dan TTU ?

    ReplyDelete
  26. Saya sering melihat jenis jeruk ini di daerah saya,kabupaten nagekeo.
    Produksi jeruk ini hanya di daerah tertentu, seperti halnya di jelaskan pada daerah kering.
    Nah, pemerintah di daerah kami hampir tidak pernah tindaklanjuti produksi jeruk ini,padahal permintaan di pasar cukup besar.
    Bagaimana pendapat bapak? Apakah memang pemerintah tidak ada kebijakan dalam hal ini?

    ReplyDelete
  27. Apakah Pemberi rasa pada jeruk sitrun hanya pada permukaan Kulit luar buahnya saja?

    ReplyDelete
  28. Tanah yang sesuai adalah tanah geluh agak berat dengan penambahan banyak kompos dan pasir, tetapi tanah yang tidak subur juga dapat ditoleransi. Dari pernyataan di atas Apakah kesuburan tanah berpengar pada perkembangan tanaman jeruk sitrum? dan jenis tanah apa saja yang cocok untuk membudidayakan tanaman jeruk sitrum?

    ReplyDelete
  29. Pada materi materi dijelaskan bahwa jeruk sintrum bisa bermanafaat sebagai bahan untuk obat.Yang saya mau tanyakan ialah apakah masih ada manfaat lain dari jeruk sitrum?

    ReplyDelete
  30. Jeruk Sitrun mengandung vitamin C 256,00 mg. Jeruk Sitrun sangat diminati dan dapat dibudidayakan pada berbagai kondisi lingkungan, termasuk lingkungan kering. Berdasarkan pertimbangan ini yang saya ingin tanyakan, langkah apa saja yang sudah diambil oleh pemerintah untuk membudidayakan jeruk sitrun di NTT?

    ReplyDelete
  31. Dari materi diatas yang ingin saya tanyakan mengapa budidaya jeruk sitrum kurang di budidayakan sedangkan sangat berpotensi dalam bidang perekonomia?

    ReplyDelete
  32. Saya coba tanam ternyata buahnya cukup lebat. Cocok di daerah iklim tropis seperti di kabupaten sikka NTT.

    ReplyDelete