Selamat Datang

Blog ketahanan hayati jeruk ini mengajak Anda untuk berbagi informasi mengenai tanaman serta hama dan penyakit jeruk. Kami sangat mengharapkan bantuan Anda untuk berkenan berpartisipasi dengan cara menyampaikan informasi mengenai tanaman serta hama penyakit jeruk dari manapun Anda berada. Informasi dapat disampaikan dengan cara menyampaikan komentar di bagian bawah tulisan atau melalui media sosial Fb yang dikaitkan dengan blog ini. Mohon berkenan menjalin pertemanan dengan halaman Fb Ketahanan Hayati Undana dan mengikuti melalui Google+ dengan menambahkan blog ini ke lingkaran Anda.

Sunday, July 17, 2016

Jenis Jeruk: Jeruk Trifoliat

Jeruk pada umumnya berhelai daun tunggal. Semua jenis jeruk yang telah diuraikan sebelumnya merupakan jenis-jenis berdaun tunggal. Namun jeruk tidak semuanya berdaun tunggal, sepanjang yang dimaksud adalah jenis-jenis tumbuhan dalam genus Citrus. Di antara berbagai jenis yang umumnya berhelai daun tunggal, terdapat jenis jeruk berhelai daun tiga yang dalam bahasa botani lazim disebut trifoliat. Jenis jeruk ini mungkin tidak populer di Indonesia karena kisaran tumbuhnya di kawasan beriklim sedang dan dingin, tetapi bukan tidak mungkin telah ditanam sebagai tanaman koleksi oleh kalangan tertentu di dataran tinggi. Jenis jeruk ini memang bukan jenis penghasil buah komersial, tetapi penting untuk tujuan lain, antara lain sebagai batang bawah untuk mengembangkan jeruk ke dataran lebih tinggi.

Nama Umum dan Nama Lokal
Nama jeruk trifoliat digunakan untuk merujuk kepada jenis-jenis jeruk yang dalam bahasa Inggris disebut trifoliat oranges dan trifoliate orange hybrids atau chinese bitter-orange, japanese bitter-orange, atau hardy orange.

Nama Ilmiah Berlaku
Nama ilmiah berlaku untuk jenis jeruk trifoliat adalah Citrus trifoliata L. (sensu Mabberley 2004, Bayer et al. 2009). Sebelumnya Swingle memberi nama jeruk ini Poncirus trifoliata (L.) Raf (sensu Swingle and Reece 1967; sensu Tanaka sec. Cottin 2002), tetapi Mabberley menggabungkannya ke dalam genus Citrus dan menamakannya Citrus trifoliata.

Nama Ilmiah Sinonim
Nama ilmiah sinonim untuk jeruk trifoliat adalah Poncirus trifoliata (L.) Raf (sensu Swingle and Reece 1967; sensu Tanaka sec. Cottin 2002).

Deskripsi Ringkas
Deskripsi ringkas berikut ini didasarkan pada deskripsi Trifoliate Orange pada Citrus ID. Tajuk rapat dan padat, tidak menjuntai. Permukaan ranting tahun pertama tidak berambut halus; permukaan ranting tahun kedua dan ketiga bergaris;duri kayu tidak ada, tidak bertahan, lurus atau melengkung; duri tempel tidak ada atau tidak bertahan. Tangkai daun tidak berambut halus, ukuran sedang, panjang, atau sangat panjang, sayap tangkai daun sempit atau medium, menyentuh helai daun. Helai daun tiga, tepi helai daun bergigi tumpul atau bergigi mata gerhaji kasar atau halus, tangkai anak tulang daun tidak bersayap, helai daun dalam naungan datar atau agak menekuk ke atas sepanjang tulang daun utama, helai daun terpapar matahari datar, agak atau sangat menekuk ke atas sepanjang tulang daun utama. Helai daun diremas tidak berbau. Buah bundar melebar, bundar, atau bundar memanjang, warna kulit buah kuning (7-10), oranye kekuningan (11), oranye (12), atau oranye kemerahan (13); tekstur permukaan kulit buah cukup kasar (4-5), cukup kasar (6-7), atau kasar (18), buah kenyal, warna daging buah hijau/kehijauan, oranye atau kuning, rasa daging buah masam.

Deskripsi umum dapat diperoleh dari:
eFlora of India, Encyclopedia of Life, Flora of China, Fruits of Warm Climate

Kultivar dan Silangan
Kultivar jeruk trifoliat menurut Citrus ID adalah Flying Dragon, Pomeroy, Rich, dan Rubidoux. Kultivar yang sama juga diberikan oleh Citrus Page, tetapi CVC-UCR memberikan daftar kultivar lebih lengkap.

Jeruk trifoliat dapat kawin silang dengan berbagai jenis jeruk lain menghasilkan silangan yang kompleks:

Kesesuaian Tumbuh dan Pemanfaatan
Jeruk trifoliat merupakan jenis jeruk yang paling tahan suhu rendah sehingga digunakan sebagai batang bawah untuk budidaya jeruk jenis lainnya di kawasan bersuhu rendah. Buah jeruk trifoliat tidak dapat dikonsumsi segar, melainkan hanya setelah diolah.

Pusat Asal dan Sebaran Geografis
Jeruk trifoliat diduga berasal dari Tiongkok bagian Utara, Korea, dan Jepang, kini telah menyebar ke berbagai belahan dunia beriklim sub-tropis dan sedang. Peta sebaran geografis jeruk trifoliata diberikan oleh Encyclodia of Life dan GBIF Data Portal.

Catatan Khusus
Jeruk trifoliat merupakan jenis jeruk yang unik karena satu-satunya jenis jeruk berhelai daun tiga dan kemampuannya untuk kawin silang dengan banyak jenis jeruk lain.


27 comments:

  1. Informasi tentang jeruk Trifoliat sangat berguna dan bermanfaat bagi saya dalam menambah pengetahuan. Yang ingin saya tanyakan mengapa buah jeruk trifoliat tidak dapat dikonsumsi segar, melainkan hanya setelah diolah?
    Di daerah saya dikabupaten belu saya belum pernah menemui jenis jeruk ini.

    ReplyDelete
  2. jeruk trifoliat ini merupakan informasi baru bagi saya karna saya tidak pernah mendengar dan mengetahui jenis jeruk ini sebelumnya. Mengenai jeruk ini, apabila jenis jeruk trifoliat ini mempunyai kemampuan untuk kawin silang dengan banyak jenis jeruk, maka di daerah indonesia manakah kita akan menjumapai jenis jeruk ini ?

    ReplyDelete
  3. Mengetahui tentang jenis jeruk trifoliat meningkatkan pengetahuan saya mengenai beberapa jenis jeruk.
    jeruk trifoliat yang juga merupakan salah satu jenis jeruk batang bawah tersebut dibudidayakan dengan tujuan untuk mengembangkan jeruk ke dataran lebih tinggi. Kira-kira di daerah manakah pertama kali jeruk trifoliat tersebut berhasil dibudidayakan?

    ReplyDelete
  4. informasi ini sangat berguna bagi saya dan menambah pengetahuan saya tentang jenis jeruk ini. jeruk trifoliat ini merupakan jenis jeruk yang mempunyai kemampuan untuk kawin silang dengan banyak jenis jeruk lainnya. yang ingin saya tanyakan adalah jenis jeruk apa sajakah yang dapat di lakukan perkawinan silang dengan jenis jeruk trafiolet?

    ReplyDelete
  5. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan saya mengenai jenis-jenis jeruk, terutama jenis jeruk ini yang baru saya ketahui.Tapi saya kurang mengerti pada penjelasan bahwa jenis jeruk ini sebagai batang bawah untuk mengembangkan jeruk kedataran lebih tinggi .Yang ingin saya tanyakan ialah bagaimana perananan jeruk ini terhadap pengembangan jeruk sehingga dapat dijadikan sebagai batang bawah untuk mengembangkan jeruk kedataran lebih tinggi ?

    ReplyDelete
  6. informasi ini sangat berguna dan menambah pengetahuan bagi saya khususnya mengenai jenis jeruk ini. jeruk trifoliat ini mempunyai kemampuan untuk kawin silang dengan jenis jeruk lainnya dan menghasilkan silangan yang kompleks.yang ingin saya tanyakan apakah dari hasil kawin silang jeruk trifoliat dengan jenis jeruk lainnya menghasilkan buah yang berbeda atau tidak?

    ReplyDelete
  7. informasi tulisan ini bermamfaat bagi saya karena saya kurang pengetahuan tentang jeruk ini. Yang ingin saya tanyakan mengapa jeruk trifoat tidak bisa di konsumsi segar, tetapi hanya setelah diolah ?
    dan seperti apakah bahan siap pakai yang diolah dari jenis jeruk ini ?

    ReplyDelete
  8. dalam penjelasan tulisan ini menjelaskan bahwa jenis jeruk in i tidak populer tetapi dibudidayakan didataran tinggi. Yang ingin saya tanyakan apa mamnfaat jeruk ini sehingga dibudidayakan ?

    ReplyDelete
  9. informasi ini sangat bermanfaat bagi kami,menanggapi tulisan ini dikatakan bahwa jenis jeruk ini mempunyai kemampuan untuk kawin silang dengan banyak jenis jeruk,yang ingin saya tanyakan apakah jenis jeruk ini bisa dikawin silangkan dengan jenis jeruk yang bersub tropis tinggi ?

    ReplyDelete
  10. jenis jeruk trifoliat merupakan jenis yang belum dikenal di indonesia.
    apakah jenis jeruk ini dapat dibudidayakan didaerah pertanian lahan kering atau tidak. mohon penjelasannya.?

    ReplyDelete
  11. mohon bapak memberikan contoh jenis jeruk berdaun tiga ?

    ReplyDelete
  12. Dari tulisan ini, saya mendapatkan informasi mengenai jeruk trifoliat yang sebelumnya tidak pernah ketahui, yaitu bahwa jeruk ini termasuk dalam jeruk yang berhelai daun tiga. Mengenai informasi tambahan, daun jeruk ini dapat digunakan sebagai obat sakit perut. "Buah jeruk trifoliat tidak dapat dikonsumsi segar, melainkan hanya setelah diolah", pertanyaan saya, buah jeruk ini biasa diolah menjadi apa saja agar dapat dikonsumsi?

    ReplyDelete
  13. pada tulisan ini dijelaskan bahwa, Jeruk trifoliat merupakan jenis jeruk yang paling tahan suhu rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa jeruk ini termasuk jenis tanaman yang dapat hidup di suhu yg tergolong ekstirim, hal apakah yang menyebabkan jeruk trifoliat dapat bertahan di suhu rendah?

    ReplyDelete
  14. Bagaimana cara melakukan kawin silang antara jeruk trifoliat dengan jeruk masam dan faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dari penyilangan tersebut? Dan apakah rasa buah dari hasil persilangan antara jeruk trifoliat dengan jeruk masam lebih dominan ke jeruk trifoliat atau jeruk masam? Atau rasa buah dari hasil persilangan tersebut tidak mengikuti rasa dari kedua jenis jeruk tersebut?

    ReplyDelete
  15. hal baru yang say dapatkan adalah jenis jeruk trifolat dapat disilangkan dengan jenis jeruk lainnya.
    pertanyaan : jelaskan bagaimana cara penyilangan antara jeruk trifoliat dengan jeruk sitrun. jika sudah disilangkan, rasa yang dihasilkan seperti apa?

    ReplyDelete
  16. informasi ini sangat bermanfaat untuk saya dam menambah wawasan.
    saya baru mengetahui jenis jeruk trifoliat ini, yang ingin saya tanyakan apa keuntungan dari jenis jeruk ini bila kita budidayakan sedangkan Buah jeruk trifoliat tidak dapat dikonsumsi segar, melainkan hanya setelah diolah ? tolong di jelaskan!

    ReplyDelete
  17. Artikel ini bermanfaat karena saya dapat mengetahui satu-satunya jenis jeruk trifoliat yang berhelai daun tiga. Kekurangan dari Buah jeruk trifoliat tidak dapat dikonsumsi segar, melainkan hanya setelah diolah tetapi memiliki kemampuan untuk kawin silang dengan banyak jenis jeruk lain. Pertanyaannya: apakah hasil perkawin silang antara jenis jeruk trifoliat dan jenis jeruk lain enghasilkan jenis jeruk yang bisa langsung dikonsumsi? Ataukah harus diolah terlebih dahulu juga?

    ReplyDelete
  18. Buah jeruk trifoliat tidak dapat dikonsumsi segar, melainkan hanya setelah diolah.
    berdasarkan pernyataan di atas mengapada jeruk ini tidak dapat dikonsumsi secara segar ? apakah jeruk ini berbahaya dan berasa masam apabila dikonsumsi secara segar ? mohon penjelasan. terima kasih

    ReplyDelete
  19. apakah kandungan yang ada dalam jeruk ini bisa berubah jika proses penanaman dilakukan bukan pada tempatnya yang beriklim dinin dan sedang ?

    ReplyDelete
  20. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya. Yang saya tahu saya tidak pernah melihat jeruk jenis ini di NTT khususnya Kupang Yang ingin saya tanyakan apakah jeruk jenis ini bisa dibudidayakan di NTT khususnya Kupang?

    ReplyDelete
  21. Pada postingan diatas belum dipaparkan sistem pengendaliannya.
    Yang ingin saya tanyakan bagaimanakah cara yang tepat jika ada hama pengganggu tumbuhan pada jeruk ini, apa saja mesti dibuat untuk melindungi jeruk ini dari hama pengganggu?

    ReplyDelete
  22. Kira – kira olahan hasil apa yang dihasilkan dari buah jeruk trifoliat?

    ReplyDelete
  23. Informasi ini sangat bermanfaat. Dalam hal ini dikatakan bawha jeruk trifoliat tidak dapat di konsumsi segar,melainkan hanya setelah di olah. Mengapa demikian?

    ReplyDelete
  24. Jeruk trifoliat merupakan jenis jeruk yang paling tahan suhu rendah sehingga digunakan sebagai batang bawah untuk budidaya jeruk jenis lainnya di kawasan bersuhu rendah. Dari pernyataan di atas mengapa jeruk trifoliat hanya bisa di tanam pada suhu rendah? apakah tidak ada cara untuk membudidayakan jeruk trifoliat pada suhu agak tinggi?

    ReplyDelete
  25. Jeruk tifoliat kurang dikenal dan diminati oleh masyarakat karena kebanyakan masyarakat tidak tahu jelas apa itu jeruk trifoliat dan berdasarkan penjelasan yang diberikan jeruk trifoliat tidak bsa dikonsumsi secara segar tapi harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Apa saja olahan yang bisa dihasilkan dari jeruk trifoliat sehingga dapat mendongkrak minat masyarakat terhadap jeruk trifoliat? Terima kasih

    ReplyDelete
  26. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya dadan menambah pengetahuan bagi saya tentang jenis jeruk ini yang belum pernah saya ketahui .diatas dijelaskan bahwa jeruk trifoliat dapat kawin silang dengan berbagai jenis jeruk lain .yang mau saya tanyakan adalah apakah hasil persilangan tersebut menghasilkan jenis buah yang lebih dominan terhadap salah satu dari kedua jenis jeruk tersebut ataukah menghasilkan jenis buah yang baru ?

    ReplyDelete